Boros dan Panas? Bocoran Hasil Pengujian Kestabilan Pertama Intel Alder Lake

Intel Alder Lake Terbaru

Intel dengan soket LGA1700 dengan codename Alder Lake merupakan generasi penerus dari prosesor Intel LGA1200 yang baru berumur 1 tahun. Dilansir dari Wccftech, prosesor terbaru dari Intel ini digadangkan dengan peningkatan performa yang sangat besar. Namun, berdasarkan hasil pengujian kestabilan, prosesor 14nm dirasa sangat panas dan boros listrik.

Sangat Panas Dan Boros Listrik!

Laporan tersebut dibuat berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh seorang pengguna Weibo Wolfstame, yang ternyata merupakan manajer Lenovo. Pengujian dilakukan untuk melihat kemampuan yang ditawarkan oleh pihak Intel dalam prosesor generasi terbarunya yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Dalam laporannya, ia menyatakan bahwa ternyata tidak hanya GPU seri tinggi seperti RTX 3090 yang membutuhkan TDP sebesar 350W. Adalah prosesor Intel Alder Lake-S yang dalam pengujiannya entah bagaimana bisa memakan daya sebesar 250W dengan suhu 87C.

Prosesor Intel Alder Lake ini diuji dengan bantuan benchmark software AIDA64, sedangkan untuk konsumsi daya dan suhu dibantu dengan HWInfo.

Perlu diperhatikan juga bahwa stress test AIDA64 sangat berat dan tidak akan bisa dibandingkan dengan beban kerja standar seperti bermain game dan rendering. Diperkirakan bahwa kedua software tidak melaporkan spesifikasi yang benar untuk prosesor Intel Alder Lake.

Namun, untuk penggunaan daya dan suhu dapat dilihat dengan sangat jelas pada gambar di atas.

Flagship Terbaru Dari Intel?

Masih berdasarkan pada gambar sebelumnya di atas, sepertinya prosesor tersebut merupakan flagship andalan dari kubu biru, yaitu Intel Core i9-12900K. Hal ini berdasarkan gambar dari task manager yang menampilkan 12 thread yang gambarnya sengaja terpotong setengah. Diperkirakan akan ada setidaknya 12 kotak tambahan yang sengaja tidak ditampilkan.

Meskipun demikian, tidak diketahui jenis cooler apa yang digunakan untuk meredam amarah dari prosesor terbaru dari Intel tersebut. Dengan rerata suhu berkisar dari 86C-93C, proses benchmarking ini setidaknya telah dilakukan selama setidaknya satu jam.

Bila dibandingkan dengan prosesor flagship Intel saat ini, yaitu Intel Core i9-11900K, setidaknya prosesor ini membutuhkan daya sebesar 250W. Sedangkan, prosesor Intel Alder Lake terbaru ini telah membalap konsumsi daya dengan menampilkan penggunaan daya sebesar 255W.

Direncanakan dirilis pada 27 Oktober mendatang, ini akan menjadi platform pertama yang akan menggunakan teknologi PCIe 5.0 dan DDR5. Tidak lupa dengan pendekatan arsitektur terbaru dari Intel khusus untuk menjalankan sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 11.

Nah, gimana menurut kalian brott? Dengan konsumsi daya sebesar ini, akankah prosesor terbaru Intel ini bakalan overkill untuk keperluan sekedar gaming dan rendering? Kuy, share pendapat kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version