10 Fakta Resident Evil 4 Remake yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Main

Fakta Resident Evil 4 Remake

Fakta Resident Evil 4 RemakeResident Evil 4 Remake yang baru rilis ini sepertinya masih menjadi salah satu game yang sangat dinantikan oleh gamer. Tidak salah bila gamer memang seantusias itu, mengingat versi originalnya yang hadir tahun 2005 lalu digadang sebagai salah satu seri RE terbaik. Tentu ekspektasi gamer pada versi remake kali ini cukup tinggi.

Tentu saja hal ini dipahami oleh Capcom dalam meremake game tersebut dan berusaha untuk tidak mengubah terlalu banyak game yang sangat dicintai oleh fansnya ini. Walau secara garis besar tidak banyak berubah, tetap saja ada beberapa fakta menarik dari segi pembuatan hingga mekanisme gameplay.

Penasaran? Tenang, artikel kali ini akan membahas seputar beberapa fakta menarik biar kalian semakin nyaman memainkan game yang sudah lama ditunggu-tunggu versi remakenya ini.

Fakta Resident Evil 4 Remake yang Wajib Diketahui

Fakta menarik RE4 Remake

Berikut ini fakta Resident Evil 4 Remake:

1. Dikerjakan Langsung oleh Divisi 1 Capcom

Dikerjakan langsung oleh tim inti Capcom

Cara untuk melihat seberapa niat Capcom pada proyek Remake kali ini adalah dari jajaran stafnya. Resident Evil 4 Remake di-handle langsung oleh Divisi 1 yang tentu kita tahu isinya adalah sosok yang berpengalaman di dunia RE. 

Sebut saja Yasuhiro Ampo dan Kazunori Kadoi yang kali ini menjabat sebagai sutradara bukanlah nama yang asing. Apalagi Ampo yang sebelumnya memang memegang RE2 Remake dan RE3 Remake. Jadi tentu mereka paham betul seluk beluk apa yang menjadikan Resident Evil 4 original digemari fans.

2. Seperti Seri Remake Lainnya, Combat Mengalami Modernisasi

Combat diubah agar lebih modern

Tidak hanya grafik, seperti Remake seri sebelumnya, combat juga mengalami modernisasi biar menyesuaikan dengan game zaman sekarang. Seperti penggunaan crosshair untuk menggantikan laser sight pada setiap senjata. Tapi, bagi fans yang menginginkan pengalaman seperti versi original, Capcom juga menyertakan laser sight sebagai attachment dan bisa didapatkan di awal-awal game.

Dari sisi musuh sendiri juga mengalami perubahan dan Ganados kini jadi lebih agresif serta berbahaya. Player juga bisa memanfaatkan kondisi sekitar dalam melawan Ganados seperti objek yang dapat terbakar serta barricade pintu dan jendela. QTE juga diminimalisir dikarenakan gameplay sejenis itu sudah tidak lagi relevan.

3. Model Character Ashley Graham Jadi Lebih Cakep

Ashley Graham jadi lebih cakep

Karakter Ashley adalah salah satu yang durasi kehadirannya paling panjang dalam game selain Leon. Uniknya, putri mantan Presiden AS ini mengalami perubahan yang cukup drastis bila dibandingkan dengan versi originalnya.

Tidak hanya jadi lebih cakep, Ashley juga bisa hadir berkat 4 orang wanita yang menyumbangkan kontribusinya pada pembentukan karakter ini. Model wajah Ashley mengambil dari wajah seorang model asal Belanda yang kini tinggal di Jepang yaitu Ella Freya.

Sedangkan PeachMilky atau Sophie adalah yang bertugas untuk  menjadi model karakter dari Ashley. Sedangkan Genevieve Buechner dan Akari Kito mengisi suara untuk dubbing bahasa Inggris dan bahasa Jepang karakter tersebut.

4. Mekanik Ashley Lebih Fleksibel dan Mandiri

Ashley kini lebih mandiri

Dalam artikel sebelum ini kami juga sudah sedikit menjelaskan jika Ashley di versi Remake kali ini punya mekanik yang sedikit dipoles. Jika dulu kita bisa menyuruh Ashley untuk terus mengikuti Leon, diam di tempat, atau bahkan bersembunyi hingga kondisi aman. Kali ini pilihan hanya tersisa dua dan perintah ‘sembunyi’ sudah dihilangkan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sebagai gantinya Health bar Ashley kini dihilangkan dan player atau dalam hal ini Leon harus selalu mengecek kondisi Ashley. Bila dia terkena damage, kini dia akan jatuh tersungkur dan perlu dibangkitkan agar tidak terjadinya Game Over.

