Apple Resmi Blokir Aplikasi Bermain Game Steam yang Bisa Dimainkan Langsung di Smartphonemu

ezgif.com webp to jpg 1 1

Tepat di awal bulan ini, Valve sebelumnya telah mengumumkan kehadiran satu aplikasi yang memungkinkan para pengguna Steam untuk memainkan game-game kesayangannya di sebuah ponsel pintar milik kalian. Bahkan sekitar seminggu lalu, mereka justru telah berhasil merilis versi beta dari aplikasi yang mereka namai Steam Link App tersebut di Android. Namun, aplikasi yang bersifat remote play ini sayangnya tidak akan pernah bisa kalian jumpai apabila kalian adalah pengguna iPhone ataupun iPad.

Melalui sebuah statement yang langsung dikemukakan oleh pihak Valve, mereka menjelaskan bahwa ternyata Apple selaku pihak yang menaungi Ios sama sekali tidak menghendaki keberadaan Steam Link App untuk bisa bersemayam di perangkat sistem kesayangannya. Alasannya pun terdengar sangat teknis. Karena menurut Apple, aplikasi Steam Link App dinilai sangat tidak sesuai dengan ketentuan atau pedoman dari aplikasi-aplikasi yang diperbolehkan untuk masuk ke Ios. Hal ini rupanya pada waktu itu belum sempat disadari oleh para tim reviewer mereka yang beberapa waktu lalu bisa mengizinkan begitu saja Steam Link App untuk hadir di Ios.

Mendengar keputusan tersebut, pihak Valve sendiri mencoba untuk mengajukan banding. Mereka menjelaskan jika Steam Link App dioperasikan dengan menggunakan sistem LAN ketimbang suatu sistem yang aneh-aneh dan membahayakan. Lalu Valve juga menyebut telah banyak aplikasi-aplikasi remote berbasis LAN lain yang sama persis dengan aplikasi Steam Link App ini boleh mereka biarkan beredar di Ios.

Sayangnya pihak Apple sendiri tetap tidak bergeming dengan klarifikasi yang diungkapkan oleh Valve, walau di satu sisi Valve juga mengharapkan agar Apple bisa berubah pikiran dan mempertimbangkan kembali keputusannya.

Apakah ini alasannya ?

Dilansir melalui Ars Technica, mereka mencoba sedikit menganalisa mengenai apa sebenarnya alasan Apple berubah pikiran dengan memblokir langsung aplikasi Steam Link App ketimbang menerimanya ? Di sana, Ars Technica menyinggung soal kebijakan Apple tentang pengambilan 30% pendapatan yang diterima dari semua aplikasi yang menawarkan layanan pembelian atau istilah kerennya “in app purchases“.

Seperti yang kita ketahui walaupun Steam Link App bukan merupakan aplikasi yang berfokus dalam menawarkan sistem in app purchases, para pengguna Steam tetap bisa membeli dan mendownload game Steam yang terkoneksi di PC mereka masing-masing yang juga dapat terkoneksi pula secara bersamaan dengan media smartphone milik mereka. Hal ini mungkin menjadi salah satu faktor yang begitu memberatkan Apple untuk mengizinkan Valve bisa dengan bebas berkreasi di area lapaknya tersebut.

 

Exit mobile version