Format Baru M5 World Championship Diperkenalkan

Format Baru M5 World Championship

M5 World Championship, yaitu gelaran piala dunia Mobile Legends yang akan segera di mulai pada bulan November mendatang. Pada gelaran turnamen internasional ini Moonton memperkenalkan sebuah format baru, yaitu fase wildcard.

Seperti apa detail dari format M5 World Championship ini? Berikut ulasannya.

Ada Format M5 World Championship Terbaru yang Diperkenalkan

Format M5 World Championship Fase Wildcard

Melalui seluruh akun resminya, Moonton mengumumkan format lengkap dari M5 World Championship. Tournament kasta tertinggi esports Mobile Legends ini akan memperebutkan uang hadiah sebesar 900 ribu dollar AS. Gelaran event tahunan ini akan dibagi menjadi 3 fase yaitu wildcard, group stage, dan playoff.

Berikut jadwal penyelenggaran 3 fase tournament tersebut:

Format Fase Wildcard M5 World Championship

M5 tahun ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya M Series menerapkan fase wildcard yang menjadi warna baru di gelaran turnamen dunianya ini. Fase wildcard yang akan dilaksanakan di Malaysia ini diisi oleh 8 tim dari berbagai negara yang akan memperebutkan dua slot ke fase grup.

Wildcard M5 semakin spesial sebab dari 8 peserta, 3 diantara datang dari regional baru yaitu Mongolia, Asia Selatan dan Cina. Penambahan regional baru ini menunjukkan keseriusan Moonton untuk mengembangkan skema esport global mereka dengan memperbanyak peserta dari regional lain yang ikut piala dunia MLBB ini.

Berikut daftar slot regional peserta Wildcard M5:

8 tim peserta wildcard ini akan dibagi mejadi 2 grup yang terdiri dari 4 tim. Dari masing-masing grup tersebut akan diambil 2 tim.  Juara dari grup 1 akan berhadapan dengan runner-up dari grup 2 dan begitu juga sebaliknya, juara grup 2 akan melawan runner-up grup 1. Pemenang dari 2 pertandingan ini akan lolos ke fase grup.

Menarik untuk melihat sepak terjang tim-tim dari regional baru ini untuk bersaing melawan tim-tim dari regional senior di ajang Wildcard M5 mendatang.

Format Fase Grup dan Playoff M5 World Championship

Format M5 World Championship Fase Grup

Fase grup dan playoff yang sekaligus menjadi rangkaian utama turnamen ini akan dilakasakan di negara Filipina. Dalam rangkaian utaman ini akan diisi oleh 16 tim dari berbagai negara.

Berikut daftar slot peserta babak utama M5 :

Pada fase grup ini 16 tim akan dibagi menjadi 4 grup, yang terdiri dari 4 tim per grupnya. Dari 4 grup tersebut akan diambil 2 tim yang akan lolos ke fase playoff. Fase grup ini akan menerapkan sistem pertadingan best of 3 dan single round robin.

Format M5 World Championship Fase Playoff

Di fase gugur ini akan menerapkan sistem bracket double elimination. 8 tim yang lolos dari fase grup akan mulai bertanding dari bracket atas. Dalam fase gugur ini, terdapat aturan dimana tim dari grup yang sama tidak akan bertemu di fase awal playoff.

Nantinya seluruh pertandingan kecuali babak grand final akan berjalan dalam best of 5, sedangkan grand final akan menerapkan best of 7.

Nah, itu tadi informasi seputar format M5 World Championship. Kira-kira dari format ini, menurut kalian ada yang masih perlu diubah nggak ni, brott? Silahkan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Mobile Legends atau artikel lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version