5. Variasi Musuh Jadi Lebih Banyak

Makin banyak variasi Ganados

Salah satu mekanik yang mengalami perubahan di Resident Evil 4 Remake kali ini adalah dari sisi Ganado. Dimana tampilan Ganado didesain lebih mengerikan dan begitu parasit Plaga mencuat dari tubuh, terlihat lebih gore.

Tidak hanya itu, variasi Ganado juga dibuat lebih banyak dan menjadinya berbagai miniboss yang tersebar di seluruh penjuru peta. Jadi jangan kaget jika kalian bisa menjumpai varian mini boss yang ukurannya lebih besar dan lebih sering dijumpai.

6. Pertarungan dengan Krauser

Melawan Krauser tidak lagi secara QTE

Jika kalian mengingat pertarungan dengan Krauser di seri originalnya terkesan membosankan karena isinya hanya cutscene dan QTE, di Resident Evil 4 Remake kali ini kalian bisa mencicipi bagaimana rasanya melawan Krauser secara langsung. Dan lebih kerennya lagi, kalian akan bertemu dengan karakter antagonis ini dua kali di dua chapter yang berbeda.

7. Semakin Banyak Barang yang Bisa Ditukarkan dengan The Merchant

Merchant menerima lebih banyak barang

Selain sama saja masih menyisakan misteri siapa si Merchant ini, ternyata ada yang ditambahkan yaitu kini kalian bisa menukarkan jewel dengan herba kuning, treasure maps, dan weapon attachment. Jadi tidak hanya membeli weapon seperti yang biasa dilakukan pada versi original, kini kalian makin punya banyak variasi ketika bertemu kembali dengan the Merchant.

8. Story Mayoritas Tetap Sama Namun Sedikit Berbeda

Pertemuan dengan Luis Sera

Secara garis besar jalan cerita di Resident Evil 4 Remake akan sama seperti seri original. Namun jika kalian sudah sedikit memainkan di awal chapter tentu sadar ada beberapa bagian yang tampaknya sengaja dibuat berbeda atau ditambah oleh Capcom seperti pada adegan Luis Sera.

Biar tidak spoiler, kalian boleh mencicipinya sendiri. Soal desain karakter sendiri tentu dibuat agar penampilannya lebih modern dan tidak ada cara untuk mengubahnya (kecuali lewat mod yang sedang populer sekarang).

9. Balance Antara Nostalgia dan Elemen Modern

Desa di RE4 Remake

Capcom sepertinya paham jika mereka melakukan jiplak secara langsung desain dunia versi original ke Remake kali ini tentu tidak akan berhasil. Maka mereka harus memikirkan bagaimana bisa menarik kedua demografi baik gamer lawas dan gamer yang baru mencoba RE4 lewat seri Remake.

Mengutip dari wawancara Vice dengan developer di Capcom, sang Produser Yoshiaki Hirabayashi mengatakan mereka ingin mencari sweetspot antara elemen nostalgia dan modern. Mereka memiliki filosofi “membawakan game lama ke pemain sekali lagi” ketika merancang seri Remake kali ini.

10. Wrestler Leon Suplex Hadir Juga di Resident Evil 4 Remake

Leon suplex kembali hadir

Jika ada satu move yang sering diingat di versi original mungkin kalian akan menjawab gerakan Leon melakukan suplex. Berita baiknya, gerakan tersebut masih dimasukkan ke versi Remake. Masih mengutip wawancara dengan produsernya, gerakan seperti ini memang ditujukan sebagai salah satu cara menghilangkan ketegangan. Apalagi perasaan yang menyenangkan membanting musuh ke tanah ketika dia ingin menyerang kita.

Jadi itulah 10 fakta Resident Evil 4 Remake buat kalian yang tidak tidak sabar ingin mencoba. Coba beritahu apa saja yang kalian temukan perbedaannya dengan versi original ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Resident Evil 4 RemakeResident Evil atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version