[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Metro Exodus (The Volga) #6 – Eksplorasi (3) Mencari Boneka dan Menuju Terminal.


118
Metro Exodus_20190902100152

Setelah mendapati kesuksesan dengan seri Metro Last Light di tahun 2013 (meski sempat mengalami beberapa masalah internal), lima tahun kemudian 4A Games, developer asal Ukraina ini pun akhirnya selesai mengembangkan seri iterasi ketiganya yang berjudul Metro Exodus. Banyak perubahan signifikan di seri ketiga Metro di mana sekarang kamu akan banyak waktu menjelajah di dunia yang luas dan terbuka bergaya sand box. Semuanya masih terasa sama, namun lebih fresh. Dunia luar kini jauh lebih berbahaya dan liar. Orang-orang yang selamat saling membentuk koloni untuk bertahan hidup apapun caranya, begitupun dengan makhluk-makhluk aneh yang kini ikut mengisi ekosistem dunia yang sudah hancur. Beberapa wajah yang nampak familiar kembali bergabung, sebagian yang lain tidak. Metro Exodus kini tampil lebih suram, seram, dan serius.

————

º Halo permisa pembaca semua. Selamat datang kembali di kolom komunitas Gamebrott yang keren dan selamat datang di panduan Metro Exodus. Di kesempatan kali ini penulis akan menuliskan artikel walkthrough bahasa Indonesia Metro Exodus dari awal hingga akhir permainan. Screenshot selama permainan akan diambil menggunakan fitur photo mode maupun non-photo mode. Penulis harap kalian menikmati perjalanan panjang Artyom di seri ketiga ini sampai tuntas. So.. don’t be shy to check it out my friends. º


SAFE HOUSE #3 DAN RUANGAN RAHASIA

Kalian masih akan mengeksplorasi area di The Volga untuk beberapa waktu ke depan. Lanjutkan proses perjalanan kalian menuju pulau yang bertanda tanya (?) seperti gambar berikut. Untuk pergi ke sana, kalian hanya bisa menggunakan perahu rakit yang ada di sekitar sini. Saran penulis pergilah di pagi hari dan bawalah shotgun kalian agar efektif melawan para udang yang mengganggu di tengah perjalanan. Sesampainya di sebuah pulau kecil, pergilah ke sebuah rumah dengan pintu berwarna biru, di mana kalian baru saja menemukan safe house ketiga di area The Volga. Kalian beristirahatlah di sana sebelum melanjutkan perjalanan panjang di depan.

Safe house.

Dua orang desa yang sedang bercakap-cakap di depan kalian bukanlah musuh. Kalian turunkan moncong senjata dengan menekan tombol D-PAD kanan di mana mereka akan merespon Artyom sebagai orang baik. Kemudian, rumah kosong besar yang berada di samping kalian ini ternyata menyimpan sebuah ruang rahasia. Kalian baru bisa membukanya dengan menyalakan kembali aliran listrik menuju rumah tersebut. Caranya, ikuti kabel listrik menuju ke sebuah gudang di samping rumah tersebut. Nanti kalian diharuskan mencari suplai bensin untuk bisa menyalakan generator set yang ada di dalam gudang. Bensin yang kalian cari dapat ditemukan tepat di belakang gudang ini. Lihat gambar berikut.

Jika sudah bawa bensin tersebut dan isi ulang pada mesin generator set. Kembalilah ke dalam rumah. Namun, kalian jangan senang dulu karena masih ada satu masalah lagi. Aliran listrik untuk membuka pintu ruang rahasia ini masih belum cukup. Maksudnya, kalian masih harus menyalurkan energi listrik tambahan melalui ruangan lain yang ada di dalam rumah ini.

Kalian buka dulu pintu besi di sebelah kiri kalian. Ambil semua komponen perakitan yang ada di dalam ruangan ini, kemudian naik ke atas loteng melalui kayu atap yang telah jebol. Belok kanan dan ambil dulu komponen perakitan yang ada di dalam loteng depan kalian. Baru setelah itu kalian lompat ke bawah melalui celah kecil (dekat jamur hijau). Dari sini, kalian aktifkan panel listrik untuk mengaktifkan sumber daya listrik tambahan. Kemudian kalian buka pintu di depan di mana kalian akan kembali ke ruangan utama.

Aktifkan tuas listrik dan pintu rahasia pun berhasil kalian buka. Di sebelah kanan kalian, terdapat mayat manusia yang sepertinya akibat hasil eksperimen. Kemudian ambil alat untuk mengecas baterai sebagai upgrade tools yang ada diperut mayat tersebut sebelum menyalakan tuas lisrik yang ada di sebelah kiri kalian. So, we are done here. Saran penulis kembalilah ke safe house dan lakukan upgrade armor Artyom di workbench.


KAMP BANDIT #2

Setelah menemukan ruang rahasia, kalian akan melanjutkan eksplorasi ke area berikutnya. Datangi lokasi yang penulis tunjukkan melalui peta di bawah ini. Area yang kalian akan datangi kali ini adalah bekas reruntuhan yang sudah diduduki oleh para bandit. Jika hitung-hitung, para bandit yang berjaga-jaga di sekitar reruntuhan ini berjumlah enam orang. Empat bandit berjaga di bawah dan dua bandit mengawasi dari atap reruntuhan. Same plan.. bunuh mereka semua tanpa menimbulkan keributan. Malam atau pagi hari dapat mempengaruhi jarak pandang penglihatan musuh terhadap kalian, selalu ingat itu. Di atap reruntuhan, kalian dapat kalian dapat menemukan satu weapon parts di dekat zip line. Jika kalian menjelajah di sekitar sini, kalian bisa menemukan peluru dan spare parts di dalam bekas-bekas bangunan.

