CD Projekt Red Diserang Hacker, Ancam Sebar Data Cyberpunk 2077

in , , , , ,

CD Projekt Red bisa dikatakan perusahaan yang belakangan ini memiliki nasib yang kurang baik. Semenjak awal perilisan Cyberpunk 2077, developer asal Polandia tersebut selalu menuai banyak kontroversi, seperti masalah bug dan glitch, perkara refund, optimisasi yang kurang baik pada konsol current-gen, hingga penarikan game dari Playstation Store.

Permasalahan pun sudah terjadi jauh sebelum perilisan game Cyberpunk 2077, beberapa di antaranya seperti jadwal perilisan yang terus diundur hingga berita mengenai karyawan yang dipaksa bekerja lembur. Kini, CDPR kembali mendapat masalah baru karena mereka baru saja diserang oleh hacker yang berhasil mencuri data-data penting. Diantaranya merupakan source code dari The Witcher dan Cyberpunk 2077.

Melalui akun Twitter-nya, CDPR mengumumkan bahwa perusahaannya telah diretas oleh seseorang yang saat ini identitasnya belum diketahui. Hacker tersebut berhasil mencuri sejumlah data yang berisi dokumen tentang keuangan, administrasi, data investor hingga souce code dari Cyberpunk 2077 dan versi The Witcher 3 yang belum pernah diperlihatkan ke publik sebelumnya. Hacker juga meninggalkan pesan berupa ancaman yang apabila tidak segera ditebus, maka dirinya akan mempublikasi semua data yang telah ia curi.

Kini, CDPR menegaskan bahwa mereka tidak akan memenuhi ancaman dari hacker dan siap mengatasi resiko yang akan terjadi apabila data berhasil dipublikasi. CDPR juga menjelaskan bahwa meskipun sejumlah dokumen terkunci dan tidak bisa diakses, namun data backup masih tetap utuh. Saat ini pihak teknisi telah mengamankan dan melakukan restorasi sejumlah data tersebut.

Ini bukanlah pertama kalinya CDPR diretas. Tahun 2017, mereka juga sempat diserang oleh hacker yang mengaku berhasil mencuri dokumen mengenai desain awal dari game Cyberpunk 2077 serta memberikan ancaman serupa. Namun, hacker tersebut sepertinya gagal memenuhi ancamannya dan tidak ada data yang terpublikasi. Kini, CDPR sudah mengkonfirmasi bahwa seluruh data pribadi para pemain tidak terpengaruh dan masih tetap aman.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Cyberpunk 2077 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.