Bawa Candaan Sensitif, Penayangan Film Monster Hunter Diprotes di Cina

Film Monster Hunter Dicekal Di Cina

Game Monster Hunter: World juga terkena imbas?

Saat trailernya pertama kali muncul, keberadaan film live action Monster Hunter sempat menimbulkan reaksi yang begitu campur aduk dari para fans. Banyak rasa skeptis yang muncul gara-gara film tersebut menampilkan berbagai hal yang terasa modern. Yakni, mulai dari pasukan militer, kendaraan mobil, hingga persenjataan api yang mereka angggap tidak sesuai dengan nafas dari franchise game Monster Hunter.

Film adaptasi game buatan Capcom yang dibintangi oleh Mila Jovovich serta sang suami Paul W.S. Anderson yang berlaku sebagai sutradara ini memang pada akhirnya tetap bisa rilis di layar lebar sejak awal-awal Desember kemarin. Sudah resmi tayang di sejumlah negara, penayangannya di Cina justru malah memicu hal yang terasa tidak menyenangkan sekaligus kontroversial. Keberadaan satu adegan dialog candaan yang dianggap rasis ini menjadi satu penyebab utama.

Dengan cuplikan videonya yang telah banyak dihapus sana-sini di dunia maya, adegan tersebut menampilkan sebuah candaan dari salah seorang karakter yang diperankan oleh aktor beretnis Asia-Amerika bernama Jin Au-Yeung. Berperan sebagai salah satu dari pasukan bawahan kapten Artemis (Mila Jovovich), ia tiba-tiba berkelakar dengan menyebutkan kata “chi-knees” sambil menunjuk-nunjuk lututnya. Sontak karena dianggap mengejek sekaligus merendahkan, jelas ini bukanlah hal yang bisa mudah diterima bagi para audiens-audiens negeri tirai bambu.

Akibat candaan tersebut, banyak dari mereka marah dan penayangan dari film Monster Hunter pun akhirnya harus ditarik di Cina. Pihak rumah produksi Constantin Films yang baru sadar, langsung memberi statement permintaan maaf dan kesediaannya untuk menghapus cuplikan dialog yang sensitif itu. Begitu pula dengan Tencent selaku pihak distributor yang juga ingin mensosialisasikan satu solusi serupa kepada pihak pemerintah Cina. Hingga kini, belum jelas apakah film Monster Hunter nantinya masih dibolehkan untuk tayang di sana ?

Kontroversi berikut pun menariknya juga ikut menyeret keberadaan game Monster Hunter: World di Steam. Karena tercatat baru saja memberikan update event kolaborasi dengan versi film yang menampilkan langsung karakter dari model Mila Jovovich, game action ini pun sempat dihujani review bomb yang cukup begitu deras walau untungnya kini sudah berangsur mereda.

Sumber: Deadline


Baca pula informasi lain terkait Monster Hunter, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version