Facebook Diketahui Mengumpulkan Data User untuk Generative AI

Facebook Generative AI

Facebook Generative AI – Persaingan antar raksasa tekno di sektor kecerdasan buatan tampaknya kian memanas saja. Hal tersebut dibuktikan salah satu media sosial terbesar, Facebook mengumpulkan data user untuk mengembangkan generative AI. Entah apa tujuannya, tentunya hal ini akan menarik untuk kita bahas bersama.

Facebook Mengumpulkan Data User secara Diam-diam?

Mark dan upayanya mengumpulkan data user secara diam-diam

Kami merasa bukan rahasia bahwa media sosial merupakan platform yang seringkali kumpulkan data dari para user untuk bermacam tujuan. Mulai dari analisa perilaku, penargetan iklan, sampai pengembangan fitur, yang semuanya berdasarkan perilaku dari user pada platform terkait.

Walau demikian, tidak sedikit user yang kurang setuju dengan implementasi teknologi tersebut dikarenakan berpotensi untuk menimbulkan kekhawatiran privasi dan potensi pemanfaatan data user secara tidak etis.

Parahnya, hal inilah yang tengah terjadi, brott. Karena baru-baru ini kami temukan Facebook mengumpulkan data user secara diam-diam, entah apa tujuannya.

Berdasarkan laman resminya terkait ‘Generative AI Data Subjects Rights’ yang bisa kalian baca di sini, dikatakan media sosial tersebut tengah berusaha memantau perilaku user. Tidak hanya di Facebook, platform lain yang dimiliki oleh Meta semacam Threads dan Instagram pun berlakukan hal serupa.

Facebook mengumpulkan data para user untuk kembangkan AI

Tidak hanya itu, tidak lupa Facebook juga menyertakan informasi yang menjelaskan terkait apa-apa saja data yang mereka kumpulkan, mulai dari aktivitas user, informasi yang kalian berikan, pertemanan, follower, aplikasi yang digunakan, sampai perangkat yang dipakai demi memberikan iklan yang relevan.

Ringkasan informasi yang dikumpulkan oleh Facebook

Namun, ternyata usaha Facebook mengumpulkan data user tidak berhenti sampai di situ saja, karena perusahaan tersebut kini dilakukan untuk memberi pelatihan generative AI yang mereka kembangkan, entah apa tujuan sebenarnya.

Facebook Generative AI Harus Dinonaktifkan Secara Manual?

Meski dihadapkan fakta mengerikan di mana Facebook mengumpulkan data user untuk generative AI tersebut, untungnya kita selaku user masih bisa menonaktifkannya, namun secara manual.

Melayangkan keberatan atas informasi yang dikumpulkan diam-diam

Di antara kalian mungkin akan berkomentar cukup pilih opsi kedua untuk menonaktifkan pengumpulan data yang membantu Meta dalam kembangkan AI, isi semua data yang dibutuhkan, dan tekan Send, namun ternyata tidak semudah itu, brott!

Gak semudah itu, brott!

Penulis coba menolak izin pengumpulan data yang dilakukan oleh Facebook, dan ternyata hasilnya kurang memuaskan. Di mana Facebook saat ini ‘masih’hanya’ meninjau terkait permintaan penolakan izin pengumpulan data yang mereka lakukan, tanpa memberi solusi pasti.

Terlihat tidak ada jawaban pasti dari Facebook, dan kini penulis diarahkan untuk membaca terkait generative AI di sini.

Upaya Meta dalam mengembangkan generative AI untuk bisa bersaing?

Gimana menurut kalian terkait hal ini, brott? Apakah kalian rela data kalian digunakan untuk kepentingan pengembangan AI atau justru tidak segan untuk memberikannya? Yuk, bagikan komentar kalian!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version