[Guide] To the Moon dan Finding Paradise Cara Memperbaiki Lag Dan FPS Drop


75
1 comment, 75 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

To the Moon dan Finding Paradise adalah game story driven dari Freebird Games yang telah berhasil membuat banyak orang tersentuh, terharu, menangis, baper karena ceritanya yang begitu luar biasa. Tapi dibalik semua itu ternyata game ini masih memiliki kendala yang membuat kalian tidak dapat menikmati game ini dengan sepenuhnya.

Advertisements
Gamebrott Editorial

Trailer


Buat kalian yang belum membaca review To the Moon kalian bisa membacanya dari penulis melalui link berikut ini.

Mungkin beberapa diantara kita mengalami suatu kendala yaitu FPS yang kecil dan tidak stabil, dan menurunnya FPS ketika dialog hendak dimulai secara drastis ketika mainkan game ini. Penulis juga sebenarnya tidak begitu jelas kenapa hal ini bisa terjadi padahal, game ini memiliki minimum system requirement yang sangat super ringan. Tapi, banyak yang bilang (Steam Community) kalau ini disebabkan karena update windows yang membuatnya tidak compatible sehingga tidak berjalan begitu lancar. Anehnya tidak semua orang mengalami kendala-kendala tersebut setelah melakukan windows update itu. Tapi yang terpenting sekarang ada cara mengatasi masalah ini.


Oke, sekarang langsung saja masuk ke tutorial, sebelumnya penulis ingin memastikan kamu sudah memiliki hal-hal yang diperlukan, yaitu:

  1. Akun Steam
  2. Akses Internet
  3. Yang belum mandi mending mandi dulu.

Note: Guide ini juga berlaku untuk A Bird Story dan tidak berlaku untuk versi crack atau bajakan!


Pertama kalian harus login ke akun steam kalian melalui launcher steam dengan cara memasukan username dan password kalian. Lalu pergi ke Library game kalian yang berisi daftar game-game yang sudah kalian miliki.

Sekarang pilih To the Moon pada Library game kalian lalu kiik kanan dan pilih “Properties”. Kemudian, pilihlah tab “BETAS” disini kaliah akan meilihat pilihan versi dari game To the Moon yang digunakan untuk menyesuaikan dengan system OS yang kalian miliki.

Jika sudah, sekarang pada opsi “Select the Betas you would like to opt into:” pilihlah opsi “alternative-“ jika sudah, langsung tutup atau close jendela propertiesnya. Kemudian steam akan mulai mendownload patch versi beta sebesar 91.3 MB untuk game To the Moon tersebut yang dapat memperbaiki kendala-kendala yang kalian alami sebagian besar. Dan nama gamenya akan berubah menjadi To the Moon [alternative] di Library Steam kalian.

Terakhir klik play dan selamat menikmati.


Kekurangan

Sayangnya meskipun hal ini dapat memperbaiki kendala-kendala yang kalian alami, ternyata kalian juga akan mendapatkan beberapa kekurangan ketika memainkannya. Kekurangan-kekurangan tersebut yaitu:

Pertama, kalian tidak bisa mendapat achievement meskipun hanya terdapat 1 achievement saja dan kalian tidak akan mendapat Trading Card To The Moon di Inventory Steam kalian.

Kedua, Save data kalian akan terpisah. Jadi begini, jika kalian sebelumnya sudah memainkannya di versi biasa atau yang bukan alternative, ketika kalian bermain menggunakan versi alternative, save data dari versi biasa tidak dapat dibaca oleh versi alternativenya, begitu pula sebaliknya. Tapi save data itu tidak sepenuhnya hilang karena menggunakan system steam cloud.

Buat kalian yang sudah memainkannya sebelum menggunakan patch tersebut, jika kalian perhatikan dengan sangat teliti kalian pasti akan menyadari kalau gamenya sendiri telah mengalami sedikit penurunan grafis pada bagian shadow atau bayangan yang mungkin sedikit sulit untuk disadari.

Sekarang bagian yang sedikit menjengkelkan adalah adanya bug. Bug ini membuat kalian menjadi keluar dari arena peta atau contohnya kalian dapat bergerak melewati tebing-tebing jurang dan berjalan ke langit. Untuk mengatasi hal ini, kalian harus menutup dan membuka gamenya lagi.

Akhirnya sampai juga di Bulan

Terakhir, resolusi game akan berubah ketika hendak menggunakan fullscreen (Alt+Enter) dimana terdapat border atau bar hitam yang berada di sisi kanan dan kiri layar monitor kalian. Untuk mengatasi hal ini nanti akan dibahas di artikel selanjutnya dan linknya akan segera disediakan di kolom komentar website ini.

Seperti yang dilihat salah satu kekurangan-kekuragan tersebut berfocus pada tampilan atau visual pada game ini. Tapi, hal tersebut seharusnya tidak menghentikan kalian untuk memainkan game ini karena game ini berfocus pada cerita dan Ingat! Jangan pernah menilai game hanya dari Grafisnya saja!


Berikut tadi adalah bagaimana cara memperbaiki FPS  atau Lag yang tidak stabil dan kerap menurun ketika dialog hendak dimulai untuk To the Moon dan Finding Paradise yang juga berlaku untuk A Bird Story. Semogo tutorial ini dapat membantu dan terima kasih sudah mau mampir.

Edit: Untuk Finding Paradise sama caranya dengan di atas. Penulis hanya menyebutkan To the Moon saja karena untuk mempersingkat tulisan.

Baca juga konten-konten lainnya di Gamebrott Community yang ditulis oleh Faza Rabbani melalui link berikut ini.

Kontak: [email protected] atau Facebook.


Like it? Share with your friends!

75
1 comment, 75 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Faza Rabbani

Grand Master

Halo semua! Nama saya Muhammad Khoidir Faza Rabbani. Saya akrab dipanggil Faza atau Musa. Lahir di Tasikmalaya tapi, tumbuh besar di Bandung dan Jakarta.

Ada ungkapan yang mengatakan “Jangan Menilai Buku Hanya Dari Sampulnya Saja!” sama halnya dengan “Jangan Menilai Game Hanya Dari Grafisnya Saja!”

Kontak: [email protected] atau Facebook