Dianggap Spyware, Genshin Impact Berikan Update Terhadap Anti-Cheatnya

in , , , , ,
Genshin Impact Xiao

Game terbaru dari miHoYo – Genshin Impact mungkin masih berumur beberapa hari setelah resmi dirilis kemarin. Namun animo yang besar ternyata diperlihatkan oleh para gamer di seluruh dunia baik yang menggunakan PC, PlayStation 4, Nintendo Switch, maupun mobile. Namun disamping viralnya game ini, ternyata banyak rumor yang mengatakan bahwa game ini disisipi oleh Spyware.

Hal ini sendiri bermula dari para pemain Genshin Impact di PC yang mendapati bahwa ketika mereka memainkan gamenya di PC mereka, aplikasi pihak ketiga bernama “mhyprot2” langsung otomatis berjalan. Dan yang membuat kecurigaan ini naik adalah aplikasi ini akan terus berjalan meskipun gamenya ditutup ataupun PC/laptop yang dimainkan di-restart, bahkan setelah gamenya dihapus dari PC.

Para pemain pun langsung ramai membawa temuannya ini ke forum-forum maupun media sosial karena menganggap aplikasi tersebut adalah spyware yang dimasukkan bersamaan dengan game Genshin Impact. Meskipun belum jelas juga apakah aplikasi serupa juga dialami oleh para pemain dari platform lain selain PC.

Genshin Impact Mhyprot2
Mhyprot2 yang diyakini sebagai spyware

Langkah cepat kelihatannya langsung diambil oleh miHoYo yang langsung memberikan klarifikasi lewat postingan blog resminya yang langsung menjelaskan bahwa aplikasi tersebut bukanlah spyware, melainkan aplikasi anti-cheat. Dan setelah beberapa jam mereka pun memberikan update yang mengumumkan bahwa masalah tersebut telah diperbaiki oleh mereka dan aplikasi anti-cheat tersebut juga akan langsung berhenti ketika keluar dari gamenya.

Cukup aneh memang untuk melihat miHoYo mengimplementasikan anti-cheat untuk Genshin Impact yang notabene merupakan game single-player PvE yang tidak akan merugikan pemain lain. Namun mungkin ini juga merupakan langkah preventif dari miHoYo agar tidak ada pemain yang mengeksploitasi hal apapun dalam gamenya yang bisa merusak pengalaman bermainnya.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Genshin Impact atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at author@gamebrott.com

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at galihka@gamebrott.com