Mantan Developer Metroid Prime Original Kecewa Namanya Absen di Credits Versi Remaster

Developer Metroid Prime header

Developer Metroid Prime – Metroid Prime menjadi salah satu game terbaik di Nintendo Gamecube dan dikenang oleh banyak gamer. Game yang pertama kali dirilis pada tahun 2002 tersebut pertama kali dirilis ulang ke Wii sebelum akhirnya dapatkan remaster untuk Nintendo Switch pada pekan ini.

Dicap sebagai salah satu game FPS terbaik sepanjang masa, tentunya semua developer yang terlibat dalam pengembangan game tersebut ingin nama mereka tercantum di bagian credits game, termasuk di versi remaster yang di mana tim lama belum tentu dilibatkan kembali.

Developer Metroid Prime Versi Original Protes Namanya Tak Masuk di Remaster

Developer Metroid Prime versi original protes namanya tak tercantum di Remaster

Zoid Kirsch, senior gameplay engineer dari Metroid Prime dan Metroid Prime 2 di Gamecube ungkapkan kekecewaannya ketika mengetahui versi Remaster tidak menyebut namanya dan rekan-rekannya sama sekali.

Versi remaster meringkas bagian tim-tim lama dalam pengembangan versi original dengan hanya menyebut “Berdasarkan karya staf pengembang Metroid Prime dari Nintendo Gamecube dan Wii.”

“Saya berkerja dengan banyak orang hebat di game ini dan semua nama mereka seharusnya dimuat di [versi] remaster, tak hanya satu kartu seperti ini,”

Protes dari Kirsch didukung oleh Jack Mathews, yang merupakan technical lead engineer dari dua game pertama dan juga principal engineer di game ketiga. Dia merasa kecewa khususnya dengan kode-kode di versi remaster masih begitu mirip dengan yang dibuat pada versi original yang di mana orangnya sudah tidak lagi berkerja di Retro Studios.

Pentingnya Credits untuk Developer Game

Metroid Prime

Ini bukan kali pertama permasalahan game credits dibahas, tetapi pada akhirnya perusahaan lebih memilih jalan pintas ketimbang menyebut satu persatu orang yang terlibat dalam suatu proyek.

Dalam aturan yang diatur dalam International Game Developers Association (IDGA), semua developer harus dimuat dalam credits sebuah game dengan minimal kontribusi 30 hari atau sekitar 5% dari keseluruhan proyek.

Namun hal tersebut masih menjadi tanda tanya ketika dihubungkan dengan remaster game lama yang tak jarang melibatkan kelompok baru ketimbang orang-orang lama yang sedang sibuk kembangkan proyek lain atau bahkan sudah tidak berkerja lagi di perusahaan tersebut.

Credits di dalam game tak hanya ditujukan sebagai kebanggaan melihat nama Anda termuat dalam suatu proyek, tetapi juga sebagai bukti portofolio ketika ingin meningkatkan prospek karir seseorang.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Metroid Prime beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version