15 Game PS1 Underrated yang Mungkin Belum Pernah Kalian Dengar Judulnya

Game Ps1 Underrated

Game PS1 underratedEra PS1 adalah dimana gamer di Indonesia mulai banyak mengenal video game konsol. Popularitas konsol buatan Sony ini memang tidaklah sedikit dan menjadikannya salah satu brand yang paling kokoh berdiri di Indonesia sebagai produsen konsol game ternama.

Hal ini pun disebabkan karena banyaknya judul game yang populer dan jadi alasan banyak gamer dulu menggeluti hobi ini. Sebut saja judul-judul besar seperti Suikoden, Final Fantasy, Digimon, Gran Turismo, Crash Bandicoot, dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan game langganan gamer tahun 90-an yang dimainkan hampir setiap hari.

Namun diluar judul tersebut, sebenarnya ada beberapa game yang memang tidak mendapatkan ekspos yang besar dan didengar oleh gamer. Game ini pun lebih jarang dimainkan meskipun tidak kalah serunya. 

Rekomendasi Game PS1 Underrated

Game underrated di konsol PS1

Artikel ini akan membahas game apa saja yang dikategorikan sebagai game underrated PS1 yang mungkin kalian belum ketahui sebelumnya. Tanpa basa-basi lagi mari kita bahas saja satu-persatu.

1. Fist of the North Star

Game Hokuto no Ken PS1

Ya, seri Hokuto no Ken memang banyak penggemarnya namun entah kenapa game di PS1 ini jarang sekali terdengar. Merupakan sebuah game 3D brawler dimana kalian mengikuti cerita animenya dan bertarung melawan para cecunguk. Uniknya, meski game ini terkesan repetitif, ada momen dimana kalian bisa melancarkan QTE dan menghabisi musuh. Ya lebih kurang seperti fatality di Mortal Kombat series hanya saja lebih family friendly.

2. Kagero Deception 2

Game dari Tecmo

Game besutan Tecmo ini sedikit unik. Kalian memainkan karakter yang tidak punya kekuatan bertarung sama sekali. Namun, untuk mengalahkan musuh kalian harus menyiapkan perangkap. Ada sekitar 40 tipe perangkap yang tersedia dan kalian perlu memikirkan cara yang efektif untuk mengalahkan musuh-musuh kalian.

3. Vagrant Story

Dari kreator Final Fantasy Tactics

Salah satu RPG unik yang mungkin tidak banyak kenal. Dikerjakan oleh tim yang sama dengan Final Fantasy Tactics, membuatnya punya ciri khas strategy yang sama. Hanya saja keunikan game ini tidak berhenti sampai disini saja, kalian tidak akan menemukan shop seperti kebanyakan game JRPG pada umumnya dan gameplaynya hanya berpusat pada pembuatan dan modifikasi senjata.

4. Shaolin

Game fighting satu lawan banyak

Merupakan sebuah game fighting yang mungkin tidak semua orang kenal. Game ini menitikberatkan pada perkembangan karakter dari kecil hingga dia tua dan kalian akan mendobrak dojo lawan dan mengalahkan praktisi ilmu bela diri disana. Tidak hanya itu, ada juga elemen eksplorasi yang sangat jarang ada di game fighting. Kalian juga bisa melawan 3 musuh sekaligus dalam satu pertarungan, kurang menarik apalagi coba.

5. Slap Happy Rhythm Busters

Fighting + rhythm

Bagaimana kalau kalian bisa memainkan sebuah fighting game dan dikombinasikan dengan game rhythm. Game ini adalah sebuah eksperimen akan hal itu dan sejujurnya, hasilnya lumayan seru. Kalian yang demen game seperti Jet Set Radio akan suka dengan game satu ini.

6. Brave Prove

Game action RPG

Game ini sedikit banyak mirip dengan game Zelda yaitu sebuah game action RPG. Tidak hanya itu, core ceritanya juga lumayan mirip dimana karakter utamanya harus menyelamatkan wanita yang sekali lagi, mirip dengan cerita di game Zelda.

