Beli Laptop Baru? Inilah 11 Aplikasi Laptop yang Wajiib Kalian Install

Aplikasi Laptop

Aplikasi laptop wajib – Mempunyai sebuah laptop tentu merupakan suatu hal yang wajar. Apalagi dengan banyaknya pekerjaan yang mendukung untuk mobile, tidak ada salahnya memiliki sebuah laptop untuk menunjang sekolah maupun bekerja.

Sekarang anak muda yang masih berada dibangku SMA saja disarankan untuk mempunyai laptop sendiri. Mengingat tugas sekolah dan PR juga banyak berupa tugas print, tentunya memiliki laptop untuk mengerjakannya akan jadi lebih nyaman dan mudah.

Nah, jika kalian baru membeli laptop, tentu ada isinya belum ada aplikasi sama sekali. Apalagi kebanyakan dari orang zaman now membelinya dari online. Otomatis untuk sistem operasi saja belum terinstall atau belum diaktivasi. Jika, kalian mencari aplikasi atau software apa saja yang harus di-install di laptop baru. Mungkin beberapa aplikasi dalam artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian.

Sebelum itu mungkin kalian harus tahu dimana tempat dan cara download aplikasi di laptop. Sebenarnya cara paling cepat untuk mendownloadnya adalah lewat mesin pencari Google dan ketikkan aplikasi yang ingin kalian download. Biasanya akan langsung muncul situs utama milik aplikasi yang kalian tuju. Itulah cara mendownload aplikasi di laptop yang paling mudah.

Rekomendasi Aplikasi Laptop yang Wajib Kalian Install

Aplikasi atau software untuk laptop wajib di-install

Lalu apa saja aplikasi yang jadi rekomendasi untuk di-download? Tanpa perlu basa-basi lagi mari kita mulai saja pembahasannya mulai dari yang paling esensial hingga yang spesifik ya, brott.

1. WinRAR atau 7ZIP

Aplikasi kompresi dan ekstrak data

Aplikasi yang wajib ada di laptop untuk kalian install pertama kali tidak lain merupakan WinRAR atau 7ZIP. Selain berfungsi untuk mengekstrak aplikasi yang terkompresi, sangat disarankan untuk langsung mendownload aplikasi ini karena kemungkinan besar kalian pasti akan langsung menggunakannya. Mengingat banyak juga aplikasi yang berbentuk RAR ketika kalian download dan perlu di extract.

2. Browser

Peramban selain Microsoft Edge yang wajib kalian coba

Laptop yang menggunakan Windows memang sudah termasuk browser Microsoft Edge didalamnya. Tapi jika kalian merasa tampilannya kurang menarik atau sebelumnya sudah menggunakan browser lain, tidak ada salahnya untuk beralih dari Edge ke Chrome misalnya. Namun jika kalian juga sudah bosan dengan Google Chrome, kalian bisa mendownload alternatif lain selain Chrome di artikel kami sebelumnya.

3. Microsoft Office

Aplikasi pengolah kata dan data yang wajib dicoba

Software pengolah kata dan data tentu sudah menjadi sebuah aplikasi yang harus ada di laptop. Di dunia yang digital seperti sekarang, tidak ada yang lebih reliable selain Microsoft Office dengan Word, Excel, dan PowerPoint-nya. Namun jika menurut kalian itu aplikasi yang mahal, alternatifnya kalian bisa menggunakan Google Docs dan Google Sheets. Kelemahannya keduanya hanya tersedia versi cloud dan bukan aplikasi.

4. PDF Reader

Pembaca file PDF wajib ada di laptop kalian

Terkadang sebuah pekerjaan atau tugas datang dengan ekstensi atau format PDF. Maka dari itu kita membutuhkan sebuah software laptop untuk pembaca PDF. Kalian bisa menggunakan Adobe Acrobat reader atau aplikasi alternatif lainnya yang gratis.

