Developer Cities Skylines 2 Bantah Gigi NPC Jadi Biang Kerok Masalah Performa Game

Cities Skylines 2 NPC

Developer Cities Skylines 2 NPC – Cities Skylines 2 menjadi salah satu game PC paling diantisipasi bulan ini dengan popularitas game pertama yang sukses menjadi suksesor Sim City. Namun sayangnya versi rilis dari sekuel tersebut jauh dari optimal.

Masalah performa yang begitu serius bahkan dengan PC berspesifikasi tinggi membuat banyak gamer kesulitan untuk menikmati game tersebut khususnya ketika kota sudah menjadi luas.

Developer Cities Skylines 2 Bantah Gigi NPC Jadi Biang Kerok Masalah Performa Game

Memangnya gigi NPC bisa mempengaruhi performa game?

Salah satu “biang kerok” masalah performa ini menurut para gamer di internet ialah gigi dari tiap NPC di game. Banyak yang berasumsi bahwa render gigi yang tergolong detil yang muncul di semua NPC yang ada di kota memakan banyak kinerja PC yang alhasil membuat framerate terjun bebas dengan semakin banyak populasi kota.

Gigi NPC ini tetap di-render bahkan ketika kamera sudah zoomed out sampai di titik kamu tidak melihat orang lagi. Secara teknis, teori internet ini masuk akal tetapi pihak developer membantah kalau sumber permasalahan game datang dari hal tersebut.

Pernyataan Resmi Developer

Developer Cities Skylines 2 Bantah Gigi NPC Jadi Biang Kerok Utama Masalah Performa Game

Dilansir dari PC Gamer, Colossal Order mengakui bahwa LOD dari model NPC dan aset lainnya di game memang butuh peningkatan. Sebagai informasi, LOD (level of detail) merupakan istilah di mana game akan menentukan sebagai detil sebuah objek semakin jauh ia dari perspektif gamer.

Ketika objek berada jauh, maka seharusnya ia akan berkurang kualitas asetnya untuk memperingan performa game dan perlahan akan bertambah detil ketika pemain mendekati objek tersebut.

Kembali ke kasus Cities Skylines 2, Colossal Order klaim jika memang benar LOD dapat pengaruhi performa game, tetapi untuk game ini, ada banyak hal lain ketimbang sekedar gigi NPC.

Cities Skylines 2

“Untuk keseluruhan masalah LOD, ya, benar kalau LOD menjadi salah satu masalah yang kami tengah urus dan dipercaya pengaruh performa game. Ya, karakter game kami punya gigi. Tidak, gigi mereka tak pengaruhi performa sesignifikan yang kami percaya,” jelas developer kepada PC Gamer.

Colossal Order

Pada akhirnya, CO menjelaskan bahwa pengembangan game itu adalah proses yang rumit dan aneh, dan terkadang sebuah permasalahan tak datang dari satu atau dua hal saja.

Mungkin menjadi pertanyaan sendiri bagi gamer mengapa NPC yang mondar-mandir di game city-builder perlu miliki gigi yang cukup detil? CO tidak jelaskan secara detil apa alasan di balik hal tersebut, tetapi mereka berkata bahwa itu akan ‘relevan’ sewaktu-waktu.

Ada kemungkinan bahwa keberadaan gigi di NPC ini akan dihubungkan dengan ekspansi bertentangan dengan sistem kesehatan kota, dan gigi tersebut akan memperlihatkan informasi kesehatan gigi dari NPC. Namun lagi-lagi, belum dapat dipastikan apa yang direncanakan oleh developer.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Cities Skylines beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version