Russian Roulette?


SAFE HOUSE #4 DAN KAMP BANDIT #3


CATATAN : Dari atap reruntuhan ini kalian sebetulnya memiliki dua opsi lokasi yang bisa ditempuh. Opsi pertama, yaitu turun menuju zip line sebelah kiri di mana akan membawa kalian melanjutkan ke misi utama, yaitu bertemu dengan kru Spartan bernama Duke yang sedang melakukan pengintaian. Dari sana kalian bisa menjelajah area dan menyelamatkan tahanan dan diberikan sebuah kunci menuju ruangan rahasia di Terminal untuk mendapatkan Night Vision Google. Opsi kedua, yaitu zip line sebelah kanan akan membawa kalian ke area di mana kalian dapat menemukan safe house keempat dan kamp bandit ketiga juga menyelesaikan misi sampingan, yaitu menemukan boneka yang hilang milik Natasya. Kalian bebas memilih, namun panduan penulis saat ini akan membawa kalian pergi ke area selatan (opsi kedua).


Cek peta kalian dan datangi titik peta seperti gambar berikut. Tujuan kalian ke area ini adalah untuk membuka safe house keempat di mana lokasi rumah ini juga berdekatan dengan markas bandit di sebuah gedung tua besar (kali ini kamp mereka lebih besar). Melewati area ini idealnya pada saat malam hari. Di dalam safe house keempat, kalian dapat menemukan attachment berupa silencer dan laser target untuk dipasang pada senjata. Ambil juga semua komponen perakitan di ruangan sini kemudian tidurlah. Malam hari nanti kalian akan menjalani kegiatan infiltrasi di kamp bandit terdekat. Good luck.

Kamp bandit kali ini memiliki bangunan yang luas. Ada beberapa rute yang bisa kalian tempuh untuk menyusup. Kalian bisa masuk melalui atap bangunan maupun dari lubang sempit yang ada di sekitar gedung. Kalian bisa saja kebingungan di sekitar sini. Namun pastikan dua orang yang berjaga di jembatan kayu sudah harus kalian bunuh terlebih dahulu. Kemudian, hati-hati bahwa para bandit telah memasang alarm kaleng di dekat pintu masuk, di mana jika kalian tidak hati-hati maka kehadiran kalian akan mudah ketahuan. When situation gets ugly, you should not hesitate to go loud. Perlu kalian tahu bahwa ada sekitar delapan bandit yang menduduki kamp tersebut. So.. watch out your supply. Begitu kalian selesai dengan mereka semua, tarik tuas di lantai atas untuk membuka gerbang kereta di mana kalian dapat dapat menariknya menggunakan railcar sepulang dari Terminal.


SAFE HOUSE #5 DAN MISI ‘MENYELAMATKAN’ BONEKA NATSYA 

Setelah membereskan seluruh bandit, kita lanjut bergegas ke arah menara gemuk yang penulis tunjukkan pada peta di bawah ini. Di dekat sana kalian juga dapat menemukan safe house kelima di mana kalian dapat berinteraksi dengan dua orang desa yang sedang berbincang-bincang sambil mendengarkan radio. Mereka sebetulnya bukan musuh asalkan kalian turunkan moncong senjata kalian dan mereka pun akan menganggap Artyom orang baik. Kalian juga bisa mendengarkan percakapan antara dua orang villager dengan Artyom jika mau dan ada adegan lucu jika kalian bersabar sampai percakapan selesai. Kalau sudah, masuklah ke dalam rumah tersebut dan ambil persediaan yang ada. Jangan lupa untuk cek suplai amunisi dan med kit kalian.

Sunyi, sepi, sendirian

Lalu boneka yang dicuri oleh makhluk mutan bernama ‘Demon’ ada di atas menara gemuk sana. Menara ini dijaga oleh satu Demon di mana idealnya kalian membawa revolver karena Demon termasuk makhluk yang tidak mudah untuk dibunuh seperti Watchmen. Setelah sampai atap menara gemuk, kalian hadapilah Demon sampai ia mati (tergantung tingkat kesulitan). Kemudian ambil boneka Natsya yang terduduk di atas kotak. Setelah itu pergilah ke dekat zip line di mana kalian dapat mengambil attachment berupa selongsong peluru 8Cylinder yang bisa dipasang pada senjata revolver. Jika sudah selesai di sini, gunakan zip line untuk kembali ke safe house keempat atau langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi Duke di mana berada.


Chapter The Volga : |1|2|3|4|5|6|


Baca juga artikel di komunitas Gamebrott yang Christianwolf tulis dengan mengklik tautan berikut. Punya kritik dan saran? Jangan sungkan untuk mengirimnya ke resturulianaputra@gmail.com.


Like it? Share with your friends!

118
christianwolf

A person who loves Jazz.

0 Comments