[First Impression] Final Fantasy VII Remake – Kembali Mengais Memori Manis!

FINAL FANTASY VII REMAKE 20200407053340 Copy

6 Tahun yang lalu, sebuah kabar gembira mengemuka, Final Fantasy VII akan segera mendapatkan versi remakenya. Dengan segala antisipasi yang begitu tinggi dan penantian yang begitu panjang, akhirnya maha karya Square Enix telah berada di depan mata. Final Fantasy VII Remake siap meluncur secara global pada tanggal 10 April mendatang. Kebahagiaan akan segera dirasakan para fans yang ingin segera bernostalgia sembari menyelami berbagai perubahan baru yang ada.

Kami mendapat kesempatan untuk memainkan remake ambisius tersebut beberapa hari lebih awal dari tanggal perilisannya berkat review copy yang disediakan oleh Sony Interactive Entertainment dan Square Enix. Kami telah menyelami dunia baru Final Fantasy VII Remake sepanjang 8 jam pertama, dan sepanjang permainan tersebut kami merasa dapat mengais kembali memori manis yang dulu sempat tertanam berkat seri originalnya yang rilis 23 tahun silam.

Sebelum memberikan full reviewnya dalam beberapa hari mendatang, kami akan terlebih dahulu memberikan First Impression bagi kalian. Impresi perdana ini sama sekali tidak mengandung spoiler apapun dan kami hanya diperbolehkan menyematkan maksimal 5 screenshot didalam artikel ini.

Selamat datang dalam dunia baru Final Fantasy VII.

Kami benar-benar merasa takjub saat pertama kali melihat perubahan super masif yang dihadirkan Square Enix melalui remake ambisiusnya kali ini. Dunia baru yang ditawarkan Final Fantasy VII Remake benar-benar mampu memberikan sensasi nostalgia yang terasa jauh lebih indah. Bagi kalian yang sempat jatuh hati pada seri originalnya di era PlayStation One silam, makan sekali lagi kalian akan jatuh hati para versi remakenya kali ini.

Pertama, perubahan yang paling mencolok tentu hadir pada sudut pandang karakter yang kini terlihat jauh lebih imersif. Tak lagi mengusung gaya fixed camera, kini kalian bermain melalui sudut pandang third person, yang memang juga jadi sudut pandang umum bagi game di era saat ini. Berkat sudut pandang baru tersebut gameplay yang dihadirkan pun juga turut berevolusi.

Penggabungan mekanisme hack n slash plus command list membuat gameplay Final Fantasy VII Remake terasa jauh lebih keren.

Membuang mekanisme menyerang secara bergiliran, kini Final Fantasy VII Remake mengusung skema pertarungan yang lebih intens melalui mekanisme real time actionnya. Selain itu lebih menariknya, game tersebut juga menghadirkan sistem command list pada karakter, dimana kalian dapat memberikan perintah secara langsung pada tiap karakter dalam party untuk mengeluarkan special move atau cast layaknya game berbasis ATB. Dalam pertarungan kalian juga dapat mengganti karakter dengan mudah.

Banyak variasi dan kejutan yang menanti.

Selanjutnya yang punya perubahan paling mencolok tentu melaluipresentasi visualnya yang kini terlihat jauh lebih memukau. Melalui songkongan Unreal Engine 4, dunia Final Fantasy VII Remake tetap terlihat familiar, namun dalam kemasan yang jauh lebih indah. Berbagai detailnya benar-benar terlihat imersif. Environment serta berbagai efek visual lainnya benar-benar mampu dipresentasikan secara detail.

Segudang perombakan membuat remake yang satu ini terasa sangat imersif.

Selain lingkungan, engine baru ini juga memberikan penekanan baru dari sisi kedalaman baru para karakter. Berbagai karaktern kini semakin punya porsi emosi yang mendalam. Selain tampilan redesign yang terlihat jauh lebih menarik dan segar, kini tiap karakter terlihat semakin hidup dengan kepribadian yang lebih kuat. Kita tahu bahwa versi originalnya punya keterbatasan engine yang membuat presentasinya tak bisa menampilkan tiap scene dari para karakter secara maksimal.

Namun dengan versi remake ini, kesemua karakter benar-benar akhirnya dapat diperlihatkan secara maksimal. Kita bisa melihat sifat Cloud yang begitu dingin dan tidak peka, sosok Barret yang emosinya selalu meluap-luap, dan bahkan sosok Tifa yang kini terlihat lebih manis dengan kepribadiannya yang friendly.

Kini para karakter semakin punya sisi personality yang kuat.

Remake kali ini benar-benar menawarkan experience yang sangat baru. Kalian yang ingin bernostalgia dalam kemasan baru, maka Final Fantasy VII Remake ini adalah jawabannya. Begitu pula bagi kalian yang sebelumnya belum sempat mencicipi seri originalnya dan berharap memahami apa itu Final Fantasy VII. Masih ada banyak hal baru dan kejutan menarik lainnya yang disimpan dalam Final Fantasy VII Remake ini. Namun kesemuannya akan kami bahas lebih lebih lengkap melalui artikel review yang semoga bisa meluncur dalam beberapa hari kedepan.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Exit mobile version