Gamer PC Bisa Berkontribusi dalam Simulasi Pencarian Obat Corona

Corona Fight

Tidak bisa dipungkiri bahwa wabah Corona yang tengah menjadi perhatian dunia saat ini berdampak pada berbagai segmentasi kehidupan bermasyarakat kita. Di Indonesia sendiri, setidaknya sudah terkonfirmasi hampir 700 orang positif terjangkit Corona saat artikel ini ditulis (via Tirto). Pemerintah juga telah menghimbau masyarakat untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah dan memberlakukan work from home bagi perusahaan-perusahaan yang memang pekerjaan-pekerjaannya bisa dilakukan di rumah.

Yang saat ini bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan dan memperkuat imunitas tubuh, namun kalian yang gemar bermain atau paham dunia PC bisa turut membantu dunia dalam mempercepat pencarian obat bahkan vaksin Corona, yakni dengan ‘mendonasikan’ komputasi CPU dan GPU PC kalian kepada proyek Folding@home.

Sebagai informasi, Folding@home merupakan semacam program yang memiliki tujuan untuk menjalankan berbagai simulasi dengan sangat cepat dalam menemukan sebuah obat ataupun vaksin terhadap suatu penyakit. Simulasi tersebut membutuhkan proses komputasi yang sangat besar, dimana hal ini tentunya tidak efektif bila dilakukan melalui satu PC saja. Namun jika komputasi tersebut dilakukan dengan dukungan ratusan hingga ribuan PC, maka simulasi dapat berjalan lebih cepat.

Dilansir dari PC Gamer, Greg Bowman selaku direktur Folding@home menyatakan bahwa terjadi peningkatan drastis hingga lebih dari 470 petaFLOPS dalam usaha mencari obat atau vaksin untuk wabah Corona ini. Lebih lanjut, daya komputasi tersebut diketahui melebihi kemampuan maksmial komputer super Summit.

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah hasil simulasi folding@home tersebut akan berguna di dunia nyata, atau memang akan dimanfaatkan oleh ilmuwan-ilmuwan yang sedang berjuang mencari obat atau vaksinnya. Sebelum menjalankan simulasi untuk melawan wabah Corona ini, Folding@home telah terbukti membantu ilmuwan menemukan beberapa obat untuk penyakit ataupun virus seperti Alzheimer, HIV, Ebola dan lain-lain.

Menyumbangkan CPU dan GPU PC kita tentu masih lebih baik daripada berdiam diri saja. Kamu yang ingin membantu proyek Folding@home ini bisa mengunjungi langsung website mereka dan mengunduh instalasi simulasinya.


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. You can contact the author via andy@gamebrott.com

Exit mobile version