Desainer Deus Ex: “Game AAA Sekarang Hanya Begitu-Begitu Saja dengan Gambar Lebih Cantik”

in

Warren Spector merupakan game designer legenda dibalik game klasik seperti Deus Ex, System Shock, Wing Commander, Thief dan lain-lain. Untuk seseorang yang berawal sebagai desainer RPG, beliau selalu bereksperimen menggabungkan berbagai elemen ke gamenya. Kini beliau sedang sibuk dengan pengembangan System Shock 3 bersama studio indie Otherside Entertainment.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Saat diwawancarai oleh IGN, dia ditanyakan pendapatnya soal kondisi industri gaming sekarang ini khususnya pada game AAA serta apakah dia tertarik untuk kembali lagi kembangkan game kelas AAA. Dia dengan terbuka menjawab tidak tertarik untuk kembali ke AAA serta berikan pandangannya tentang game AAA sekarang ini.



“Wow… saya akan terlibat banyak masalah untuk katakan ini. Saya jujur kurang peduli soal masa depan industri game AAA. Menurut saya game AAA biayanya terlalu besar, timnya terlalu besar, resikonya terlalu tinggi hingga pada akhirnya kita selalu melihat game yang begitu-begitu saja hanya saja dengan gambar yang lebih cantik.”

Spector kemudian katakan dirinya lebih tertarik dengan perkembangan indie scene sekarang, dia percaya game indie saat ini lebih banyak ruang untuk developer kreatif dibandingkan AAA sekarang.

“Saya habiskan banyak waktu di GDC dan E3 melihati karya-karya indie. Menurut saya lebih banyak kreatifitas ditemukan di indie, membuat mereka kini jauh lebih baik dari biasanya.”

Spector menjelaskan jika developer indie kini miliki banyak cara untuk ciptakan game idaman mereka sendiri, berbeda dengan dulu yang masih terbatas dan sulit untuk yang bukan studio besar. Kini sudah banyak cara untuk membuat game mereka sendiri dan banyak cara untuk menarik perhatian audiens dengan game yang kamu buat. Dia ungkapkan juga jika dia bisa buat game idamannya yaitu Deus Ex karena untung-untungan, kini satu orang didalam garasi mobilnya bisa ciptakan game impian yang dia mau.

Warren Spector bersama John Romero (tengah) dan Tom Hall (Kiri) saat masih bersama Ion Storm – Studio Deus Ex

Diluar dari topik pembicaraan, dia juga ungkapkan ketertarikannya dengan game dari StudioMHDR – Cuphead. Melihat dirinya merupakan penggemar Disney dan juga telah melihat langsung game tersebut, dia tak sabar untuk mencoba langsung game yang keluar pada September mendatang ini.

Ini bukan kali pertama Warren Spector keluar pendapat serupa tentang game AAA. Satu tahun yang lalu, Spector pernah katakan “game saat ini tak ada perubahan drastis” kepada Gamasutra. Menurutnya game sekarang sudah capai di titik dimana game hanya memakai mekanik itu-itu saja dari game lama dengan visual yang lebih cantik. Pendapatnya mungkin subjektif, tapi melihat realitanya, pendapat yang dia keluarkan ada benarnya.

Source: IGN (Via Twininfinite)

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.