Developer CD Projekt Red Gunakan AI di Phantom Liberty Sebagai Pengganti Suara Voice Actor Ini

Developer Cd Projekt Red Gunakan Ai

Seperti kita tahu, Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu sistem yang kini cukup ngetren di kancah teknologi kekinian. Meski keberadaannya menuai pro dan kontra, AI masih bisa menjadi wadah untuk penggunanya dalam situasi dan kondisi tertentu.

Sebut saja developer CD Projekt Red, studio yang mengembangkan game populer Cyberpunk 2077. Karena baru – baru ini, mereka dikabarkan memakai teknologi tersebut sebagai pengganti suara salah satu Voice Actor yang telah dahulu.

Developer CD Projekt Red Gunakan AI untuk Pengganti Suara Mendiang Milogost Reczek Reczek

Milogost Reczek, pengisi suara karakter Victor Vektor

Melansir dari Bloomberg, CD Projekt Red menggunakan AI untuk menggantikan suara Milogost Reczek. Beliau adalah Voice Actor asal Polandia yang telah meninggal di tahun 2021 lalu.

Awalnya CDPR mempunyai pilihan untuk mencari pengganti dari Rezcek. Namun, hal itu tak jadi dilakukan lantaran perannya sebagai Victor Vektor dianggap luar biasa oleh developer di ekspansi Phantom Liberty.

Dan sebagai gantinya, CDPR menyewa seorang Voice Actor lalu menggunakan software suara yang berbasis di Ukraina bernama Respeecher. Perangkat ini dapat membuat algoritma yang akan mengubah dialog agar terdengar seperti suara Rezcek.

Sudah Meminta Izin dan Disetujui oleh Keluarga

Keputusan ini sudah dimintai izin dan disetujui oleh keluarga Rezcek

Sebelum pembuatan suara ini berlangsung, CD Projekt dalam interview Bloomberg berkata bahwa mereka telah menerima izin dari keluarga Reczek untuk melakukan hal tersebut.

Kedua belah pihak juga sempat mempertimbangkan untuk menggantikan Reczek dalam DLC Phantom Liberty dan merekam ulang dialognya. Namun setelah berdiskusi panjang, keduanya sepakat untuk tidak melakukannya.

Penggunaan AI untuk Suara Reczek di Phantom Liberty sendiri pun ditanggapi positif oleh keluarganya. Khususnya sang anak yang menganggap CDPR keren karena dapat “menghidupkan kembali” suara sang Ayah yang telah tiada.

Penggunaan AI yang disetujui ini merupakan salah satu contoh menarik dari penggunaan teknologi AI secara positif. Bagaimana menurut pendapatmu, Brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version