7+ Game Paling Dibenci di Tahun 2000an yang Banyak Dikritik Negatif oleh Review dan Gamer

Game Paling Dibenci Di Tahun 2000an

Game Paling Dibenci di Tahun 2000an — Bermain video game di era ini bukanlah lagi menjadi kegiatan kurang bermanfaat. Malah kegiatan ini kini digemari oleh anak muda karena berbagai judul game keren bisa dicoba sesukamu. Mulai dari game populer hingga game dibenci, semuanya telah hadir untuk menemanimu di mana pun dan kapan pun.

Berbicara tentang game, ada beberapa game yang di antaranya dibenci oleh gamer. Baik dari segi cerita, gameplay, misi, dan lainnya biasanya membuat pemain kebingungan, bahkan tidak mengerti sama sekali oleh game tersebut. Penasaran apa sajakah itu? Berikut 7+ game yang paling dibenci tahun 2000an yang banyak dikritik negatif reviewer dan gamer.

Disclaimer: List ini dibuat berdasarkan review dan kritikan negatif dari para reviewer game.

Game Paling Dibenci di Tahun 2000an

Yuk intip game – game paling dibenci tahun 2000an!

Inilah game – game paling dibenci di tahun 2000an yang terkena kritikan negatif oleh beberapa reviewer dan gamer. Let’s go!

1. Mortal Kombat: Special Forces

Game paling dibenci pertama dalam list ini adalah Mortal Kombat: Special Forces. Game ini adalah seri kedua dari franchise Mortal Kombat dan rilis di tahun 2000, berbarengan dengan Mortal Kombat Mythologies: Sub-Zero. Dari seluruh seri Mortal Kombat lainnya, seri ini mendapat skor terburuk dan kritik negatif dari gamer dan reviewer.

Mortal Kombat Special Forces

Game ini hanya meraih skor 28 dari 100 lewat Metacritic, 2.1/10 dari GameSpot, dan 3/10 dari IGN. Edward John Boon, salah satu programmer video game dari Midway Games berkata bawah pengembangan Mortal Kombat: Special Forces cukup belibet hingga hasilnya tidaklah bagus.

Tak hanya itu, GamesRadar sendiri mengurutkan game ini menjadi seri ter-absurd Mortal Kombat di tahun 2011. Di tahun 2013, mereka menobatkannya di urutan ke 41 sebagai “game terburuk yang pernah dibuat”.

2. The Simpsons Wrestling

Game paling dibenci 2000an selanjutnya adalah The Simpsons Wrestling. Game yang rilis di tahun 2001 ini diambil dari serial TV animasi The Simpson. Game tersebut dikembangkan oleh Big Ape Productions, diterbitkan oleh EA (Eropa) dan Activision (Amerika Utara), dan didistribusikan oleh Fox Interactive.

The Simpson Wrestling

Game ini mendapat kritik negatif oleh para gamer dan reviewer setelah perilisan. Kritik utama untuk game ditujukan pada gameplay yang sederhana dan tidak seimbang, juga grafik yang buruk.

Karena hal itu pula The Simpson Wresting mendapatkan skor 41.21% di GameRankings, dan 32/100 di Metacritic. Tak hanya itu, IGN bahkan memberi skor 1 dari 10 dan menobatkannya sebagai “game berlisensi terkenal paling mengerikan yang pernah dibuat”.

3. Mortal Kombat Advance

Game yang paling dibenci selanjutnya adalah Mortal Kombat Advance. Game ini awalnya rilis di SNES dan diport untuk Game Boy Advance. Midway Games menyerahkan pengembangan game ini kepada Virtucraft, perusahaan yang tidak terlalu terkenal yang kebanyakan menangani porting game yang sudah mapan ke perangkat portabel. Mereka ditugaskan untuk mem-porting game ini hanya dalam waktu dua bulan.

Mortal Kombat Advance

Waktu pengembangan yang lambat, kualitas portingan SNES yang sangat rendah, dan banyaknya fitur tak berfungsi di mana Game Boy Advance hanya mempunyai dua tombol membuat Mortal Kombat Advance dikritik negatif oleh gamer dan reviewer.

Game ini mendapat skor 33/100 oleh Metacritic, pun terkenal menerima skor yang sangat rendah di Electronic Gaming Monthly, yaitu 0.0, 1.5, dan 0.5 dari 10 (pertama dalam sejarah yang diberikan oleh editor Dan Hsu). Tak hanya itu, Mortal Kombat Advance juga dinobatkan oleh IGN sebagai “seri game paling memalukan dalam franchise Mortal Kombat“.

4. Batman: Dark Tomorrow

Game yang paling dibenci selanjutnya adalah Batman: Dark Tomorrow. Merupakan game yang diadaptasi dari seri superhero terkenal DC Comic, Batman. Game ini dikembangkan dan dipublikasi Kemco dan rilis di tahun 2003 lewat platform GameCube dan Xbox. Game ini mendapat kritik negatif oleh gamer dan reviewer karena gameplay-nya membingungkan.

Batman Dark Tomorrow

Selain itu, banyak misi yang repetitif dan angle kamera yang tidak sesuai. Batman: Dark Tomorrow pun juga dikritik karena tak adanya arahan untuk “ending memuaskan” selain menggunakan guideline di luar game. Hal tersebut yang membuat game ini mendapat skor 25/100 dari Metacritic untuk versi Xbox, dan 29/100 versi GameCube. GameSpot pun tak ketinggalan memberikan skor 2.8/10 dibarengi IGN dengan skor 2.2/10.

