7 Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop – Saat kita membeli sebuah personal computer, baik itu komputer desktop atau laptop, tentu membutuhkan perawatan secara berkala. Inti dari perawatan ini sama halnya menyervis kendaraan yang kita pakai sehari-hari untuk sekolah, atau bekerja supaya dalam kondisi prima.

Salah satu di antara masalah yang acapkali terjadi ialah baterai. Dikarenakan masalah ini cukup serius, tidaklah sedikit banyak yang cari Cara agar Baterai Laptop Awet demi minimalisir potensi insiden ini.

Gak usah berlama-lama, inilah Cara Merawat Baterai Laptop supaya bisa awet dan tahan lama.

Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik dan Benar

Deretan Cara Merawat Baterai Laptop yang baik dan benar

Inilah beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan supaya Baterai Laptop awet dan tidak cepat rusak.

1. Minimalisir Pemakaian Berat Saat Gunakan Baterai

Meski pada dasarnya laptop memang diciptakan untuk portabilitas, tetapi tidak ada salahnya untuk meminimalisir pemakaian berat saat gunakan Baterai Laptop. Di antaranya semacam memainkan game, dan content creation, editing video misalkan, yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra.

Meski demikian, tidak ada salahnya kok untuk memakainya sesekali, toh memang itu manfaat dari sebuah laptop.

2. Hindari Panas Berlebih

Salah satu Cara agar Baterai Laptop Awet yang menurut kami cukup efektif ialah hindari panas berlebih. Entah itu laptop dalam kondisi panas, atau memang cuaca cukup ekstrim, tidak ada salahnya untuk mendiamkan laptop supaya tak ada masalah pada baterainya. Kebetulan kami memiliki beberapa caranya di sini.

Hindari panas berlebih yah, brott!

Cara lainnya yang bisa kita lakukan adalah tambahkan kipas untuk mendinginkan panas pada laptop supaya panasnya tak menjalar ke komponen lainnya.

3. Jangan Dipakai Sampai Habis

Kecuali kalian benar-benar memakainya untuk kebutuhan yang sama sekali tak menuntut. Salah satu Cara agar Baterai Laptop Awet ialah tidak dipakai baterainya sampai habis karena tentu akan mempercepat proses degradasi baterai tersebut.

4. Pakai di Kisaran 40-80%

Aturan main lainnya atau golden rule yang kerap direkomendasikan oleh komunitas untuk merawat Baterai Laptop adalah hanya memakainya di kisaran 40-80% saja, nett no nego. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan seratus persen kebenarannya.

5. Ganti Baterai Saat Health di Bawah 80%

Alternatif lain supaya Cara Baterai Laptop Awet adalah beli baterai baru saat health-nya berada di bawah 80%. Kalian bisa ceknya melalui icon baterai di taskbar kalian, di mana baterai kondisi prima biasanya ada di kisaran 90% ke atas.

6. Atur Maksimal Daya di Laptop

Sebelum masalah lain semacam Kenapa Laptop Tidak Bisa di Cas dikarenakan laptop tersebut terlalu dipaksa untuk menjalankan aplikasi berat dalam waktu cukup lama. Meski sama-sama ‘komputer’, tetapi laptop khususnya versi murah takkan bisa diajak kerja rodi layaknya komputer desktop.

7. Atur Kecerahan Supaya Tak Terlalu Terang

Percaya atau tidak, namun kecerahan layar alias brightness memiliki peranananya sendiri loh dalam habiskan kapasitas baterai sebuah laptop.

Aturlah kecerahan atau brightness di kisaran yang sekiranya nyaman

Contohnya di kantor, penulis acapkali atur brightness ada di kisaran 50-65% karena dirasa sudah cukup terang.

Bonus: Hindari Mencolok Kabel Secara Asal

Selain cara-cara di atas, alternatif Cara Baterai Laptop Awet lainnya adalah hindari mencolok kabel secara asal. Maksud kami di sini ialah untuk hindari mencolokkan kabel power ke laptop sebelum kalian colokkan adaptor ke terminal.

Kalau di komputer bisa meleleh, di laptop bisa hangus ic-nya brott

Meski remeh, tetapi hal ini masuk akal loh, brott. Dikarenakan bisa saja ada lonjakan daya sepersekian detik sebelum akhirnya daya yang dibutuhkan laptop kalian akan disalurkan secara ‘murni’.

Jadi, saran kami ialah sebisanya untuk colokkan kabel secara asal. Karena hal ini akan jadi tolak ukur keawetan dari baterai laptop yang temani keseharian kalian.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version