CEO PlayStation Klaim PS Plus Lebih Berarti dari Game Pass

Ceo Playstation Ps Plus Game Pass

CEO PlayStation dan Sony Interactive Entertainment Jim Ryan memberikan sebuah klaim yang cukup berani. Klaim yang diungkapkan oleh dirinya adalah mengenai sistem Subskripsi PS Plus dan Game Pass.

Informasi ini berasal dari bocoran dokumen persidangan Microsoft dan FTC dimana pada sesi Q&A sidang tersebut, Jim Ryan ditanya oleh analis mengenai model bisnis Xbox Game Pass yang merupakan sistem langganan dari Microsoft.

CEO PlayStation Klaim PS Plus Lebih Berarti Dibanding Game Pass

Klaim Ps Plus Lebih Berarti Dibanding Game Pass

Ketika ditanya mengenai pertanyaan tersebut dan bagaimana ini menjadi tantangan untuk membawa game – game AAA dengan budget 100 juta dollar US keatas untuk masuk ke layanan berlangganan, Jim Ryan mengungkapkan beberapa informasi.

Ryan ditanyakan juga mengenai apakah Microsoft harus menyediakan jaminan keuntungan minimum kepada publisher jika ingin membawa judul game tersebut ke Xbox Game Pass ataukah mereka lebih baik membeli aset seperti Activision dan meletaknya di platform mereka.

Jim Ryan memberikan respon dengan mengatakan dirinya yakin Microsoft telah berusaha memberikan tawaran kepada publisher mengenai jaminan keuntungan minimum, dan hal itu tidak bekerja sama sekali.

Jim juga membuat klaim bahwa sebagai ganti cara tersebut, perusahaan raksasa ini memilih untuk melakukan akuisisi besar seperti membeli Activision Blizzard sebesar 69 Milyar Dollar US.

Jim juga telah berbicara dengan para publisher mengenai Xbox Game Pass. Dan menurut dirinya, para publisher tersebut sepakat bahwa mereka tidak menyukai Game Pass karena menghancurkan nilai.

Nilai yang dimaksud tidak hanya nilai dari judul game secara individual, tetapi juga nilai industri game secara keseluruhan. Dirinya juga menunjukkan angka pelanggan Xbox Game Pass yang Microsoft sempat umumkan pada Januari 2023 kemarin, yaitu sekitar 25 Juta pengguna.

Selain itu, dari berbagai pertanyaan yang diberikan, Jim juga menjelaskan bahwa dirinya percaya bahwa layanan berlangganan PlayStation lebih berarti dan secara tidak langsung mengindikasikan bahwa layanan Xbox Game Pass tidak seperti itu.

CEO PlayStation Juga Percaya Akuisisi Bungie Lebih Beharga daripada Activision Blizzard

Dibandingkan Dengan Akuisisi Bungie

Mengenai pengguna Game Pass, menurut Jim Ryan hal ini mungkin akan memiliki pandangan berbeda dari orang lain, namun dirinya secara pribadi memiliki ekspektasi dengan angka yang lebih tinggi lagi.

Hal ini dikarenakan biaya yang Microsoft telah keluarkan untuk layanan berlangganan tersebut. Kemudian Jim juga menjelaskan bahwa PS Plus saat ini memiliki hampir 50 juta pelanggan sehingga dirinya menganggap layanan PS Plus lebih berarti.

Perihal apakah Sony sempat menarget Activision Blizzard sebagai potensi akusisi, Jim Ryan membandingkan 69 Milyar Dollar US yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk mengakuisisi perusahaan tersebut dengan 3,6 Milyar Dollar US yang dikeluarkan Sony untuk akuisisi Bungie.

Jim Ryan percaya bahwa Bungi dapat memberikan PlayStation lebih banyak dibanding akuisisi sebesar 69 Milyar Dollar US Microsoft kepada Activision Blizzard, dan hal ini sebelum mempertimbangkan nilai relatif dari transaksi tersebut.

Sementara itu, persidangan FTC dan Microsoft telah berakhir dengan menangnya perusahaan tersebut untuk mengakuisisi Activision Blizzard. CMA Inggris juga kini telah mengeluarkan putusan awal mengenai akuisisi tersebut.


Baca juga informasi Gamebrott menarik lainnya terkait Microsoft atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version