Sony Patenkan Fitur Kontroler PlayStation yang Bisa Berubah Suhu Panas dan Dingin

Fitur Kontroler PlayStation

Sony telah mengajukan banyak paten dalam beberapa bulan terakhir, di mana mereka berusaha untuk membuat konsol PlayStation bisa memberikan gameplay experience yang lebih imersif dibanding konsol-konsol lain. Beberapa diantaranya seperti paten untuk sistem yang mencegah pemain PSVR dibawah umur untuk mengakses konten dewasa dan “virtual dojo” yang bisa membantu meningkatkan skill pemain.

Setelah mengaplikasikan fitur haptic feedback pada DualSense yang dapat mensimulasikan kondisi di dalam game, Sony nampaknya tertarik untuk menghadirkan fitur serupa pada DualSense atau kontroler dari PlayStation di masa depan. Dan itu semua, diketahui lewat paten terbaru yang mereka ajukan.

Fitur Kontroler PlayStation yang Bisa Berubah Suhu Dipatenkan oleh Sony

Sony sedang mematenkan fitur kontroller baru?

Dilansir dari Exputer, tak lama ini Sony mengajukan paten yang menyebut kontroler yang dapat berubah suhu untuk merefleksikan gameplay. Contohnya, kontroler bisa menjadi hangat ketika pemain mengambil objek yang panas atau menjadi dingin ketika pemain berada di lingkungan atau area yang dingin.

Desain gambar kontroller baru

Paten tersebut menjelaskan bahwa fitur tersebut akan menggunakan sensor elastis yang terbuat dari bahan seperti gel untuk menggantikan material plastik yang ada pada DualSense. Sensor tersebut bisa berubah bentuk dengan mentransmisikan sinyal elektronik berdasarkan sentuhan pemain. Selain itu, paten tersebut juga menyebutkan penggunaan AI untuk mengenali perubahan bentuk dari material terkait.

Teknologi Tersebut Bakal Menyempurnakan Haptic Feedback

Bakal menyempurnakan fitur Haptic Feedback

Meski terdengar sangat menarik, ada beberapa hal yang perlu ditangani Sony dari fitur tersebut seperti bagaimana teknologi perubahan suhu semacam itu tetap tidak menguras baterai dengan lebih cepat. Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri jika fitur tersebut dapat memberikan pengalaman gameplay yang lebih imersif sekaligus menyempurnakan haptic feedback yang sejatinya sudah sangat luar biasa.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait PlayStation atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version