Emulator RetroArch Kini Bisa Menerjemahkan Tulisan Bahasa Jepang di Dalam Game

in ,
Courtesy: Kotaku

Masih ingat dengan emulator game-game retro yang konon disebut serba bisa ini ? Dibalik fungsinya yang dapat mengemulasikan game-game dari beragam konsol jadul, RetroArch ternyata punya dedikasi yang sangat besar dalam memberikan kemudahan bagi para gamer-gamer penikmat nostalgia.

Melalui update RetroArch versi 1.7.8, emulator ini baru saja menambahkan suatu fitur anyar yang cukup revolusioner. Khususnya apabila sebagai gamer, kamu masih memendam rasa penasaran ketika memainkan game-game yang hanya rilis dalam versi jepang saja.

 

Ya, kini mereka mulai dapat memuat suatu fitur untuk mentranslasikan segala macam tulisan bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris saat sedang bermain. Menariknya, mereka telah menyiapkan 2 macam bentuk mode untuk ini, yaitu:

  1. Dengan menggunakan sistem AI yang dapat menuturkan langsung tulisan bahasa Jepang ke bahasa Inggris (text-to-speech).
  2. Dengan menampilkan hasil bentuk translasi yang menggantikan tulisan Jepang di dalam game (gamenya akan terpause sebentar demi memuat hasil translasi).

Harus diakui, hasil penerjemahannya memang masih belum mendekati sempurna. Akan tetapi, setidaknya fitur unik tersebut memiliki potensi yang cukup menjanjikan di masa-masa mendatang, terutama ketika direncanakan siap rilis di Steam pada sekitaran tahun ini.

Bentuk penerjemahan dalam format gambar

Emulator RetroArch sendiri bisa kamu coba secara cuma-cuma melalui link berikut. Sedangkan cara-cara untuk menggunakan sistem penerjemahannya dapat kamu lihat di sini.

Sumber: Kotaku


Baca pula informasi lain terkait Emulator, beserta dengan kabar-kabar menari seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]