10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner

game yang paling banyak di speedrun

Game yang Paling Banyak di Speedrun – Salah satu cara unik untuk memainkan sebuah video game adalah di speedrun dan menciptakan rekor terbaru dari game tersebut.

Speedrunning juga sudah menjadi kategori yang kompetitif sejak tahun 1970-an bahkan sampai munculnya internet di tahun 1990-an. Artinya, speedrunning di game sudah ada sejak 20-30 tahun dan dapat ditemukan di mana saja.

Dengan kemajuan teknologi dimana gamer diberi kemudahan untuk merekam gameplay mereka, banyak pemain yang mulai berbondong berkompetisi untuk menjadi nomor 1 dalam speedrun game kesukaan mereka.

Video Game yang Paling Banyak di Speedrun

Game yang Paling Banyak di Speedrun

Berikut ini 10 game yang paling banyak di speedrun oleh para pemain berdasarkan data yang dari situs speedrun.com:

10. The Legend of Zelda: Ocarina of Time

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 13

Daftar ini dibuka oleh The Legend of Zelda: Ocarina of Time, merupakan game action-adventure yang sangat legendaris dan terbaik menurut banyak pemain game Zelda. Berlatar di kerajaan fiksi bernama Hyrule yang terbuka lebar dan dipenuhi dengan dungeon rumit.

Di game ini, kalian berperan sebagai Link yang dipercaya oleh Sacred Tree untuk menyelamatkan dunia. Fokus permainan Ocarina of Time ini adalah penjelajahan dimana kamu harus menyisir setiap sudut dari kerajaan Hyrule dengan minimnya petunjuk.

Menurut data yang didapat sejauh ini, Ocarina of Time sudah di speedrun oleh gamer sebanyak 9.136 kali.

9. Super Mario Bros

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 14

Siapa yang tidak tahu game dengan karakter pria kecil berkumis tebal ini? Mario dan Luigi menjadi bintang utama di game Super Mario Bros yang juga merupakan game pertama dari seluruh game Mario.

Di sini, pemain berperan sebagai Mario atau Luigi (dalam mode multiplayer) dan melintasi kerajaan jamur untuk menyelamatkan putri Toadstool dari Raja Koopa (kemudian diberi nama Bowser).

Meskipun hanya sebuah game side-scrolling, game ini sering diganyang sebagai game terbaik sepanjang masa berkat kontrolnya yang precise dan tepat. Dan untuk rekor speedrun-nya sendiri, game ini sudah di speedrun sebanyak 9.371 kali oleh pemain.

8. Super Mario World

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 15

Masih dengan Mario, Super Mario World menjadi game selanjutnya yang paling banyak di speedrun. Ia masih menghadirkan elemen yang sama dari game – game Mario sebelumnya, dimana ia masih mempertahankan genre side-scrolling seperti yang kita temukan di Super Mario Bros.

Namun, kali ini pemain diberi tambahan elemen baru dimana Mario dan Luigi bisa terbang juga melayang dengan bantuan Cape Feather dan P-Balloon. Selain itu, pemain bisa melakukan gerakan Spin Jump di sini.

Tercatat Super Mario World sudah di speedrun sebanyak 10.501 kali oleh gamer.

7. Super Metroid

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 16

Masih dengan game side-scrolling, kali ini ada Super Metroid yang paling banyak dispeedrun oleh gamer. Game ini merupakan judul ketiga dari serial Metroid dan mengikuti alur dari game Metroid sebelumnya.

Super Metroid berlatar di sebuah planet bernama Zebes luas dan setiap areanya terhubung oleh pintu dan elevator. Di sini, pemain mengontrol karakter bernama Samus Aran dimana dia harus mengeksplor planet demi mendapatkan Metroid yang dicuri oleh Ridley, pemimpin dari Space Pirates.

Untuk rekor speedrun-nya sendiri, game ini sudah di speedrun sebanyak 11.943 kali, lho!

6. Getting Over It with Bennett Foddy

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 17

Getting Over It with Bennett Foddy bisa dibilang sebagai game yang cukup ekstrim. Merupakan game 2D sederhana dan juga side-scrolling seperti halnya Mario Bros. Pemain harus menggerakkan karakter melewati berbagai macam rintangan agar bisa mencapai puncak teratas.

Dalam game ini kalian menggerakkan karakter bernama Diogenes yang setengah badannya berada di sebuah tungku besar. Ia menggunakan sebuah palu untuk mendaki dan melewati segala macam rintangan yang ada.

Bennett Foddy selaku developer juga mengaku sengaja menciptakan game ini dimana kesulitannya benar – benar di luar nalar dan untuk membuat pemainnya berteriak. Uniknya, game ini justru menyentuh angka 12.851 kali di speedrun!

