Apple Kini Izinkan Emulator Game di App Store

Emulator Game App Store

Emulator Game App Store – Berbeda dengan sistem operasi Android yang dapat dikatakan lebih “bebas” dalam hal perizinan aplikasi, perusahaan Apple justru sebaliknya. Contohnya seperti program emulator game yang sebelumnya dilarang masuk App Store.

Alasannya mungkin karena legalitas emulator yang hingga kini masih menjadi perdebatan dan perusahaan Apple sendiri dikenal memiliki peraturan platform yang ketat. Meski begitu, baru-baru ini terdapat kabar mengejutkan bahwa Apple akhirnya izinkan aplikasi emulator untuk tersedia di App Store.

Apple Izinkan Aplikasi Emulator Game di App Store

Wah, tumben Apple kasih izin emulasi game di App Store. Ada apa ini?

Melalui update terbaru, Apple mengkonfirmasi bahwa bahwa platform App Store kini telah mengizinkan “aplikasi emulator game konsol retro”. Meski begitu, perusahaan juga menegaskan bahwa developer harus bertanggung jawab atas konten dari emulator. Selain itu, aplikasi juga harus patuh terhadap legalitas sesuai hukum setempat.

Diizinkannya software emulasi game di platform milik Apple sepertinya terjadi karena adanya dorongan dari dua pihak, yakni pengguna dan pemerintah EU. Dimana sebelumnya pengguna iOS harus melakukan jailbreak untuk menjalankan emulator.

iPhone

Sedangkan pemerintah EU kini mewajibkan setiap smartphone untuk mengizinkan pemasangan app store pihak ketiga. Sehingga tentu Apple harus tetap patuh agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya.

Bukan Hanya Emulator Saja

Ada apa dengan Apple?

Sebelumnya terdapat perseteruan antara pihak Apple dengan Epic Games yang melarang Fortnite untuk masuk ke App Store. Hal tersebut terjadi karena di dalam game pemain dapat melakukan transaksi pihak ketiga, yang merupakan peraturan yang dilarang oleh Apple.

Namun tiba tiba saja Fortnite kembali hadir di App Store yang dikonfirmasi langsung oleh CEO Epic Games yakni Tim Sweeney. Diduga bahwa diizinkannya game serupa dengan hadirnya emulator, yakni karena peraturan di wilayah EU setempat.

Karenanya, hingga kini Fortnite versi iOS hanya tersedia di wilayah Eropa saja dan belum diketahui apakah akan tersedia untuk region lainnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Apple serta artikel terkini dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version