Emulator PS4, Spine Tengah Dikembangkan; Sudah Bisa Jalankan Game

in , ,
Emulator baru PS4 berikut sudah bisa jalankan game PS4.

Sejak diumumkannya Orbital sebagai emulator PS4 pertama di dunia, persaingan antar developer emulator PlayStation 4 rupanya semakin menjadi. Sama seperti emulator console terdahulu, beberapa developer mulai membuat emulatornya sendiri. Sebut saja GPCS4 yang sudah bisa menjalankan gamenya sendiri. Namun, nampaknya mereka juga akan kedatangan pesaing baru yang terlihat justru lebih mumpuni.

Adalah Spine, sebuah emulator PS4 baru yang mampu menjalankan beberapa game klasik seperti Shovel Knight, Odin’s Sphere, dan yang lain di awal debutnya. Saat ini Spine mampu merender beberapa gambar 2D dan 3D. Meskipun dengan beberapa masalah, salah satunya adalah framerate.


Berbeda dengan emulator lain seperti Orbital dan GPCS4 yang dikembangkan untuk Windows, Spine secara eksklusif dikembangkan untuk Linux. Setidaknya untuk saat ini.

Developernya dengan user Reddit devofspine (thanks wccftech), menjelaskan bahwa ia mengerjakan emulatornya setiap hari. Ia mengaku bahwa 30 dari 20 game yang ditunjukkan dalam video di atas telah mampu dijalankan meskipun dengan beberapa masalah. Sementara 150 game hanya mampu dijalankan hingga intro-nya saja dan 80 game tidak bisa dijalankan sama sekali.

Spine disebut takkan dirilis tahun ini. Developernya saat ini berencana untuk merilis demonya, namun menunggu agar Spine bisa menjalankan game 3D. “Aku masih belum sampai level itu”, imbuhnya.


Baca lebih lanjut tentang Spine, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.