Dijamin Hampir Tidak Mungkin Dibajak, Proteksi ini Siap Gantikan Denuvo?


Angin-anginan mungkin kata yang tepat untuk proteksi game PC – Denuvo yang selama terus berusaha melindungi banyak video game dari serangan para cracker, yang nyatanya sering dimenangkan oleh para cracker. Disinilah akhirnya salah satu proteksi baru muncul dengan menjamin bahwa proteksi yang ia tawarkan kepada game PC yang nantinya menggunakan mereka hampir tidak mungkin dibajak karena menggunakan teknologi yang berbeda dari apa yang digunakan oleh DRM (Digital rights management) seperti Denuvo.

Nulis artikel dibayar

Proteksi baru ini bernama Valeroa, mereka sendiri bisa terbilang sebagai “anak baru” dimana untuk game pertama yang mereka proteksi adalah City Patrol: Police, sebuah game indie buatan Caipirinha Games yang baru saja dirilis versi full-nya di Steam. Game ini sendiri bukanlah game yang punya hype kuat, sehingga kelihatannya agak skeptis untuk melihat bahwa akan banyak para gamer tani yang menginginkan game ini untuk terbobol, terlebih dengan harga yang relatif sudah cukup murah.

BACA JUGA  Sudah Rilis, Jumlah Pemain Halo: The Master Chief Collection Langsung Viral di Steam
Game City Patrol: Police yang dirpoteksi oleh Valeroa pertama kali

Kembali ke Valeroa, seperti yang dibilang sebelumnya bahwa proteksi yang mereka tawarkan sendiri bukanlah DRM yang dapat mempengaruhi performa karena adanya “aplikasi tambahan” yang berjalan, namun merupakan sebuah “anti-tamper” yang akan menjaga DRM yang telah ada, dalam kasus ini adalah Steam agar sulit dimodifikasi oleh para cracker.

Dalam FAQ mereka sendiri menuliskan bahwa mereka menjamin proteksi ini akan lebih sulit dijebol, namun akan lebih baik dari proteksi yang lain karena tidak akan mempengaruhi performa karena proteksi tidak terus-terusan berjalan, namun hanya berjalan ketika game dinyalakan, ataupun “loading level”. Dan tidak seperti DRM mereka tidak membutuhkan koneksi internet konstan untuk bermain, tidak terus-terusan memaksa hardisk untuk memperbarui data yang ada.

BACA JUGA  Seorang Pengguna Steam "Biasa" Berhasil Buat AI Pembasmi Cheater CS:GO, 15 Ribu Lebih Pemain Berhasil Dibanned

Sayangnya mereka sendiri menuliskan bahwa proteksi yang mereka tawarkan akan menjadi lebih mudah untuk dijebol setelah periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dan merekai tidak memiliki masalah dengan kelompok-kelompok atau individu terorganisir yang menjebol Valeroa ketika perlindungannya melemah. Dan tidak akan mempermasalahkan para pemain tani yang memainkan game yang mereka lindungi. Kira-kira apakah Valeroa akan berhasil menggantikan Denuvo nantinya, atau ia akan menjadi bahan candaan para cracker seperti CPY dan Codex?

BACA JUGA  CDPR Tak Gentar Half-Life: Alyx bisa Saingi Cyberpunk 2077

jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya terkait Denuvo atau artikel-artikel tidak umum lainnya dari Galih K.A.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item