Cara Melacak HP dengan IMEI yang Bisa Kalian Coba Ketika HP Hilang

Cara Melacak Hp Dengan Imei

Cara Melacak HP dengan IMEI – IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah serangkaian angka unik pada sebuah smartphone yang berperan sebagai identitas dari suatu perangkat bergerak alias HP. IMEI sendiri pasti akan unik dari perangkat lainnya dan tidak ada dua perangkat yang punya IMEI yang sama.

Dikarenakan keunikan tersebutlah menjadikan IMEI juga bisa digunakan sebagai sarana untuk melacak HP atau smartphone yang hilang. Dikarenakan IMEI adalah jati diri dari perangkat itu sendiri, tentu ada berbagai cara untuk bisa melacak dan menemukan perangkat yang dimaksud bila kehilangan.

Cara Melacak HP dengan IMEI Online yang Bisa Dicoba

Melacak ponsel yang hilang dengan IMEI

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara melacak-HP dengan IMEI online serta beberapa alternatif yang bisa kalian coba. Tanpa perlu basa-basi lebih lanjut, mari kita langsung mulai saja pembahasannya.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

Cara mengetahui nomor IMEI

Sebelum melacak HP dengan IMEI, tentu kita harus tahu dulu berapa kode IMEI yang ada pada perangkat HP kita. Caranya ada beberapa macam pula tergantung pilihan yang kalian gunakan. Kalian bisa gunakan dial untuk mengetahui angka identitas tersebut dengan menekan *#06# pada menu panggilan. Lalu akan muncul berbagai pilihan menu dan kalian bisa menekan pilihan IMEi untuk mengetahui angka unik tersebut.

Cara lain yang lebih gampang adalah dengan masuk ke pengaturan ponsel dan pilih tentang ponsel, lalu pilih status dan kemudian pilih IMEI. Cara terakhir yang bisa kalian gunakan adalah dengan mengecek kotak pembelian HP atau pada stiker yang tertempel pada HP.

Setelah mengetahui angka unik tersebut, sebaiknya angka tersebut disimpan atau dicatat agar ketika ponsel hilang kita bisa melacaknya. Caranya? Begini yang harus kalian lakukan untk melacak HP hilang.

Cara Melacak HP dengan IMEI Online Tanpa Aplikasi

Melacak dengan bantuan nomor IMEI

Memang melacak HP yang hilang tidak akan semudah yang ada dalam benak kita. Karena sebenarnya kalian tetap membutuhkan surat dari pihak berwenang yang menyatakan ponsel kalian hilang. Setelah mendapatkan surat, barulah kalian bisa melapor ke pihak penyedia layanan jaringan telekomunikasi dan mereka pun bisa melacak ponsel yang hilang.

Hanya saja banyak hal yang perlu diperhatikan seperti ponsel harus dalam keadaan aktif, kartu SIM yang masih terpasang, punya koneksi internet dan GPS yang menyala. Jika SIM sudah dicabut oleh pelaku pencurian maka cara ini tidak dapat digunakan.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Google Find My Device

Melacak menggunakan aplikasi dari Google Temukan Perangkat Saya

Untungnya Google dirumorkan sedang mengembangkan fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya yang mampu melacak smartphone dalam kondisi mati sekalipun. Fitur ini sepertinya sedang dikembangkan untuk pengguna smartphone Android 14. Kami akan memberikan update terkait fitur ini begitu ada informasi lebih lanjut.

Nah, seperti yang sudah dibahas diatas. Selain menggunakan IMEI ada cara lain yang mungkin bisa kalian coba untuk melacak HP hilang yaitu menggunakan Google Find My Device. Aplikasi ini disediakan langsung oleh Google dan dapat kalian gunakan untuk melacak HP yang hilang. Kalian juga bisa mengakses Cari Perangkat Saya lewat desktop dengan situs Find My Device asal masih login dengan akun yang sama pada HP yang hilang.

Cara Lain Selain Google Find My Device

Aplikasi pelacak selain Google Temukan Perangkat Saya

Selain itu ada beberapa cara melacak HP yang hilang dengan aplikasi seperti:

1. Prey: Find My Phone & Security

Keunikan dari aplikasi ini adalah ia mampu mengungkap identitas wajah pencuri yang mencoba membobol HP dan mengirimkannya ke email kalian.

2. Cerberus Anti-Theft

Keunikan dari aplikasi ini adalah mempunyai alarm yang akan berdering meskipun HP sedang dalam mode silent.

3. Wheres My Droid

Aplikasi ini juga mampu melacak melalui GPS dan dapat memberikan notifikasi ketika baterai HP sudah lemah.

4. CrookCatcher – Anti Theft

Sama seperti Prey, aplikasi ini juga akan mengirimkan wajah pencuri dan mengirimnya ke email kamu.

Jadi itulah berbagai alternatif dan juga cara melacak HP hilang yang bisa kalian coba ketika HP mengalami kehilangan. Memang tidak ada cara yang pasti kembali begitu HP sudah berpindah tangan.

Namun, jika cara ini mampu memberikan segelintir harapan, tidak ada salahnya mencoba. Tingkat preventif yang paling ampuh adalah dengan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar dan jangan menggunakan HP di lingkungan yang rawan terjadinya penjambretan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version