8 Game PC Gratis yang Wajib Kamu Mainkan di Tahun 2019

Game PC Gratis

Gratis mungkin adalah sebuah kata yang diidam-idamkan banyak orang. Kamu tak perlu menukar apapun untuk bisa mendapatkan suatu barang yang kamu sukai, salah satunya adalah game. Tahun 2018 mungkin tak begitu banyak game gratis yang populer, kebanyakan game gratis didominasi oleh battle royale dan beberapa game MOBA gratis baik di PC maupun mobile.

Dari sekian banyak game tersebut, terdapat game gratis yang mungkin kamu lewatkan dan tak sempat memainkannya. Bahkan beberapa masih belum dirilis di pasar global. Meski tahun ini kamu belum bisa memainkannya, namun tahun 2019, mungkin adalah kesempatanmu untuk mencobanya. Hal ini tentunya mengingat banyak game yang sudah hampir rampung dikerjakan dan kemungkinan besar dirilis tahun 2019 mendatang. Berikut adalah 8 game PC gratis yang wajib kamu mainkan tahun 2019.

Disclaimer: Game yang ada di daftar merupakan game PC bukan mobile. Beberapa memang telah dirilis, namun ada yang belum di SEA dan tak boleh kamu lewatkan tahun 2019 nanti bagi kamu yang belum sempat mencobanya.

8. Ring of Elysium


Dari banyaknya “peniru” PUBG di luar sana, Ring of Elysium merupakan game battle royale buatan Tencent yang jauh lebih baik dibanding game buatan kliennya, Bluehole. Selain hadirkan grafis yang ciamik dan fitur yang nyaris mirip, game ini juga tambah environmental destruction di beberapa bangunan, dynamic weather, dan siang malam. Sebuah game yang wajib kamu mainkan tahun depan jika ia telah menyelesaikan administrasinya dengan Garena untuk server SEA.

Meski versi Steamnya saat ini hanya hadirkan map salju dibanding versi demo closed beta Garena, namun ia tawarkan suasana dan syarat baru yang jauh berbeda dari PUBG. Jadikannya bukan untuk bertahan hidup sendirian hingga akhir, namun bertahan hidup berempat hingga akhir. Kamu yang ingin memainkan versi Steamnya (saat ini diblokir di Indonesia karena lisensi SEA dipegang Garena) bisa membaca tutorial dari kami.

7. Dauntless


Dauntless adalah game co-op monster hunting ala Monster Hunter buatan Capcom. Sekilas game ini memang mirip dengan Monster Hunter World, namun dengan grafis yang lebih kartunis. Meski telah dirilis beberapa bulan yang lalu, namun ia akan jadi game yang lebih baik tahun depan. Kamu akan bisa berburu monster bersama teman-temanmu setiap matchmaking. Menyelesaikan misi dan menempa semua senjatamu dari beberapa benda yang kamu dapatkan dari monster hunting. Kamu yang penasaran dengan gamenya bisa langsung mendownloadnya sekarang juga.

6. AVA: Dogtag


Pernah dirilis di Indonesia dengan judul AVA atau Alliance of Valiant Arms yang kemudian ditutup karena ngga laku, Red Duck segera hadirkan versi perubahan gamenya berjudul Dogtag. Tak hanya hadirkan mekanisme dan grafis yang lebih baik, ia juga janjikan integrasi steam dan eSports di masa mendatang. Saat ini gamenya masih memasuki masa closed beta dan akan direncanakan untuk rilis tahun 2019 nanti.

5. Ascent: Infinite Realm

Credit: Steparu

Dibuat oleh developer yang juga mengerjakan PlayerUnknown’s Battlegrounds, Ascent: Infinite Realm (atau AIR) akan bawamu ke dunia steampunk dengan berbagai pesawat uap yang unik. Berbeda dengan game lain yang fokus ke grinding, ia lebih fokus pada PvP Realm battle. Kamu bisa menggunakan mecha, airship, dan peralatan perang uap lain yang mampu membantumu dalam pertempuran.

