YouTube Minta Pengguna Non-Premium Nonaktifkan Ad Block di Eksperimen Terbaru

Nonaktifkan Ad Block

Platform media video terbesar di dunia yaitu YouTube sepertinya tengah menguji coba sebuah fitur baru dimana pengguna YouTube yang bukan Premium diminta untuk menonaktifkan Ad block demi bisa menonton video di platform tersebut.

Hal ini merupakan salah satu cara yang tengah ditempuh oleh Google dalam menaikkan bisnis iklan mereka. Kehadiran Ad block ini dinilai Google mengurangi pendapatan mereka karena pengguna memblokir iklan dari video YouTube mereka.

Eksperimen YouTube Terbaru Minta User Non-Premium Nonaktifkan Ad Block

YouTube eksperimen blokir ad block

Informasi eksperimen ini datang dari subreddit YouTube oleh user sazk100 yang memberikan informasi terkait YouTube meminta pengguna non-premium untuk mematikan ad block mereka untuk lanjut menonton video atau pilihan alternatifnya adalah berlangganan YouTube Premium.

Informasi ini dikonfirmasi adalah benar dan menurut sumber lainnya mengatakan juru bicara YouTube memberikan pernyataan mereka memang sedang melakukan pengetesan fitur blokir ad block pada beberapa tes skala kecil secara global.

Youtube tawarkan fitur Premium

Untuk saat ini masih dalam tahap eksperimen dan belum ada kejelasan apakah akan diimplementasi secara live untuk semua pengguna. Mengingat YouTube sendiri melabeli kejadian ini sebagai eksperimen saja.

YouTube Ad Blocker Masih Jadi Solusi Utama Sebagian Besar User

Ad block masih jadi primadona untuk pengguna non-premium

Kejadian ini menimbulkan berbagai kekesalan pada pengguna. Seperti yang dibahas di subreddit YouTube itu, banyak pengguna yang menganggap iklan di YouTube terlalu mengganggu dan intrusif. Banyak yang berargumen jika iklan yang tidak bisa di-skip jumlahnya semakin banyak.

Hal inilah yang menjadikan banyak pengguna yang beralih gunakan YouTube Ad block untuk hindari iklan tidak hanya di YouTube saja namun di berbagai website juga. Memang iklan yang dipasang Google ada dimana-mana dan Google sendiri di tahun 2022 mendapatkan revenue sebesar 224,47 miliar dollar AS menurut situs Statista.

Apapun itu, usaha Google melawan ad block ini mungkin tidak akan semudah ini dan pengguna akan mencari alternatif lain dalam waktu dekat begitu fitur blokir ad block ini diimplementasikan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version