5. VLC atau Media Player Classic

Pemutar media video untuk menonton film dan anime

Selain bisa digunakan untuk tugas, laptop juga bisa jadi media hiburan dan digunakan untuk menonton film dan anime. Banyak sekali pemutar video yang beredar tapi penulis sendiri lebih menyarankan VLC atau Media Player Classic sebagai pemutar video yang menjangkau lebih banyak codec dan format yang tidak lazim.

6. Internet Download Manager

Bikin download kalian jadi lebih ngebut

Sebagai orang yang sering mendownload file dari dunia maya, hadirnya IDM atau Internet Download Manager tentu sangat membantu. Karena sejatinya Internet Download Manager bisa membuat download file menjadi lebih kencang. Selain itu software untuk laptop ini juga sebenarnya bisa kalian beli secara permanen untuk 1 PC dengan harga yang cukup terjangkau pula.

7. Your Phone

Aplikasi untuk koneksikan smartphone ke laptop

Karena hadirnya gawai pintar di zaman sekarang adalah sebuah kewajiban, tentu banyak sekali data yang ada di smartphone harus kita pindahkan ke laptop. Atau bisa saja kita harus memantau notifikasi smartphone dari laptop. Untung saja ada aplikasi Your Phone yang bisa kalian download dari Microsoft Store dan gunanya untuk menyambungkan smartphone kalian dengan laptop/PC. Jadi kedua perangkat ini akan semakin seamless penggunaannya.

8. Discord

Aplikasi chat dan voice call selain Zoom

Sepertinya tiap anak muda sekarang setidaknya punya akun Discord. Meskipun awalnya digunakan untuk gaming, aplikasi ini juga banyak digunakan untuk saling menelpon sesama satu grup. Cocok untuk mereka yang memang sedang mengerjakan proyek. Apalagi dengan fitur push to talk yang cocok untuk sejenis seminar. Sebagai alternatifnya kalian bisa menggunakan Zoom untuk lebih user friendly.

9. Spotify

Aplikasi untuk kalian refreshine mendengarkan lagu

Setelah pekerjaan yang melelahkan atau tugas kantor yang banyak, tentu kalian membutuhkan refreshing dengan mendengarkan lagu. Spotify adalah pilihan aplikasi yang tepat untuk hal ini karena dengan library lagu yang sangat lengkap, kemungkinan besar lagu yang kalian cari ada disini. Ditambah aplikasi streaming ini juga bisa digunakan secara gratis tanpa berlangganan, hanya saja akan ada iklan setiap beberapa lagu.

10. Cloudflare

Aplikasi yang bisa membuat browsing jadi lebih cepat

Terkadang jaringan dari ISP terasa lemot dan kalian membutuhkan VPN. Pilihan murah meriahnya klaian bisa gunakan Cloudflare dengan fitur WARP-nya. Namun jika kalian tidak ingin gunakan VPN gratisan dengan alasan privasi, kalian tetap dapatkan keuntungan DNS dan jaringan bisa lebih ngebut dari gunakan pengaturan bawaan ISP.

11. Adobe photoshop dan Adobe Premiere

Aplikasi editing video yang bisa kalian coba pelajari

Memang aplikasi ini jatuh spesifik untuk editing. Tapi mengingat sekarang sudah banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan editing, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba belajar sedikit dasarnya. Tidak perlu muluk-muluk, asal bisa menggunakan tool dasar saja sudah cukup. Setelah itu bisa kalian pertimbangkan untuk melanjutkan ke jenjang lebih serius atau tidak. Setidaknya kalian sudah tahu aplikasi edit video di laptop juga wajib ada bagi yang mau mencoba belajar editing.

Jadi itulah beberapa aplikasi untuk laptop yang bisa kalian pasang di laptop baru. Kira-kira aplikasi apa saja yang sudah kalian gunakan dan ternyata sangat membantu. Bisa bagikan rekomendasi kami ini ke kerabat dekat kalian ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Aplikasi atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version