Fitur Cortana Windows 11 akan Dimatikan lewat Update Terbaru

Cortana Windows 11

Cortana Windows 11 — AI-Assistant Cortana sudah tidak lagi asing di telinga pada pengguna OS Windows sebagai keperluan sehari-hari mereka. AI-Assisstant ini telah tersematkan di setiap PC serta pada smartphone dalam waktu yang cukup lama.

Layaknya sebuah perangkat yang menua, sepertinya para pengguna Windows tidak akan lagi melihat sosok Assistant ini dalam beberapa waktu ke depan nanti. Team Microsoft pun memiliki alasan mengapa mematikan fitur ini perlu dilakukan.

Update Terbaru akan Hilangkan Fitur Cortana Windows 11

Update Baru Windows 11 Gantikan Cortana dengan Windows Copilot

Team Microsoft menyatakan melalui laman topik mereka, Cortana tidak lama lagi akan dimatikan pada Q4 Tahun 2023. Pihak Microsoft menyatakan bahwa ia akan mematikan fitur ini dikarenakan memang sudah usang.

Microsoft Teams yang akan terdampak dengan pencabutan fitur AI-Assistant ini. Mengingat fitur Cortana dengan Microsoft Teams sudah sangat melekat untuk melakukan kolaborasi dengan mudah antar pengguna.

Windows Copilot

Sebagai penggantinya, Windows 11 akan meluncurkan fitur baru yang disebut sebagai Windows Copilot bersama dengan peluncuran update baru nanti. Ketika pengguna yang sebelumnya menggunakan Cortana sebagai ‘moderator’, maka Windows Copilot bekerja dengan cara yang cukup sama.

Secara teknis, Windows Copilot memaksimalkan potensi pengguna yang ingin serba cepat dan akurat untuk mengerjakan sesuatu. Copilot akan membantu untuk memangkas efisiensi pengguna dan mempermudah pekerjaan yang cukup kompleks.

Dengan fitur ini, Copilot akan bekerja secara simultan dengan beragam aplikasi lainnya, seperti Voice Access pada Windows 11, mesin pencari Bing serta Microsoft 365. Pada Microsoft 365 diharapkan pengalaman bekerja pengguna akan lebih baik daripada dengan Cortana.

Outlook Mobile Masih Menggunakan Cortana

Outlook Mobile

Melalui pernyataan Team Microsoft, penggantian ini tidak akan terdampak pada aplikasi Outlook Mobile, sebagaimana Cortana masih akan digunakan untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Pihak Microsoft pun tidak terlalu menjelaskan alasannya mengapa fitur ini masih hadir pada aplikasi tersebut.

Beberapa kasus pencabutan Cortana sebagai AI-Assistant ini bukanlah hal baru. Cortana dinyatakan sudah usang dan tidak lagi terintegrasi dengan Microsoft Launcher di OS Android. Hal serupa pun terjadi pada beberapa smartphone nokia yang sebelumnya sudah terbilang usang dan tua.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Windows 11 atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version