Dev Microsoft Flight Simulator 2020 Habiskan Lima Tahun untuk Buat Ulang Bumi

in , ,
Bumi dan isinya dibuat ulang dalam waktu lima tahun.

Pengembangan video game memang tak semudah yang diduga. Tiap developer harus siapkan beberapa elemen penting yang wajib dibuat. Terlebih jika gamenya merupakan game 3D. Selain membuat model 3D yang cukup rumit, “memahat” dunia yang menjadi “mangkok”-nya juga merupakan tugas besar bagi para developer. Mangkok tersebut juga dibuat sesuai tujuannya masing-masing. Entah itu membuat dunia fiksi atau mereplika keadaan bumi seperti saat ini. Namun sepertinya dengan teknologi yang ada saat ini, mereplika bumi dan isinya akan membutuhkan waktu lima tahun. Setidaknya itulah yang dialami Asobo Studio dan Microsoft saat kembangkan Microsoft Flight Simulator 2020.

Berbicara dengan PCGamesN saat X019, Kepala Microsoft Flight Simulator 2020, Jorg Neumann mengatakan bahwa mereka butuhkan waktu lima tahun untuk replikasi bumi dan isinya. Neumann melanjutkan bahwa banyak sekali data visual yang mereka ambil dari seluruh dunia. “Banyak sekali kamera di angkasa, yang menyoroti mobilmu, dalam mobilmu, dalam lampu lalu-lintas, di manapun”, lanjutnya. Menurutnya, mereka juga memiliki data lain seperti tempat mana saja paus berada, di mana habitat badak, mobil, hingga kereta api. “Semua data sebenarnya bisa didapatkan gratis”, pungkasnya.


Ungkapan Neumann secara tak langsung indikasikan bahwa apapun yang kamu lakukan selalu diawasi dari atas sana. Baik dari satelit, maupun beberapa kamera yang ada. Menariknya, data tersebut disebarkan secara gratis, atau dalam bahasa pemrogramannya “open source”. Tak heran tim developer membutuhkan setidaknya data sebesar 2 Petabyte (sekitar 2,000 Terabyte) untuk kembangkan Microsoft Flight Simulator.

Dengan model pengerjaan yang seperti mereka lakukan, Neumann prediksi bahwa video game akan gunakan model open source bumi yang dibagikan secara gratis di masa depan.

Microsoft Flight Simulator 2020 akan dirilis kemungkinan besar tahun 2020 mendatang. Game garapan Asobo Studio yang juga akan dipublish oleh Microsoft sendiri tersebut, rencananya akan dirilis untuk PC dan Xbox One. Kamu bisa mengikuti kabar berita teranyar dari gamenya agar terus dapatkan update.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]