App Google Dianggap Virus di Smartphone Huawei, Kok Bisa?

App Google

App Google

Ada-ada saja kesialan yang menimpa pengguna smartphone Huawei. Setelah tidak lagi mendapatkan dukungan oleh Google, sekarang malah aplikasi buatan Google dianggap sebagai virus di smartphone buatan China tersebut.

Lebih mengherankan lagi, aplikasi Google resmi malah dicap sebagai virus Trojan di beberapa smartphone Huawei. Ada apa sebenarnya dan apakah benar itu adalah malware?

App Google Dianggap Virus Trojan di HP Huawei

Dianggap sebagai Trojan

Berdasarkan beberapa laporan dari pengguna HP Huawei di forum resmi Google, mereka mendapati kalau aplikasi resmi Google mereka dicap sebagai virus Trojan. Sontak pengguna tersebut merasa kaget dan langsung menghapus aplikasi tersebut dari smartphone miliknya dan mengganti password.

Pengguna itu pun mengatakan kalau dia tidak memasang aplikasi aneh-aneh sebelum terjadinya isu ini. Jadi, dirinya merasa aneh ketika smartphone miliknya mendeteksi aplikasi Google sebagai TrojanSMS-PA.

TrojanSMS-PA

Pengguna ini pun mencoba download ulang aplikasi resmi Google ini dan masalah tetap muncul. Aplikasi tersebut masih saja dicap sebagai virus dan dia pun menelusuri masalah ini. Hasilnya, ia menemukan kalau beberapa pengguna smartphone Huawei juga turut alami masalah serupa.

Menjangkiti HP yang Masih Pakai GMS

Cuma pengguna Huawei dengan GMS yang terdampak

Masalah besarnya sekarang, pengguna ini bingung kalau penyebabnya datang dari Google atau Huawei. Pasalnya, kendala ini hanya dialami oleh mereka yang menggunakan smartphone dengan fitur Google Mobile Service atau GMS. Sedangkan smartphone merk lain tidak terindikasi mengalami masalah serupa. 

Untuk saat ini, beberapa pengguna bisa mengatasi masalah ini dengan mematikan optimizer app untuk mem-bypass deteksi malware. Sehingga aplikasi tidak lagi di-scan oleh sistem dan aman dari pemberitahuan virus.

Hanya saja ini tentu bukan solusi yang ideal karena serta merta mematikan pendeteksi virus berjalan di smartphone tersebut. Untuk sekarang belum ada solusi dari Huawei maupun Google terkait hal ini.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version