Dev. Cooking Mama: Cookstar Respon Isu Crypto-Mining dan Alasan Game Ditarik dari eShop

cooking mama coming home to mama 780x450 1

Pada beberapa hari terakhir, gamer Switch dikejutkan dengan rumor Cooking Mama: Cookstar miliki program mining cryptocurrency yang akhirnya menyebabkan game ditarik dari eShop. Dari konfirmasi beberapa gamer yang telah membeli lebih awal, game sebabkan Switch menjadi overheat dan baterai terkuras dengan sangat cepat. Untuk game dengan visual “berat”, hal tersebut wajar tetapi untuk game Cooking Mama yang hanya sekelas game Nintendo DS tetapi HD, hal tersebut tentu mencurigakan.

Dibanjiri pers buruk, salah satu anggota tim developer dari game berikan respon kepada Screenrant. Tanpa memberikan identitasnya, dia membantah rumor blockchain yang disangkut pautkan dengan game. Pers rilis yang berisikan ketertarikan studio dengan blockchain hanyalah basa-basi sang kepala studio yang ingin menarik perhatian investor di tengah viralnya cryptocurrency di tahun kemarin. Untuk masalah overheat dan baterai itu dikarenakan optimisasi yang belum rapi dari mereka.

“Pernyataan soal cryptocurrency hanyalah basa basi semata. Kepala studio Planet Entertainment tahu sangat sedikit akan hal itu… dia hanya menggunakan kata-kata mewah [saat pers rilis] untuk menarik perhatian calon investor yang senang akan hal semacam itu. Untuk masalah crash/overheat, itu dikarenakan game dibuat dengan Unity. Bagi banyak anggota tim yang kerjakan game ini sebagai game pertama mereka… game ini memang bukan produk yang terbaik tetapi setidaknya lulus review dari Nintendo dan Sony. Tak mungkin semacam crypto-mining dapat lulus tes tersebut. Saya juga ragu orang-orang yang berada di 1P (publisher) dapat melakukan hal itu.”

Lalu kenapa game ditarik dari eShop apabila crypto-mining tidak ada di dalam game? Developer menjelaskan bahwa ada miskomunikasi antara publisher, tim developer dan pemilik IP. Planet Entertainment dianggap telah merilis game diluar perintah dari pemilik IP, Office Create (Cooking Mama LTD).

Developer juga menjelaskan bahwa ada sempat ada perdebatan antara tim developer dan klien dari Office Create saat game dalam pengembangan. Ketika Office Create melihat game dirilis di eShop, mereka langsung menghubungi Nintendo untuk menarik game dan menghentikan produksi cartridge.

Bagaimana nasib dari game ini? Developer mengatakan bahwa dia sendiri tidak tahu pasti. Game direncanakan rilis dari bulan Maret kemarin tetapi karena konfrontasi dengan Office Create, seluruh produksi dan marketing dihentikan. Masa depan dari Cooking Mama: Cookstar masih dipertanyakan dan developer menutup pembicaraannya dengan Screenrant dengan “Sepengetahuan saya Planet Entertainment tengah menuntut Office Create yang sebabkan kerugian uang karena penghapusan game. Sulit untuk memastikan apakah [game] bakal benar-benar dirilis.”


Baca pula informasi lain terkait Cooking Mama beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version