Gara-gara Corona, Penjualan Video Game di Seluruh Dunia Meningkat Tajam

stonk isabelle

Merebaknya wabah virus Corona ini tentunya membuat banyak orang di seluruh dunia harus berdiam di dalam rumah. Terbatasnya ruang gerak tentunya juga membuat terbatasnya sarana hiburan yang bisa mereka nikmati. Dan hal ini berdampak kepada video game yang kelihatannya menjadi hiburan utama dari orang-orang selama berada di rumah.

Hal ini sendiri terlihat dari melonjaknya jumlah pemain di banyak game dan tentunya meroketnya penjualan video game di seluruh dunia. Salah satu game yang mendapat berkah atas kejadian ini adalah game terbaru dari Nintendo – Animal Crossing New Horizon yang langsung menjadi hits dan bahkan dilaporkan telah terjual sebanyak 1,8 juta kopi hanya dalam waktu 3 hari saja di Jepang.

Di Inggris pun Animal Crossing menjadi game dengan perilisan paling sukses untuk konsol Switch. Dan data itupun baru dikum dari penjualan fisik dan belum termasuk dari penjualan game digital yang diperkirakan berkali-kali lipat dari versi fisiknya.

Game-game online multiplayer, entah kompetitif maupun co-op merupakan kategori yang paling banyak mendapatkan ‘boost‘ jumlah pemain. Lonjakan yang terjadi-pun bukan hanya dari jumlah, namun juga dari waktu yang dihabiskan para gamer. Tidak main-main, dari analisa riset yang dilakukan Global X waktu yang dialokasikan untuk orang-orang untuk bermain game pada pertangahan Maret 2020 kemarin mengalami kenaikan 65% dibanding tahun sebelumnya.

Dan diluar konten gameplay-nya, aspek sosial online dalam game kini juga menjadi faktor utama karena hal tersebut dianggap sebagai cara agar para gamer ini tetap bisa berinteraksi dengan teman-temannya. Terlebih untuk game-game yang memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi dunia  bersama-sama dan bahkan membuat ‘permainan’ mereka sendiri seperti di game Animal Crossing, Minecraft. Dan juga game-game open world seperti GTA Online dan Monster Hunter Worlds.

Industri game sendiri kini mengalami kenaikan bersama secara general sejak awal tahun 2020 ini. Namun kenaikan ini diduga oleh analis Daniel Ahmad hanya berupa “short-term boost” alias dorongan jangka pendek saja.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Game Online atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at galihka@gamebrott.com

 

 

Exit mobile version