7 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Maupun PC, Dijamin Mudah!

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop – Terkadang, kita lupa untuk menyimpan dan mencadangkan data penting di cloud untuk meminimalisir potensi terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Alasannya antara lupa, tak sempat, atau kebetulan memang sedang tidak punya kuota.

Apesnya, di saat itulah terkadang ada-ada saja hal yang tak kita inginkan terjadi. Entah itu terhapus atau terformat secara tak sengaja, sampai tidak sengaja tertimpa dengan file lain yang lebih baru karena dilakukan secara buru-buru mengingat deadline sudah menghampiri. Baik itu foto, video, maupun dokumen lain, semua memiliki potensi untuk terhapus.

Jadi, tidak hanya file, kami pun akan menyertakan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen ataupun file lainnya, baik itu di laptop maupun PC, yang tentunya kami jamin mudah untuk kalian ikuti.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop ataupun PC

Berikut ini cara mengembalikan file terhapus di laptop ataupun PC:

1. Cek Recycle Bin

Wajib dicoba supaya

Kalau kalian merasa file atau foto kalian terhapus, cara mengembalikan foto yang terhapus adalah dengan mengecek recycle bin. Bisa saja file atau foto tersebut tidak sengaja terhapus, mungkin saja karena kita tidak sengaja menekan tombol Delete pada keyboard.

Bila memang file atau foto tersebut masih dapat kalian temukan di dalam Recycle Bin, maka kalian cukup klik kanan lalu pilih Restore supaya file atau foto tersebut dapat dipulihkan sekejap mata.

2. Cek Penyimpanan Cloud Milikmu

Biasakan untuk menyimpan file secara cloud

Walau ini bukan cara mengembalikan foto terhapus yang sebenarnya, namun cara ini tentunya dapat kalian coba dan praktekkan. Hal ini dikarenakan laptop atau PC umumnya telah dibekali fitur pencadangan secara otomatis, yang dilakukan secara berkala untuk meminimalisir hal yang tidak kita inginkan.

Jadi, semisal foto atau file pada laptop atau komputermu terhapus secara tidak sengaja, kalian masih memiliki cadangannya di penyimpanan awan atau cloud. Biasanya, penyimpanan yang umum kita gunakan adalah Microsoft OneDrive atau Google Drive.

3. Teknik Shadow Copy

Bisa dibuka dan dipulihkan

Baik itu file atau foto, umumnya Windows menawarkan fitur Shadow Copy yang dapat membantumu memulihkan versi sebelumnya dari sebuah file. Walau tidak menjamin setiap folder atau file memilikinya, namun cara ini tidak ada salahnya untuk kalian coba.

Untuk mencobanya, kamu cukup klik kanan pada folder ata file yang berisikan file yang terhapus, kemudian klik Properties, klik Previous Version, lalu kami bisa memilih opsi antara Open atau Restore yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Bisa juga dengan aplikasi pemulihan data

Cara lain kembalikan file atau foto yang terhapus ialah dengan memanfaatkan aplikasi pemulihan data. Aplikasi tersebut biasanya menawarkan fitur untuk memulihkan data yang sengaja atau tidak sengaja terhapus oleh kita.

Kalian bebas memilih aplikasi gratisan atau yang berbayar. Umumnya, jumlah file atau foto  yang bisa dipulihkan akan tergantung pada standar yang diterapkan pengembang aplikasi. Kalau jumlah file-nya terlalu banyak, biasanya kita akan diminta untuk gunakan versi berbayarnya sih, brott.

5. Memanfaatkan System Recovery

Dapat menjadi solusi, walau tidak melulu mampu memberi hasil pasti

Tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan kestabilan sistem operasi saja, tapi guna lain dari System Recovery ialah untuk mengembalikan data file atau foto yang mungkin terhapus secara tidak sengaja.

Kalian bisa menjalankan cara ini melalui Recovery yang dapat kalian temukan melalui pengaturan Advanced Recovery Tools pada sistem operasi Windows. Cukup ikuti langkah selanjutnya dengan hati-hati, dan pastikan tidak ada data lainnya yang belum tersimpan.

6. Cek Folder Temporary

Bisa dicek melalui folder temporary

Dahulu, penulis sempat alami masalah di mana file kerjaan yang tengah dikerjakan hilang dikarenakan pemadaman listrik. Tentunya panik melandar karena file tersebut harus dikumpulkan dalam waktu dekat karena ada deadline.

Penulis mencari akal dengan mencoba cek folder Temporary yang ada pada sistem operasi dan kebetulan dapat menemukan file atau foto yang dicari. Namun, harus kami ingatkan bahwa folder temporary bisa saja berbeda lokasinya, tergantung dari aplikasi yang kamu gunakan.

7. Minta Bantuan Profesional

Bisa dibantu dengan ahlinya

Semisal semua cara di atas tidak membuahkan hasil, terpaksa kalian harus melakukan cara terakhir, dengan meminta bantuan profesional atau ahli di bidangnya. Walau tidak memberikan jaminan seratus persen dapat memulihkan data yang hilang, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya, bukan?

Yang menjadi pertimbangan ialah untuk menyiapkan dana, karena biaya untuk memulihkan data ini termasuk besar. Jadi, inilah mengapa banyak yang memberikan garansi terbatas pada perangkat keras semacam hardisk, terutama pada merk kenamaan untuk memberi jaminan keamanan data secara gratis dalam rentang waktu tertentu.

Nah itulah dia cara mengembalikan file yang terhapus di laptop maupun komputer yang mudah untuk kalian lakukan. Pastikan untuk mengikuti cara mengembalikan foto yang terhapus ini dengan seksama supaya file tersebut dapat dipulihkan ya, brott!

Terakhir, selamat mencoba, dan semoga berhasil!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version