7. RC De Go

Game balapan mobil radio control

Kalau player banyak yang setuju game balapan di PS1 didominasi oleh judul seperti Road Rash dan Gran Turismo, tidak banyak yang tahu akan keberadaan game ini. Uniknya game ini mengambil tema mobile radio control dan bukanlah mobil balapan asli. 

8. Street Sk8er

Game skater

Jika kalian kenal dengan game skateboard dari serial Tony Hawk’s maka kalian mungkin belum pernah dengar game yang satu ini. Meski judulnya tidak besar, game ini masih menawarkan gameplay skater yang biasa kalian temui di game-game setelahnya.

9. Hermie Hopperhead

Game platformer Sony

Jika Nintendo punya beberapa maskot, maka Sony tidak punya semacam itu setidaknya sebelum dirilisnya Crash bandicoot. Hermie dimainkan seperti game kompetitornya Mario dan Sonic dimana keduanya merupakan platformer yang populer pada masanya. Walau terkesan mirip, game ini mampu menyajikan gameplay yang asik sebagai sebuah game platformer secara umum.

10. Philosoma

Game shooter underrated

Dari sekian banyak judul game shooter, mungkin game ini adalah salah satu yang jarang terdengar. Seperti kebanyakan game shooter lainnya, kalian akan menemukan berbagai macam tipe misil yang bisa digunakan seperti beam, cannon, machine gun, dan banyak lagi.

11. Bushido Blade 2

Game fighting dengan katana

Fighting game namun menggunakan senjata, game ini adalah salah satu game buatan Square dimana kalian akan bertarung dalam game fighting seperti kebanyakan game lain, hanya saja alih-alih menggunakan tangan kosong, kita menggunakan katana. Kalian tidak akan menemukan health bar seperti game fighting lainnya dan benar-benar game yang membutuhkan skill untuk bisa membunuh musuh dalam sekali tebas.

12. Lifeforce Tenka

Codename Tenka

Lagi mencari game FPS PS1 yang susah, mungkin game ini bisa kalian coba. Tidak banyak berbeda seperti game FPS pada umumnya, hanya saja di game yang bernama Codename Tenka untuk region AS ini kalian harus merasakan kontrol yang sulit karena game ini tidak mendukung stik Dualshock yang ada analog-nya.

13. Radikal Bikers

Game ngantar Pizza

Kalian bertugas sebagai seorang pembalap pengantar pizza dan harus melewati berbagai rintangan di jalanan dengan manuver agar bisa mengantarkan pizza tepat waktu. Selain unik, game ini juga cukup fun untuk dimainkan, hanya saja tidak begitu seru untuk dimainkan ulang begitu tamat.

14. Hard Edge

Game survival

Walau game ini mendapatkan reputasi yang tidak begitu baik karena dianggap terlalu mirip dengan seri Resident Evil, tidak menampik kalau game-nya masih seru untuk diikuti. Sesuai yang dibahas barusan, game ini banyak memiliki kesamaan dengan serial RE dan kalian gantikan musuh zombie di RE dengan teroris yang akan mengambil alih senjata orbital jika tidak dihentikan.

15. Rollcage

Game hancur-hancuran mobil

Merupakan salah satu dari sekian banyak game bergenre destructive racing dimana kita dibolehkan menghancurkan mobil lawan. Hanya saja digame ini, mobil tidak bisa hancur dan kita harus menemukan berbagai cara untuk menang.

Game PS1 Underrated Lainnya

Selain ke-15 game diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi game yang tidak mungkin kami sebutkan semua. Beberapa diantaranya kami masukkan dalam senarai dibawah ini dan bisa kalian coba:

Jadi itulah beberapa game underrated PS1 yang mungkin kalian berminat coba. Apakah dari semua list diatas ada yang kalian kenal? Beri pendapat kalian di komentar ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version