Dijamin Hampir Tidak Mungkin Dibajak, Proteksi ini Siap Gantikan Denuvo?

afesa

Angin-anginan mungkin kata yang tepat untuk proteksi game PC – Denuvo yang selama terus berusaha melindungi banyak video game dari serangan para cracker, yang nyatanya sering dimenangkan oleh para cracker. Disinilah akhirnya salah satu proteksi baru muncul dengan menjamin bahwa proteksi yang ia tawarkan kepada game PC yang nantinya menggunakan mereka hampir tidak mungkin dibajak karena menggunakan teknologi yang berbeda dari apa yang digunakan oleh DRM (Digital rights management) seperti Denuvo.

Proteksi baru ini bernama Valeroa, mereka sendiri bisa terbilang sebagai “anak baru” dimana untuk game pertama yang mereka proteksi adalah City Patrol: Police, sebuah game indie buatan Caipirinha Games yang baru saja dirilis versi full-nya di Steam. Game ini sendiri bukanlah game yang punya hype kuat, sehingga kelihatannya agak skeptis untuk melihat bahwa akan banyak para gamer tani yang menginginkan game ini untuk terbobol, terlebih dengan harga yang relatif sudah cukup murah.

Game City Patrol: Police yang dirpoteksi oleh Valeroa pertama kali

Kembali ke Valeroa, seperti yang dibilang sebelumnya bahwa proteksi yang mereka tawarkan sendiri bukanlah DRM yang dapat mempengaruhi performa karena adanya “aplikasi tambahan” yang berjalan, namun merupakan sebuah “anti-tamper” yang akan menjaga DRM yang telah ada, dalam kasus ini adalah Steam agar sulit dimodifikasi oleh para cracker.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Dalam FAQ mereka sendiri menuliskan bahwa mereka menjamin proteksi ini akan lebih sulit dijebol, namun akan lebih baik dari proteksi yang lain karena tidak akan mempengaruhi performa karena proteksi tidak terus-terusan berjalan, namun hanya berjalan ketika game dinyalakan, ataupun “loading level”. Dan tidak seperti DRM mereka tidak membutuhkan koneksi internet konstan untuk bermain, tidak terus-terusan memaksa hardisk untuk memperbarui data yang ada.

Sayangnya mereka sendiri menuliskan bahwa proteksi yang mereka tawarkan akan menjadi lebih mudah untuk dijebol setelah periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dan merekai tidak memiliki masalah dengan kelompok-kelompok atau individu terorganisir yang menjebol Valeroa ketika perlindungannya melemah. Dan tidak akan mempermasalahkan para pemain tani yang memainkan game yang mereka lindungi. Kira-kira apakah Valeroa akan berhasil menggantikan Denuvo nantinya, atau ia akan menjadi bahan candaan para cracker seperti CPY dan Codex?


jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya terkait Denuvo atau artikel-artikel tidak umum lainnya dari Galih K.A.

Exit mobile version