Sedangkan GameRankings memberi skor 24.06% versi Xbox dan 27.83% versi GameCube. Pada tahun 2015, GamesRadar menobatkan Batman: Dark Tomorrow di urutan ke-18 sebagai game terburuk, mengklaim pengambilan kamera game sebagai “membuat Epic Mickey terlihat jenius dalam dunia sinematografi”.

5. Drake of the 99 Dragons

Drake of the 99 Dragons menjadi game paling dibenci tahun 2000an selanjutnya dalam list ini. Berbasiskan third-person shooter, game ini dikembangkan oleh Idol FX, studio dari Swedia, dipublikasikan oleh Majesco Sales dan rilis di tahun 2003.

Drake Of The 99 Dragons

Alex Navarro dari GameSpot mengatakan game ini punya “voice acting yang mengerikan”. Ia juga merasa bahwa karena cutscene dan narasi game yang “terputus-putus”, alur ceritanya jadi sulit untuk dimengerti. Selain itu, Aaron Boulding dari IGN berkata meski punya visual yang unik, tak bisa memungkiri bahwa Drake of the 99 Dragons adalah “ide bagus yang salah kaprah dan berakhir dengan bencana” dan “tidak perlu menyewa, membeli, atau menghibur diri untuk memainkannya.”

Karena hal itu, game ini mendapat skor 2.9/10 dari IGN. GameSpot memberikan skor lebih rendah yaitu 1,6/10, menganggapnya sebagai “kegagalan di setiap kategori yang dapat dilihat”. Namun, saat rilis kembali tahun 2018 di Steam, Lukie Winkie dari PC Gamer memberikan review tentang Drake of the 99 Dragons. Meski tidak merekomendasikan game secara keseluruhan, ia berpendapat bahwa game ini bisa menjadi bahan nostalgia meski kualitasnya dinilai buruk oleh berbagai kritikus game.

6. Big Rigs: Over the Road Racing

Selanjutnya ada Big Rigs: Over the Road Racing. Game balapan dengan semi-trailer truck ini dikembangkan oleh Stellar Stone, dipublikasikan oleh GameMill Publishing, dan rilis di tahun 2003. Big Rigs dikatakan sebagai game yang paling dibenci karena saat rilis di tahap Pre-Alpha, game ini punya cukup banyak masalah di dalamnya.

Big Rigs Over The Road Racing

Pertama, saat melakukan balapan, sebagian besar objek tidak memiliki deteksi tabrakan apa pun, sehingga pemain dapat melewati kendaraan dan rintangan lain. Kedua, sistem gameplay-nya sangat bermasalah, memungkinkan pemain mengemudi di tanjakan vertikal atau berakselerasi hingga kecepatan maksimum sambil mengemudi secara terbalik, dan kemudian berhenti seketika saat pedal gas dilepaskan. Ketiga, AI yang tiba – tiba tak bergerak saat melakukan balapan, dan banyak lagi.

Berkat hal tersebut, Big Rigs: Over the Road Racing mendapat skor 8/100 dari Metacritic, 3.83% dari GameRankings, dan mendapat title “game terburuk yang pernah dibuat” oleh GameSpot. Bahkan sekelas Morgan Webb dari X-Play pun sampai tak ingin memberikan skor pada gamenya. Waduh!

7. Lula 3D

Lula 3D menjadi game yang paling dibenci di tahun 2000an dalam list ini. Game bertema dewasa ini dikembangkan dan dipublikasikan oleh cdv Software Entertainment dan rilis di tahun 2005. Game ini mendapat kritik negatif dari gamer dan reviewer berkat gameplay-nya yang monoton.

Lula 3D

Selain itu, terdapat beberapa puzzle dengan desain jelek, visual grafis yang berkualitas rendah dari segi animasi, frame rate yang tidak konsisten, dan menggunakan model karakter yang sama. Game ini juga punya voice acting dan translasi bahasa Inggris buruk, juga jokes yang kekanak-kanakan untuk target audience-nya.

Hal ini yang membuat Lula 3D mendapat skor 28% dari 14 review di Metacritic. Pada tahun 2013, Polygon menganggap game ini sebagai “game 4no dengan jokes rendahan” sebagai faktor yang menyebabkan industri game tidak menerima video game dewasa.

Sedangkan di 2017, GamesRadar+ menobatkan Lula di ranking 44 sebagai “game terburuk sepanjang masa”, menjelaskan saat mereka mencoba menggerakkan karakter dengan mouse dan keyboard pada saat yang sama menyebabkan game ini mengalami crash.

Game Paling Dibenci di Tahun 2000an Lainnya

Ragam game paling dibenci lainnya

Selain ke tujuh judul game di atas, masih banyak lagi game – game yang paling dibenci di tahun 2000an lainnya yang dapat kamu ketahui. Di antaranya adalah:

Oke, itulah dia 7+ game yang paling dibenci tahun 2000an yang banyak dikritik negatif baik oleh reviewer dan juga gamer. Jangan lupa untuk selalu up-to-date terkait video game dan teknologi terkini hanya di Gamebrott! Adios~


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version