Balan Wonderworld Gagal, Yuji Naka Dikabarkan Hengkang dari Square Enix

in , , , ,
Nakahat
Nakaha

Yuji Naka, mantan bos dari Sonic Team sekaligus kreator dari Sonic the Hedgehog, dilaporkan telah hengkang dari Square Enix beberapa bulan setelah perilisan dari Balan Wonderworld. Isu ini dikabarkan oleh Sonic Stadium dan juga IGN yang dimana ia dilaporkan telah keluar sejak April silam.

Yuji Naka ikut Square Enix pada tahun 2018, kemudian merilis Balan Wonderworld pada tahun ini yang dimana mendapatkan resepsi sangat buruk dari fans dan kritikus karena gameplay platformer yang terlalu dasar, minim inovasi, dan lebih mementingkan kuantitas ketimbang kualitas. Game tersebut saat ini memegang skor 36 di Metacritic.

Dengan resepsi yang begitu buruk, angka penjualan juga terdampak. Menurut artikel dari Destructoid, game tersebut hanya terjual 2.000 kopi di Jepang per bulan April lalu.

Menurut Sonic Stadium, Naka telah konfirmasi kepergiannya dari Square Enix lewat facebook pribadinya, namun belum diketahui secara spesifik apakah kepergiannya itu merupakan kemauannya sendiri atau dipecat dari Square Enix karena performa buruk Balan Wonderland. Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada konfirmasi lanjut dari kedua pihak.

Balan Wonderworld

Yuji Naka meraih kesuksesannya setelah berperan sebagai programmer, produser dan juga kreator dari Sonic the Hedgehog, Sonic Adventure, dan beberapa game Sonic lainnya. Ia mengundurkan diri dari Sonic Team dan Sega pada tahun 2006 untuk beralih independen dan membangun studio Prope yang dimana merilis Let’s Tap dan Real Ski Jump sebelum pada akhirnya kembali pada produksi game skala besar setelah bergabung dengan Square Enix.

Apa jalan karir selanjutnya untuk Yuji Naka, apakah ia akan kembali membangun studio independen atau justru bergabung studio besar lainnya? Kita lihat saja nanti.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.