Mengenal Game Memori Google yang Bisa Melatih Kemampuan Otak

Game Memori Google

Sebuah game tidak melulu harus bersifat kompetitif sebab ia juga bisa dijadikan sebagai media dalam berbagai tujuan baik lainnya seperti belajar dan/atau melatih kemampuan otak. Dan game memori Google adalah salah satunya.

Jadi, game Google bukan hanya game Dinosaurus yang bisa kita mainkan saat koneksi internet putus. Google sebenarnya menyediakan banyak game ringan yang tidak memerlukan spek device yang gahar karena bisa kamu mainkan langsung via browser.

Apa Itu Game Memori Google?

Game Memori Google

Jadi, apa itu Game memori Google? Game memori Google adalah game ringan yang diciptakan untuk membantu meningkatkan kemampuan otak, logika, dan kemampuan mengingat para pemainnya.

Game Memori Google gratis yang satu ini bisa langsung kalian akses melalui browser di smartphone maupun pc. Sangat mudah dan ringan, sehingga kamu tidak memerlukan spek device yang gahar untuk memainkan game ini.

Game Memory Google menghadirkan 4 karakter laut yang lucu menggemaskan; kura-kura, ikan buntal, gurita, dan ubur-ubur. Visual imut ini dapat menimbulkan bunyi yang berbeda – beda. Dan bunyi dari para hewan menggemaskan inilah yang menjadi fokus utama.

Cara Memainkan Game Memori Google

Game untuk melatih daya ingat

Tidak diperlukan skill yang rumit untuk bisa memainkannya karena game ini justru membantumu meningkatkan skill! Hal yang kamu harus siapkan adalah fokus dan ingatan yang baik untuk bisa menebak urutan suara yang keluar.

Para hewan laut menggemaskan ini akan mengeluarkan suara yang semakin lama semakin bervariasi. Di sinilah ingatan dan fokusmu ditantang untuk menebak urutan suara yang keluar dari masing – masing hewan ini.

Semakin tinggi level yang dicapai, maka semakin sulit pula lah rintangan yang kamu hadapi. Suara yang mereka keluarkan akan semakin banyak dan mungkin pemain akan merasa kesulitan untuk menebak urutan suara mereka.

Langkah – langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut:

Manfaat Memainkan Game Memory Google

Game Memory Google

Seperti yang sudah diterangkan di atas, memainkan game sejenis ini bisa memberikan banyak manfaat. Dan tentu saja game ini bisa dimainkan di segala usia.

Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah kemampuan berpikir yang semakin tajam. Selain itu, kemampuan logika pemain akan semakin baik. Game ini cocok banget dimainkan buat pemain yang memiliki kemampuan mengingat yang rendah.

Dengan memainkannya, otakmu secara tidak langsung diajak berlatih mengingat meskipun hanya dengan metode sederhana dari game yang satu ini. Game ini juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis pemainnya. Jadi, tidak ada salahnya mencoba game ini di kala senggang, brott!

Game Google untuk Melatih Otak Lainnya

Game Google untuk Melatih Otak Lainnya

Jika kamu mencari game Google yang bisa melatih otak lain selain di atas, di bawah ini kami berikan rekomendasi yang bisa kamu mainkan.

1. Tic Tac Toe

Tic Tac Toe

Siapa yang tidak tahu permainan sederhana Tic Tac Toe? Game yang identik dengan simbol X dan O ini tentu menjadi permainan sederhana yang bisa membantu pemainnya berpikir kritis. Kalian bisa mainkan game ini langsung dari browser, lho!

Nantinya kalian akan melawan computer. Siapa yang bisa menyusun 3 X atau 3 O terlebih dahulu, maka dia lah pemenangnya. Jangan sampai dirimu terkecoh di game ini, brott!

2. Minesweeper

Minesweeper

Tentu kalian gak asing dengan game Minesweeper yang bikin pusing ini ‘kan, brott? Kalian juga bisa mainkan game ini di browser. Ia hadir dengan tampilan yang lebih kece dan colorful dibandingkan yang biasa kita temui.

Angka yang ada di game Minesweeper ini mempresentasikan jumlah bom yang ada di dekatnya. Misalnya angka “3”, maka ada 3 bom di dekat kotak angka 3 tersebut. Bisa jadi di atas, bawah, kiri kanan, bahkan diagonal. Kamu bisa memenangkan permainan ini jika kamu tidak menekan bom sama sekali.

3. PAC-MAN

PAC-MAN

Siapa sih yang gatahu Pac-Man? Dikembangkan pertama kali oleh Namco dan dirilis pertama kali di Jepang pada tahun 1980. Game ini kemudian tenar dengan cepat dan menjadi salah satu game yang paling populer kala itu. Kini, Google hadirkan game interaktif Pac-Man yang bisa kamu mainkan setiap saat.

Cara mainnya gampang, kalian hanya perlu menjalankan Pac-Man untuk memakan titik-titik kuning yang ada sambil menghindari monster yang berkeliaran. Jika tertangkap, maka game over! Tentu saja game ini bisa melatih otakmu untuk berpikir kritis di tengah kondisi mendesak.

4. Coding for Carrots

Coding for Carrots

Coding for Carrots juga salah satu game yang bisa dimainkan di Google. Game ini hadir untuk merayakan anniversary Kid’s Coding yang ke 50 tahun. Game ini secara khusus menyorot bahasa pemrograman Logo yang dikembangkan oleh Seymour Papert dan peneliti MIT untuk mengajarkan anak-anak bagaimana cara memprogram.

Game ini mengajarkan prinsip dasar coding dan membuatmu untuk menggeser block agar si kelinci bisa memakan wortelnya. Jadi, bisa belajar sambil bermain nih, brott!

5. Crossword Puzzle

TTS

Game yang bisa melatih otak sekaligus memperluas wawasan adalah Crossword Puzzle. Dalam bahasa awamnya adalah Teka – Teki Silang atau TTS.

Cara bermainnya pun sama seperti TTS pada umumnya. Kalian harus mengisi kolom secara mendatar atau menurun dengan benar sesuai dengan pertanyaan yang terlampir di sisi kanan. Disinilah pengetahuanmu diuji, brott!

Itulah penjelasan mengenai game Google yang bisa kamu jadikan sebagai media melatih kemampuan otak pemain. Adakah rekomendasi game memori lainnya yang kamu ketahui, brott? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version