Denuvo Perkenalkan Proteksi Unreal Engine, Gamer PC Khawatir

Denuvo Perkenalkan Proteksi Unreal Engine

Denuvo Unreal Engine – Proteksi anti bajak Denuvo telah menjadi pembahasan lama di komunitas PC. DRM tersebut telah mendapat banyak kecaman dan juga kontroversi karena dicap sebagai “biang kerok” performa buruk di port PC sebuah game. Dan kini Denuvo perkenalkan proteksi Unreal Engine yang khusus dibuat untuk engine tersebut.

Seperti apa proteksinya? Apakah bakal mempengaruhi para Gamer PC?

Denuvo Perkenalkan Proteksi Unreal Engine Membuat Gamer PC Khawatir

Sistem bakal mempersulit Gamer PC?

Dilaporkan dari Wccftech, Denuvo perkenalkan fitur baru khusus untuk Unreal Engine di mana mereka akan mendesain sebuah layanan di mana pengguna “nakal” tidak dapat memanipulasi game dengan Unreal Engine.

Proteksi ini dapat diintergrasikan ke level binary, yang singkatnya dapat mencegah adanya manipulasi data dan menciptakan lapisan khusus untuk melawan pembuat cheat, pembajak game, dan juga penipuan lainnya.

Secara sekilas tujuan dari fitur baru ini terlihat baik yakni membuat game lebih sulit untuk dibuat program cheat atau hack. Melihat Unreal Engines digarap oleh Epic Games yang di mana juga memiliki layanan Easy Anti-Cheat, implementasi ini dapat menjadi positif untuk game online kompetitif.

Tetapi gamer mengkhawatirkan keberadaan fitur tersebut akan menjadi akhir dari modding game PC, setidaknya untuk game berbasis Unreal. Hal ini karena mod game PC tak jarang akan memerlukan dekripsi, akses debug console, dan tentu saja mengubah file bawaan dari game menjadi yang baru.

Pihak perusahaan belum memberikan respon dan juga klarifikasi terkait kekhawatiran komunitas PC akan potensi dilarannya modding karena fitur tersebut.

Proteksi Game Switch dari Bajakan Juga Diperkenalkan

Denuvo

Sementara itu, Denuvo juga ingin membawa proteksi anti-tamper mereka ke game Nintendo Switch. Hal ini karena game dari console tersebut sudah sangat mudah diemulasi dengan program seperti Yuzu atau Ryujinx.

Tak jarang para pembajak memanfaatkan versi Switch untuk mainkan game-game yang versi PC-nya dipasang proteksi software anti pembajakan tersebut. Contoh di antaranya ialah Persona 5, Sonic Frontiers, Shin Megami Tensei III HD.

Denuvo

Di luar dari itu, Nintendo sendiri juga kewalahan dengan banyaknya game first-party mereka yang muncul bajakan lebih awal dari tanggal rilis yang ditentukan. Hal ini membuat para pembajak lebih dulu dapat mengakses game seperti The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom yang memicu pembeli original panik akan spoiler.

Pengumuman ini tak hanya membuat khawatir para pembajak tetapi juga gamer original juga karena penambahan DRM, anti-tamper, dan program proteksi lainnya ditakuti akan membuat preservasi game terancam usai game sudah tidak dijual lagi.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Denuvo beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version