Blizzard, Twitch, Riot, dan Perusahaan Besar Lain Bersatu Lawan Gamer Toxic

toxic 2 1
Sebuah kerjasama untuk masa depan lebih positif

Beberapa perusahaan besar seperti Blizzard, Twitch, Riot, Intel, Discord, dan 30 nama lainnya bekerjasama untuk mengatasi perilaku abusive dan toxic yang marak terjadi di komunitas gaming. Mereka tergabung dalam Fair Play Alliance (FPA), sebuah aliansi antar industri video game yang pada tanggal 21 Maret lalu baru saja menyelenggarakan konferensi pertamanya di acara Games Developer Conference (GDC).

Selama ini Blizzard, Riot, dan Twitch memang sudah memerangi perilaku tidak sehat itu di komunitas mereka sendiri. Beberapa waktu yang lalu Twitch bahkan membuat sebuah aturan baru untuk para streamer karena sering melakukan p*rn* aksi dan juga ujaran kebencian. Dengan adanya aliansi ini, diharapkan seluruh pihak terkait akan memiliki sebuah aturan yang menjadi standar dan tidak terjebak pada kesalahan yang sama.

Di konferensi pertamanya kemarin, mereka mendiskusikan tentang penemuan dari penelitian yang telah dilakukan, masalah yang tengah dihadapi saat ini, kesalahan-kesalahan apa yang telah dilakukan dalam menghadapi masalah itu, dan juga mengenai apa yang telah mereka pelajari dari penyelesaian kasus-kasus terkait.

Ruth Toner dari Twitch, Dylan Rogerson dari Activision, Melisa Boone dari Microsoft, dan beberapa nama lainnya menjadi pembicara dalam konferensi tersebut. Sedangkan Dr. Kimberly Voll dari Riot Games menjadi keynote speaker.

“Saya rasa ini merupakan (gerakan -red) yang baik dimana kita bisa saling belajar dari pihak lain dan mengantisipasi efek dari tindakan yang kita lakukan,” ujar Kimberly Voll, “Di satu sisi kita memang menapaki sesuatu yang rentan, mengatur perilaku para pemain game, tapi di sisi lain semuanya telah terhubung secara online. Semuanya menyatu, kehidupan pribadi terbawa ke ranah online. Sehingga peran streamer bukan lagi hanya pada sebuah game tapi pada budaya secara keseluruhan. Mereka menjadi ambasador kehidupan online.”

Akan tetapi karena aliansi ini baru terbentuk, gebrakan apa yang akan mereka lakukan belum dapat diprediksi. Pastinya sesuatu yang baik menjadi harapan dari titik ini. Satu harapan yang pasti bahwa nantinya komunitas gaming akan lebih sehat tanpa tindakan abusive dan perilaku toxic lainnya.

Exit mobile version