Firaxis Games Umumkan PHK Pegawai Setelah Game Midnight Suns Kurang Laku

Firaxis Games Umumkan PHK Pegawai

Studio game dibalik game strategi populer Sid Meier’s Civilization, XCOM, dan baru-baru ini Marvel’s Midnight Suns yaitu Firaxis mengumumkan kalau mereka sedang melakukan PHK beberapa developer atau karyawan mereka.

Hal ini bisa saja berimbas dari game terbaru mereka yaitu Midnight Suns yang dianggap kurang laku oleh induk perusahaan Firaxis yaitu Take-Two. Walau dalam hal ini Firaxis sendiri tidak menyalahkan siapapun terkait PHk yang dilakukan. Namun, melihat penjualan game terbaru mereka tersebut, sulit rasanya tidak merasakan jika mereka sedang melakukan costcutting.

Firaxis Games Umumkan PHK Pegawai, Bukti Sedang Efisiensi?

Game Midnight Suns dianggap kurang populer

Dalam laporan oleh Axios, sejumlah 30 pegawai developer Firaxis sudah diberhentikan. Diberitakan kalau Firaxis sedang menajamkan fokus, meningkatkan efisiensi, dan penyelarasan talent terhadap prioritas tertinggi.

Bisa dikatakan itu adalah bahasa bisnis yang mengatakan mereka sedang melakukan efisiensi atau sedang berhemat dalam bahasa sehari-hari. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hal ini mungkin saja terjadi karena game terbaru Midnight Suns yang langsung mendapatkan diskon 40% di Steam tepat sebulan setelah perilisan, menandakan game tersebut kurang mendapatkan perhatian gamer.

Jake Solomon sang legenda yang mengerjakan Midnight Suns

Belum lagi sang sutradara Jake Solomon yang juga terkenal dengan game XCOM memutuskan untuk minggat dari Firaxis semakin membuat studio tersebut harus memikirkan strategi yang tepat untuk mendatangkan lagi game yang profitable.

Firaxis Game Tengah Kerjakan Game Civilization Baru

Firaxis tengah kerjakan game Civ baru

Walaupun Midnight Suns boleh dikatakan gagal, namun banyak yang setuju kalau game-nya sendiri tidak seburuk itu. Beberapa reviewer juga memberikan nilai yang cukup tinggi untuk game ini.

Hanya saja kegagalan ini tidak berarti mereka akan bersikap defensif seterusnya. Firaxis masih punya amunisi yang cukup stabil. Apalagi pasca berita keluarnya Jake Solomon, mereka mengumumkan sedang mengerjakan game Civ baru.

Terlepas dari apakah itu merupakan Civilization 7 atau spinoff, kali ini Firaxis lebih sulit untuk gagal karena game Civ sendiri punya pengikut yang solid sejak dulu. Ditambah dengan Civilization VI yang memang sudah berumur, mungkin sudah saatnya gamer mendapatkan game baru.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version