Sejumlah Gamer Terkejut Melihat Shrek 5 Muncul di Steam Library

Shrek 5 Muncul di Steam Library

Shrek 5 Muncul di Steam Library

Platform Steam sepertinya masih menjadi marketplace video game terbesar dan terlengkap dibanding platform lainnya. Namun, keberagaman tersebut sepertinya yang menjadi alasan Shrek 5 muncul di Steam, tepatnya pada halaman library. Terkadang, para pengguna Steam, terlebih yang memiliki ratusan bahkan ribuan koleksi game sering kali lupa dengan game apa saja yang perah dibeli atau dimainkan. Namun yang membuatnya aneh adalah Shrek 5 sendiri bukanlah sebuah game, melainkan film animasi dari studio Dreamworks

Hal tersebut tentunya membuat banyak pengguna terkejut bagaimana film yang mengkisahkan sang ogre hijau tersebut bisa masuk ke halaman steam library mereka. Setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya adalah dari kenakalan salah satu developer game yang pernah terkena ban oleh Steam karena melanggar peraturan.

Bagaimana Bisa Shrek 5 Muncul di Steam Library?

Shrek 5 Muncul di Steam Library

Kejadian tersebut sebenarnya sudah cukup lama terjadi, dimana para gamer mulai melaporkan kejadian aneh ini di sepanjang tahun 2021. Pangkal kejanggalan ternyata berawal dari sebuah game yang bertajuk Scram, dimana sang developer diduga iseng mengganti judul game menjadi “Shrek 5”.

Penjelasan tersebut sempat dijelaskan melalui channel YouTube Wulf Fy yang menyelidiki penyebab kejadian. Berdasarkan investigasi, salah seorang developer yang pernah menangani halaman Steam untuk game Scram mengganti judul game menjadi Shrek 5. Tak hanya judul, namun seluruh halaman utamanya seperti deskripsi, screenshot game, dan gambar thumbnail dirombak menjadi apapun yang berhubungan dengan seri film animasi Shrek.

Kejadian tersebut tentunya melanggar peraturan lantaran nama “Shrek” sendiri dilindungi hak cipta. Pihak Valve pun akhirnya harus turun tangan untuk menindak pelanggaran. Akibatnya, game beserta developernya dikenakan ban sebelum halaman dikembalikan seperti semula. Kini, apabila “Shrek 5” diluncurkan, nantinya akan tampil gambar karakter Shrek yang diiringi oleh soundtrack filmnya yakni “All Star”, sebuah lagu karya band Smash Mouth.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Entah apa tujuan sebenarnya, namun sepertinya developer merupakan fans dari seri film Shrek yang terakhir merilis film keempatnya di tahun 2010 lalu. Jadi kemungkinan maksud developer adalah untuk meminta kreator film agar melanjutkan seri filmnya melalui Shrek 5.

Keisengan Developer di Halaman Steam

The Stanley Parable

Shrek 5 Muncul di Steam Library saat ini telah diketahui bahwa hal tersebut diduga akibat keisengan developer game. Meskipun begitu, kejadian ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Peristiwa serupa sempat terjadi dimana, developer The Stanley Parable memasukan gambar Guy Fieri di halaman utama gamenya di platform Steam. Gambar awalnya ditampilkan secara samar-samar namun opacity atau kejelasan gambar ditingkatkan setiap harinya. Setelah diketahui oleh pihak Valve, developer pun menadapat teguran untuk menghapus gambar.

Kejadian lainnya juga datang dari developer yang menamai dirinya sebagai Very Positive. Bukan iseng, namun hal ini sebenarnya dimaksud untuk mengelabui para pemain yang ingin membelinya. Lantaran nama “Very Positive” sendiri berkaitan dengan review dari pemain. Developer pun akhrnya ditindak dan gamenya kini sudah dihapus dari platform milik perusahaan Valve tersebut.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Steam serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version