Assassin’s Creed Versi Board Game Akan Segera Hadir, Tertarik?

in

Permainan papan atau lebih populer disebut sebagai Board Game memang bisa dikatakan punya keseruannya tersendiri jika dibandingkan dengan video game pada umumnya. Beberapa Board Game yang populer seperti Magic: The Gathering ataupun Dungeon & Dragons mungkin pernah kamu dengar atau bahkan pernah kamu mainkan. Dan peraturan permainannya yang cenderung membutuhkan lebih dari satu pemain, membuat Board Game bisa jadi pilihan hiburan yang tepat saat nongkrong bersama teman.

Baru-baru ini muncul sebuah Board Game yang mengambil tema Assassin’s Creed berjudul Assassin’s Creed: Brotherhood of Venice. Board Game ini digarap oleh Triton Noir yang telah mendapatkan lisensi langsung dari Ubisoft. Assassin’s Creed: Brotherhood of Venice memiliki cerita tersendiri dalam serial Assassin’s Creed, dimana game ini berlatarkan diantara Assassin’s Creed Brotherhood dan Assassin’s Creed Revelation.

Mungkin kamu sedikit bingung bagaimana sebuah game yang menggunakan mekanisme action-stealth diaplikasikan kedalam Board Game. Game-game yang bergenre strategi mungkin terdengar masuk akal, namun Assassin’s Creed: Brotherhood of Venice ini memiliki serangkaian perlengkapan dan peraturannya tersendiri, namun tetap mempertahankan esensi dari permainan Assassin’s Creed.

Board Game ini bisa dimainkan sendirian atau hingga 4 orang sekaligus. Dan seperti Board Game pada umumnya, Assassin’s Creed : Brotherhood of Venice juga memiliki latar atau map untuk bermain, miniatur yang terdiri dari kubu Assassin maupun kubu Templar, dan ratusan kartu, seperti kartu event atau kartu equipment, yang nantiya akan menghiasi jalannya permainan. Kamu bisa cek lengkapnya melalui gambar dibawah ini.

Peraturan permainannya sendiri bisa dikatakan cukup kompleks karena memiliki banyak elemen yang harus diperhatikan, namun hal tersebut lah yang makin membuat Board Game ini semakin menantang. Dan sama seperti video gamenya, kamu akan diberikan serangkaian campaign ataupun misi yang harus kamu selesaikan, namun kamu juga bisa membuat skenario petualanganmu sendiri sekreatif mungkin.

Dibawah ini kamu bisa saksikan beberapa highlight permainan dan demo permainan yang diberikan langsung oleh Triton Noir.



Semenjak artikel ini ditulis, dana yang terkumpul sudah hampir mencapai $400,000 USD dan telah memenuhi target pendanaan utama. Tersisa 22 hari lagi jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu backer dan mendapatkan Board Game ini lebih awal. Untuk informasi lebih lengkap akan Board Game ini serta tata cara pemesanan dan pengrimannya, bisa kamu cek langsung di halaman Kickstarternya.

Perlu diketahui juga bahwa Assassin’s Creed: Brothehood of Venice ini bukan Board Game bertemakan Assassin’s Creed yang pertama, karena pada tahun 2014 sempat ada Board Game yang berjudul Assassin’s Creed Arena yang bisa dikatakan tidak terlalu seru dan cukup membosankan. Maka dari itu hadirnya Assassin’s Creed: Brotherhood of Venice ini diharapkan memberikan sensasi baru dalam bermain Board Game ataupun pengalaman baru dalam serial Assassin’s Creed.

Board Game Assassin’s Creed Arena yang kurang seru

Assassin’s Creed: Brotherhood of Venice direncanakan akan mulai diproduksi pada bulan Desember mendatang dan dikirimkan kepada para backer Kickstarter pada bulan Juni 2019. Belum jelas apakah game ini nantinya akan dijual di toko-toko ataupun secara online pasca produksi pada kampanye Kickstarter ini.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Assassin’s Creed atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]