Gamenya akan miliki level cap 30 dan akan paksamu untuk memainkannya selama 30 jam untuk mencapainya. Setelah kamu capai level maksimal, banyak misi yang wajib kamu mainkan seperti peperangan di darat dan udara. Saat ini gamenya masih dalam masa closed alpha dan kemungkinan akan dirilis tahun depan.

4. Fortnite: Save the World

Meski versi Battle Royale-nya lebih populer, namun mode utama Fortnite yakni “Save the World” merupakan konsep awal game ini. Layaknya game zombie pada umumnya, kamu akan memilih salah satu dari empat hero/class untuk menumpas beberapa gelombang serangan zombie yang akan menyerbumu. Hal yang membuatnya berbeda adalah fitur barikade dan building yang mungkinkanmu untuk membuat benteng di malam hari. Sebuah konsep gameplay yang sama persis seperti namanya Fortnite (Fortress in the Night).

Mode Save the World sebenarnya direncanakan untuk rilis tahun 2018 sebagai free-to-play, namun Epic putuskan untuk menundanya hingga kemungkinan tahun 2019 karena tim mereka sangat disibukkan oleh mode Battle Royale yang kini rajai mode battle royale di negara barat. Sayangnya, game ini kurang begitu populer di Indonesia.

3. Ascendant One

Credit: Steparu

Ascendant One mungkin merupakan salah satu contoh game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang berbeda dan unik dibanding game serupa lain. Menggunakan arena semi-globe dengan banyak lane, ia berusaha bersaing dengan MOBA buatan Epic Games yang kini telah ditutup, Paragon. Mengangkat tema sci-fi, model karakter dan dunia yang detil, lengkap dengan uji coba bahasa Inggris, devCAT dan Nexon sepertinya akan membawa versi global gamenya dalam waktu dekat. Kamu bisa kunjungi website resminya untuk tahu lebih lanjut tentang gamenya.

2. Lost Ark

Credit: Steparu

Angkat tema top-down MMORPG yang mirip dengan LineAge Eternal, sepertinya Lost Ark akan jadi pesaing utama game tersebut di masa mendatang. Gamenya sangat fokus pada cerita dan kustomisasi dengan nyaris dua puluh opsi untuk kamu ubah. Setiap kustomisasi akan mengubah efek dari skill karakter. Misalnya Devil Hunter yang sangat fokus pada serangan petir akan berbeda animasi dan gerakannya saat kamu mengubahnya untuk fokus pada serangan es.

Saat ini gamenya hanya tersedia di Korea Selatan saja, Smilegate berencana untuk merilisnya secara global saat semuanya telah siap.

1. Warframe

https://www.youtube.com/watch?v=JGrPgHApi5Y


Tak perlu dipungkiri, Warframe merupakan salah satu game free-to-play online co-op dungeon crawling terbaik hingga saat ini, dan kamu yang belum pernah memainkannya tahun ini wajib untuk segera mencobanya tahun depan. Elemen grindingnya yang cukup gila memang sempat buatnya dijuluki “grinding game”, namun terlepas dari semua itu, Digital Extremes tak berikan microtransaction yang merusak gameplaynya sama sekali. Kebanyakan item adalah kosmetik dan warframe yang berperan sebagai “karakter”-mu dengan ability yang berbeda-beda.

Beberapa minggu terakhir mereka baru saja merilis update open-world keduanya, Fortuna yang mungkinkanmu jelajahi padang es yang luas dengan berbagai ekosistem yang buatnya lebih padat dibanding Plains of Eidolon. Kamu bisa download gamenya langsung melalui Steam atau website resminya.


Itulah ke-8 game PC gratis yang wajib kamu mainkan tahun 2019 mendatang. Adakah game yang kamu tunggu? Atau mungkin kamu miliki game lain yang ngga ada di atas? Seperti biasa, cantumin ke komen ya.

Exit mobile version