7 Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di Laptop dan PC

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca

Cara mengatasi Hardisk tidak terbaca – Hardisk merupakan komponen krusial dalam sebuah PC. Sebab komponen yang biasanya disingkat HDD ini berguna untuk menyimpan data di PC maupun laptop. Tugas utama dan satu-satunya ini tentu menjadikannya harus bekerja terus-menerus begitu PC ataupun laptop dinyalakan.

Selayaknya komponen elektronik lainnya, HDD juga punya umur pengoperasian. Bila dijaga dengan baik, komponen ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa rusak sama sekali. Tapi, kadang kita juga bisa apes dan mendapati HDD di PC maupun laptop tiba-tiba tidak terbaca oleh sistem.

Bagian buruknya adalah masalah ini kadang datangnya tiba-tiba. Menjadikan kesiapan kita terhadap pencegahan kerusakan tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu namanya sebuah cara untuk mengatasi komponen data seperti HDD ini bisa kembali terbaca oleh sistem.

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di Laptop dan PC

HDD tidak terbaca?

Lalu, bagaimana cara mengatasi hardisk tidak terbaca? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian terapkan bila tiba-tiba HDD tidak terdeteksi oleh Windows maupun BIOS. Mari kita mulai brott.

1. Ganti Kabel Hardisk

Coba ganti kabel SATA

Pernah bisa jadi itu disebabkan oleh kabel yang rusak. Jenis kabel dimaksud tentu bergantung pada apa jenis HDD yang kalian gunakan. Kalau kalian menggunakan HDD internal, kemungkinan besar kabel SATA tersebut sudah mencapai ajalnya.

Lain halnya dengan HDD external. Karena biasanya kabel yang digunakan adalah kabel USB. Bisa jadi kabel tersebut yang rusak dan bukan hardisk-nya. Kalau kalian ada kabel ekstra, tidak ada salahnya untuk mencoba ganti ke kabel tersebut dan bisa saja masalah tersebut selesai.

2. Enclosure Rusak

Enclosure HDD rusak

Kalau yang ini khusus untuk mereka yang menggunakan HDD external saja ya brott. Biasanya HDD tidak terbaca ya karena modul chip di enclosure-nya mengalami kerusakan. Apalagi kalau kalian menggunakan enclosure murah dengan kecepatan yang lambat pula. Bisa jadi produk tersebut memang tidak awet untuk digunakan dalam jangka panjang.

3. HDD Kebentur atau Jatuh

Piringan HDD rusak

Sayang sekali berbeda dengan SSD, Hardisk adalah komponen yang rawan terhadap getaran atau shock. Karena hardisk merupakan komponen yang masih menggunakan gerakan mekanik didalamnya, ada kemungkinan kalau komponen tersebut rusak jika kalian tidak sengaja menjatuhkannya atau kebentur. Kalau sudah begitu sih, kemungkinan besar tidak ada cara untuk perbaiki lagi brott.

4. Cabut PC dari Sumber Listrik Lalu Hubungkan Kembali

Cabut dari sumber listrik

Cara yang satu ini memang terdengar tidak lazim, namun penulis sendiri beberapa waktu lalu mengalaminya sendiri. HDD tiba-tiba tidak terbaca oleh sistem bahkan BIOS. Karena panik, penulis langsung coba recovery namun tidak berhasil.

Cara terakhir sebelum memutuskan untuk membongkar PC adalah cabut kabel PSU dari sumber listrik lalu hubungkan kembali. Secara ajaibnya cara ini berhasil dan HDD langsung terbaca lagi. Kalau ditanya mengapa bisa terjadi, penulis juga sama bingungnya dengan kalian.

5. Hardisk Tidak Terbaca di BIOS? Cek Konektor SATA

Cek konektor di motherboard

Kadang masalah yang muncul adalah konektor kabel yang menghubungkan Harddisk dengan motherboard longgar. Hal inilah yang menyebabkan koneksi antar perangkat tersebut menjadi tidak terjalin.

Cara mengatasinya, coba cek apakah kabel tersebut terhubung dengan benar dan kalau perlu cabut dan hubungkan kembali agar lebih yakin. Kalian juga bisa mengganti port SATA motherboard dengan port yang lain guna mendeteksi apakah port SATA tersebut mengalami kerusakan.

6. Cek Port USB

Port USB bermasalah

Kalau masalah di Hardisk external, bisa saja karena port USB di laptop atau PC kalian memang sudah uzur. Biasanya ditandai dengan HDD yang kadang terkoneksi atau menghilang. Kalau sudah seperti itu, biasanya port tersebut harus diservis atau kalian bisa gunakan USB Hub di port lain agar koneksi ke HDD berfungsi kembali.

7. Cek Kesehatan Disk

Cek kesehatan disk

Kalau secara ajaibnya HDD kalian sudah terbaca, jangan merasa puas terlebih dahulu. Pastikan kalau drive tersebut tidak rusak secara fisik dengan cara mengecek kesehatan disk-nya. 

Ketik CMD dipencarian Windows lalu klik run as administrator. Setelah itu, ketik chkdsk D:/f jika disk yang ingin kalian cek adalah Disk D. Kalian bisa ganti dengan huruf alphabet sesuai disk di komputer kalian. Setelah itu biarkan proses tersebut berjalan sampai selesai.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop maupun PC. Apakah cara diatas bekerja di tempat kalian? Coba beri komentar di bawah ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version