CEO OpenAI Sam Altman Dipecat, Ada Apa?

Ceo Openai Sam Altman

Berita yang kurang mengenakkan datang dari sisi industri kecerdasan buatan. Sebab CEO dari perusahaan OpenAI, yang bertanggung jawab lahirkan ChatGPT ini telah dipecat. Pria bernama Sam Altman ini dihentikan dari jabatannya dan tidak lagi bekerja di perusahaan salah satu pionir generative AI.

Berita ini tentu sangat mengejutkan karena tidak ada angin, tidak ada hujan langsung mengumumkan pemecatan posisi CEO pula. Sebenarnya ada masalah internal apa di perusahaan tersebut?

CEO OpenAI Sam Altman Dipecat Karena Dinilai Tidak Komunikatif

Sam Altman yang dipecat dari jabatan CEO

Berita tak terduga ini datang dari blog post OpenAI itu sendiri. Dimana disebutkan kalau perusahaan tersebut akan mengalami transisi kepemimpinan. Sam Altman yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dipecat dari posisi tersebut dan digantikan oleh CTO Mira Murati untuk sementara.

Alasannya menurut mengakuan pihak OpenAI adalah Sam tidak jujur terhadap komunikasinya ke anggota dewan OpenAI. Hal tersebut dikatakan membuat menjalankan perusahaan jadi sulit. Hingga itulah yang membuat mereka harus memecat pria berumur 38 tahun ini.

OpenAI, perusahaan perangkat lunak AI yang lahirkan ChatGPT

Dengan begitu, Sam secara resmi tidak lagi bekerja untuk OpenAI dan posisinya digantikan oleh Mira Murati sampai waktu yang tidak ditentukan. Pihak perusahaan sendiri belum menemukan siapa pengganti tetap untuk perusahaan tersebut.

Sang mantan CEO sendiri juga mengumumkan kepergiannya lewat Twitter. Dimana dia menuliskan kalau waktunya di OpenAI itu sangat mengubah hidupnya dan juga dia senang bekerja dengan orang-orang di sana yang bertalenta.

Tak Hanya CEO, Co-Founder Greg Brockman juga Minggat

Co-founder Greg Brockman juga hengkang

Hanya saja, OpenAI tidak cuma kehilangan 1 pemimpin saja diwaktu yang sama. Tak lama setelah Sam dipecat, salah satu co-founder OpenAI Greg Brockman juga katakan dia memutuskan untuk hengkang dari perusahaan yang ia bangun ini.

Tidak dijelaskan apa alasan Greg mengundurkan diri. Tapi, dia menuliskan lewat cuitan Twitternya kalau berdasarkan berita pagi ini, Greg memutuskan untuk cabut dari perusahaan yang sudah 8 tahun ia kembangkan.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version