Diduga Harga PlayStation Store Tak Adil, Sony Segera Hadapi Persidangan

Harga Playstation Store Featured

Sony sepertinya harus menghadapi tuntutan yang cukup besar dalam waktu dekat. Perusahaan tersebut dikabarkan segera hadapi tuntutan sebesar 7,9 Miliar US Dollar oleh warga Inggris.

Sony Interactive Entertainment (SIE) sendiri sebelumnya memang mendapatkan tuntutan pada tahun lalu dimana mewakili sekitar 9 juta orang di Inggris yang telah berbelanja game digital dan add-on di PlayStation Store.

Tuntutan Anggap Harga PlayStation Store Tak Adil?

Sidang Dengan Nilai Tuntutan Fantastis

Dilansir dari Reuters, Tuntutan ini berasal dari Alex Neill yang mengadvokasi dan membawa tuntutan ini melawan Sony. Evaluasi dari tuntutan tersebut bernilai hingga 6,23 Miliar US Dollar ditambah dengan nilai lainnya.

Pengacaranya juga menyebutkan estimasi kerusakan diperkirakan bisa mencapai 7,8 Miliar US Dollar pada pengisian data persidangan bulan lalu. Nilai ini bisa dikatakan cukup fantastis jika sidang berlangsung.

Dirinya mengatakan bahwa perusahaan tersebut semena-mena karena posisi dominan mereka yang mengharuskan game digital dan add-on harus dibeli dan dijual hanya melalui PlayStation Store, yang juga telah mematok komisi 30% untuk para Publisher dan Developer.

Klaim tersebut menduga bahwa konsumen harus membayar harga yang lebih tinggi untuk game serta konten-konten add-on ketika membeli pada platform digital dari Sony untuk PlayStation tersebut.

Persidangan Dapat Dilanjutkan, Pengacara Sony Berikan Respon

Sidang Disetujui

Pengacara dari pihak Sony memberikan Argumen mengenai tuntutan ini. Dirinya menganggap tuntutan tersebut cacat dari awal hingga akhir dan sebaiknya dibuang saja atau tidak dilanjutkan.

Competition Appeal Tribunal (CAT) Inggris telah menyatakan bahwa tuntutan dari Neill bisa dilanjutkan. Namun orang-orang yang telah berbelanja di PlayStation Store setelah tuntutan dilaporkan pada tahun 2022 lalu harus dicabut dari sisi penuntut.

Neil sendiri mengatakan pada beberapa hari lalu “Ini adalah langkah pertama untuk meyakinkan konsumen agar mendapatkan kembali hak – hak mereka”. Sony sendiri masih belum memberikan respon mengenai persidangan ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version