[OPINI] Mengapa Cerita Game miHoYo Kebanyakan Melankolis?

Cerita Game Mihoyo

Cerita Game miHoYo Melankolis – Dari sekian banyaknya cerita yang ada di game buatan miHoYo, tidak jarang pasti menjurus kearah melankolis. Sebut saja Honkai Impact 3rd yang punya ragam kisah baik yang sedang terjadi maupun kisah masa lalu karakter. Hampir semuanya itu bisa menguras air mata.

Alhasil mood hari itu pun dibuat murung ketika menyelesaikan kisah world quest Genshin Impact, atau bahkan mengerjakan cerita companion Hook di Honkai Star Rail. Dijamin seharian bakal terngiang-ngiang ending kisah yang dibawakan game miHoYo tersebut.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat pribadi Penulis tanpa bermaksud menjatuhkan siapapun dan hanya sebatas bahan untuk diskusi yang sehat dan konstruktif.

Mengapa Cerita Game miHoYo Seperti Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd Terasa Melankolis?

#Otto******

Tapi mengapa game miHoYo selalu membawakan kisah yang melankolis atau bahkan berujung sedih? Apakah itu sebenarnya formula rahasia yang membuat cerita game mereka seru untuk diikuti?

Ternyata fenomena ini sudah terjadi sejak lama dan tidak hanya terbatas pada medium game saja. Manusia sejatinya memang menyukai cerita yang sedih dan sudah terlihat sejak era Shakespeare lewat kisah cinta Romeo dan Juliet, atau Hamlet misalnya.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa cerita melankolis dalam game itu penting bagi keberlangsungan cerita. Mari kita bahas apa saja alasan penulis cerita kebiasaan masukkan cerita bernuansa melankolis dalam karya mereka:

1. Di Dunia Fantasi, Emosi adalah Bagian Terdekat yang Kita Punya

Dunia nyata tidak ada naga, ‘bukan?

Dunia fantasi seperti Genshin atau bahkan Honkai Impact 3rd tentu sangat jauh berbeda dibanding dunia kita. Disana mereka antara punya kebudayaan yang jauh berbeda, kalau tidak ya dunia dilanda bencana. Berbeda dengan dunia asli dimana rutinitas kita hanya sekolah, kalau tidak ya kerja setiap harinya.

Latar seperti ini akan terasa disconnect bagi pemainnya jika tidak ada elemen yang menghubungkan kita ke dunia mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan penulis cerita biasanya adalah memasukkan emosi yang humanis kedalam porsi cerita.

Berkat itu kita sadar masih ada hubungan erat antara kita dengan dunia tersebut beserta orang didalamnya. Jangan heran kalau kita disuguhkan cerita-cerita sedih di dunia fantasi, karena dengan begitu, kita bisa lebih relate terhadap mereka.

2. Cerita Sedih Membuat Kita Lebih Banyak Bersyukur

Ayaka dan ibunya

Tidak jarang cerita dalam game berisikan thought provoking experience yang membuat kita berpikir. Tidak sedikit juga ada cerita yang membuat kita sedikit bersyukur dengan apa yang kita punya. Kalau sebuah game sampai bisa membuat kita berpikir seperti itu, maka bisa dikatakan tujuan ceritanya berhasil.

Cara paling gampang untuk eksekusi konsep seperti itu ya lewat kisah yang melankolis. Hingga semakin menyedihkan karakter dalam cerita, maka semakin bersyukur kita tidak diberikan cobaan seperti itu (meski kita tahu itu hanya fiksi).

Tidak heran jadinya kalau cerita game miHoYo juga bisa mengajarkan kita soal rasa syukur. Minimal kita masih dapat ilmu dari cerita game yang kita mainkan.

3. Karakter yang Melankolis Lebih Relate

Elysia di HI3rd

Pernah merasakan kalau ada karakter di cerita fiksi itu sangat “gw banget” entah karena sifatnya atau kisah masa lalunya yang sedih? Mungkin trope seperti itu sudah sering dipakai oleh medium cerita termasuk diantaranya adalah game.

miHoYo juga paham dengan trik seperti itu jadi meskipun kita tidak menyukai karakter NPC dalam sebuah game, begitu mengetahui masa lalunya yang tragis, kita pasti akan sedikit memahami mengapa dia melakukan semua ini. Bahkan tokoh antagonis pun bila diberi treatment serupa, kita juga bisa bersimpati padanya.

4. Cerita yang Sedih Lebih Mudah Ditulis

Yae Sakura

Tanpa mendiskreditkan siapapun, menurut penulis sendiri cerita yang sedih lebih mudah ditulis dibanding cerita keren yang penuh intrik seperti kisah detektif. Bahasa kasarnya, kesedihan itu lebih mudah dijual dibandingkan prestasi dan contoh nyatanya sudah banyak terjadi disekitar kita.

Cukup beri bumbu masa lalu yang tragis, dan nasib yang tidak berpihak padanya disaat ini. Lalu tambahkan sosok kematian yang terjadi langsung di depan mata, jadilah kisah sedih di hari minggu.

5. Agar Lebih Menyukai Karakternya

Scaramouche yang kehilangan Gnosis

Sebagai sebuah game gacha, yang dijual oleh miHoYo tentu adalah karakternya. Jadi bagaimana cara mengemas karakter agar disukai fans? Ada dua cara, membuat karakter tersebut sekeren mungkin dengan skill atau desain yang menarik.

Atau cara kedua, beri dia kisah yang sedih seperti ditinggal ayahnya atau bahkan yatim piatu sejak kecil. Otomatis banyak yang akan merasakan sedih ketika memainkan cerita karakter tersebut dan berujung menarik gacha-nya.

Kesimpulannya, tidak hanya game miHoYo saja, kisah yang melankolis itu memang sudah wajib ada kalau mau cerita menarik perhatian banyak orang. Emosi manusia yang paling gampang dipicu salah satunya adalah ‘kesedihan.’

Hingga tidak mengherankan kalau miHoYo menggunakan teknik serupa dan buktinya berhasil. Cerita Genshin Impact dan kawan-kawannya banyak beresonansi dengan gamer. Hingga menjadi topik pembahasan sendiri di komunitas setiap kita scroll di Facebook, ataupun Reddit.

Bagaimana menurut kalian soal ini? Apakah kalian setuju? Coba beri komentar ya cerita seperti apa yang kalian suka dari sebuah game?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version