5. Portal

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 18

Di daftar selanjutnya ada Portal. Merupakan game yang terdiri dari berbagai puzzle yang harus diselesaikan dengan cara memindahkan karakter pemain menggunakan “The Aperture Science Handheld Portal Device”, atau biasa disebut sebagai “Portal Gun”.

Pemain menggerakkan karakter bernama Chell, yang ditantang oleh Articial Intelligence (AI) bernama GLaDOS untuk menyelesaikan setiap puzzle di Aperture Science Enrichment Center menggunakan portal gun. Chell dijanjikan sebuah kue jika berhasil menyelesaikan semua puzzle yang diberikan.

Game ini sudah di speedrun sebanyak 14.517 kali.

4. Celeste

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 19

Celeste dengan cepat menjadi game yang terkenal berkat gaya retro-nya yang charming dan tantang di dalam gameplay-nya yang sangat sulit. Namun, meskipun perjalanan berbahaya pemain dalam game ini kerap menimbulkan emosi, alur ceritanya yang menyentuh hati dan suram dapat menitikkan air mata.

Pemain mengontrol karakter bernama Madelaine yang memutuskan untuk mendaki gunung Celeste untuk mendapatkan kembali self-esteemnya (cara seseorang untuk merasakan dirinya) dan selama perjalanan, ia akan bertemu dengan versi self-doubtnya yang bernama Badeline yang kerap mempengaruhinya untuk berhenti mendaki gunung.

Sejak perilisannya, Celester miliki fandomnya sendiri dan komunitas speedrunnya sendiri. Dan menurut data yang didapat, Game ini telah menyentuh angka 19.377 kali di speedrun oleh gamer.

3. Super Mario Odyssey

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 20

Lagi – lagi Mario menguasai daftar kali ini! Kali ini, Super Mario Odyssey menduduki peringkat tiga teratas game yang paling ramai di speedrun oleh pemain. Seri Odyssey tidak mengusung genre side-scrolling seperti pendahulunya.

Mengisahkan tentang Mario yang harus menyelamatkan Putri Peach yang diculik oleh Bowser. Di awal game, Mario tampak kalah melawan topi milik Bowser dan ia pun jatuh ke tanah. Tak lagi ditemani Luigi, di sini Mario ditemani oleh Cappy; si hantu topi.

Game ini sudah di speedrun sebanyak 21.617 kali oleh gamer.

2. Minecraft: Java Edition

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 21

Siapa yang tidak tahu game Minecraft? Game yang terkenal banget dengan elemen blocky-nya ini menduduki posisi dua teratas game yang paling ramai di speedrun oleh pemain. Adalah game sandbox yang terdiri dari 2 mode: survival dan creative.

Di dalam mode survival, kemampuan bertahan hidup pemain benar – benar diuji. Dimana kalian akan diletakkan di sebuah dataran kosong. Di mode ini pula kalian akan kerap bertemu dan melawan zombie serta monster – monster lainnya.

Aturan game speedrun di sini adalah ketika pemain yang berhasil menyelesaikan game dan mencapai kredit setelah selesai melawan Ender Dragon. Terhitung game ini sudah 31.632 kali di speedrun oleh gamer.

1. Super Mario 64

10 Game yang Paling Banyak di Speedrun oleh Para Speedrunner 22

Game paling banyak speedrun menduduki posisi nomor 1 di daftar kali ini lagi-lagi diduduki oleh franchise Mario, yakni Super Mario 64. Dirilis bersamaan dengan peluncuran Nintendo 64. Dan ia sangat mendongkrak penjualan unit Nintendo 64.

Konflik di franchise Mario tidak jauh – jauh dari Bowser dan seorang puteri raja. Game dibuka dengan undangan Princess Peach untuk Mario agar mengunjungi istananya dan mencicipi kue yang ia buat. Ketika Mario datang, istana tersebut sudah diinvasi oleh Bowser dan Princess Peach telah dikurung di dalam tembok.

Sebagai game yang sangat terkenal dan awal-awal peluncurannya sangat dinantikan oleh jurnalis, tentu game yang satu ini pantas mendapat posisi pertama game paling banyak di speedrun. Terhitung sudah 40.467 kali di speedrun oleh pemain, merupakan angka yang tak dan dengan selisih yang begitu tinggi.

Game Paling Banyak di Speedrun Lainnya

Masih banyak game lain yang ramai di speedrun

Tak hanya 10 game di atas, game di bawah ini juga merupakan game paling di speedrun oleh para gamer menurut speedrun.com.

Itulah game yang paling banya di speedrun oleh para pemain! Kalau kalian sendri, game apa yang sudah pernah kalian speedrun-in? Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version