CEO Larian Studios: Baldur’s Gate 3 Digarap dengan Sedikit Crunch

Baldur's Gate 3 Digarap dengan Sedikit Crunch

Bekerja lembur bukanlah sesuatu yang aneh di banyak profesi atau pekerjaan, namun industri video game dikenal punya kecenderungan untuk mendorong praktik tersebut secara ekstrim yang kerap mengorbankan kesejahteraan para karyawannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran publik terhadap budaya ‘crunch’ atau lembur di industri video game semakin meningkat, terutama lewat fakta bahwa ada semakin banyak developer yang lebih terbuka soal praktik pengembangan game yang mereka jalankan.

Baldur’s Gate 3 Digarap dengan Sedikit Crunch, Ungkap CEO Larian Studios

Baru-baru ini developer Larian Studios menunjukkan keterbukaan mereka terkait fenomena lembur ini, yang mana Swen Vincke selaku CEO mengkonfirmasi bahwa pengembangan Baldur’s Gate 3 pun mengalami hal serupa. Pada konferensei Digital Dragons di Krakow, ia mengatakan bahwa “sedikit” lembur ekstrim dibutuhkan untuk menyelesaikan game RPG tersebut.

Swen Vincke

“Anda akan selalu membutuhkan sedikit [crunch] ketika berusaha untuk menyelesaikan sesuatu, terutama jika sesuatu itu memiliki banyak kompleksitas yang perlu diselesaikan,” ungkap Vincke.

Swen Vincke

Kendati demikian, ia menyebut bahwa Larian belajar dari pengalaman di game-game mereka sebelumnya, yang merubah pendekatan lembur mereka ketika menggarap Baldur’s Gate 3. Vincke bahkan mengklaim jika game tersebut membutuhkan lembur yang lebih sedikit dibanding game-game Larian di masa lalu.

Vincke Juga Sebut Bahwa Bekerja di Akhir Pekan Sangatlah Jarang

Baldur’s Gate 3

Vincke memang tidak membeberkan secara jelas mengenai kapan proses lembur itu dimulai, namun ia mengatakan bahwa kantor Larian sendiri “hampir kosong” setelah jam 8 malam waktu setempat dan bekerja di akhir pekan “sangatlah jarang”.

Fakta bahwa Larian juga memotong beberapa konten Baldur’s Gate 3, mulai dari map hingga playable character tambahan, nampaknya sangat membantu para karyawan agar tetap memiliki jam kerja yang normal meski mendekati deadline.

Terakhir, Vincke percaya jika jumlah pekerjaan dengan intensitas tinggi dalam pengembangan game peraih GOTY itu sangat minimal sehingga beberapa orang mungkin tidak melihatnya sebagai crunch.

Sumber: Eurogamer


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Baldur’s Gate 3 atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version