Game-game AAA Berdenuvo Tahun ini Tercatat Jauh lebih Mudah Dibajak Dibanding Tahun Lalu


Follow Us
Serba online dan dianggap buruk adalah solusi pencegahan ?

Biasa berperan sebagai alat perlindungan, Denuvo sampai saat ini masih tetap terbukti belum mampu dalam mematikan usaha pembajakan game. Proteksi yang mereka pasang selalu bisa dibobol entah dalam waktu cepat atau lambat. menariknya, di tahun 2019 ini peforma Denuvo dalam memerangi pembajakan nampak mulai semakin memudar. Karena telah diketahui bahwa hampir sebagian besar game yang mereka proteksi, rata-rata bisa dijebol dalam waktu singkat.

Nulis artikel dibayar

Rage 2 baru saja menjadi satu korban terkini dari para pihak-pihak yang tak bertanggung jawab itu. Game dengan proteksi Denuvo di Steam tersebut telah berhasil diretas langsung pada saat tanggal perilisannya mulai tiba. Apakah keberadaan Denuvo betul-betul patut dikambinghitamkan atas kejadian ini ? Sebenarnya tidak juga. Berdasar dari pemberitaan kami sebelumnya, Bethesda selaku publisher dari Rage 2 rupanya sama sekali tidak menyematkan proteksi Denuvo pada versi gamenya di platform Bethesda Launcher. Dimana hal itu jelas membuka pintu kelengahan yang sangat begitu lebar bagi para pembajak.

BACA JUGA  Kini Kamu Bisa Membangun Kebun Raya di Anno 1800 Melalui DLC Terbarunya

Akan tetapi, disamping kecerobohan dari publisher, pengaruh Denuvo memang sudah tidaklah sesignifikan tahun kemarin. Pihak media PC Gamer kebetulan pada waktu itu ikut mengkompilasi kumpulan game-game dengan basis offline AAA keluaran 2019 yang tidak bisa mereka selamatkan secara lebih awet.

  • Rage 2 cracked: H + 0 (non-Denuvo .exe uploaded)
  • Metro Exodus cracked: H + 4
  • Devil May Cry 5 cracked: H + 0 (non-Denuvo .exe uploaded)
  • Resident Evil 2 cracked: H + 6
  • Far Cry New Dawn cracked: H + 6
  • Ace Combat 7 cracked: H + 13

Dibandingkan dengan tahun sekarang, pada tahun lalu cukup begitu banyak game-game dengan proteksi Denuvo yang baru bisa terbajak bukan dalam hitungan hari atau minggu, melainkan bulan. Salah satu contohnya seperti Assassin’s Creed Odyssey, FIFA 19, A Way Out, PES 2019,¬† Shadow of the Tomb Raider, Valkyria Chronicles 4, Yakuza Zero, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Nintendo Menangkan Gugatan untuk Blokir Situs Bajakan di UK

Meskipun begitu, untungnya masih ada sedikitnya game AAA 2019 berdenuvo lain yang masih tetap tak terbobol dalam hitungan bulan. mengambil contoh Anno 1800 yang sudah sebulan rilis, game ini masih belum bisa dibobol meski hadir secara eksklusif di platform Epic Store sekaligus uPlay. Lalu jangan lupakan pula game fighting Mortal Kombat 11 yang masih tetap bertahan kuat dalam waktu 23 hari.

Untuk kasus Mortal Kombat 11, kontribusi Denuvo nampaknya tidaklah begitu banyak bisa dibicarakan ketika kita melihat fakta bahwa game buatan Netherrealm tersebut diperlengkapi oleh sebagian fitur wajib online demi menikmati beragam konten-kontennya (sedikit mirip seperti Forza Horizon 4). Belum lagi apabila kita membahas tentang The Division 2 ataupun Anthem yang sama sekali mustahil untuk terbajak karena tergolong sebagai game full online.

Game Left Alive yang masih belum terbajak

Pihak PC Gamer mungkin juga lupa bahwa selain pengaruh fitur online, game dengan rataan review buruk juga cukup berpengaruh pada tingkat keinginan para cracker dalam membajak sebuah game yang memiliki proteksi Denuvo. Di situs Crackwatch, game action survival mecha buatan Square Enix yang berjudul Left Alive rupanya masih belum terbajak dalam waktu 71 hari pasca rilis. Entah itu semua berkat dari kehebatan proteksi Denuvo atau keajaiban dari kualitas gamenya itu sendiri.

BACA JUGA  Ovagames, 7 Fakta Situs Tani yang Bentuk Budaya Gamer Bajakan

Bagaimana menurutmu ? Apakah di bulan-bulan yang tersisa Denuvo nantinya akan mampu memberi suatu “comeback” penting dengan membuat para pembajak semakin “lelet” ketika meretas, atau lagi-lagi proteksi Denuvolah yang akan bisa kembali tertembus dengan begitu mudahnya dalam hitungan hari ?


Baca pula informasi lain terkait Denuvo, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item